Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 Sudah di Tangan, Saatnya Beramal

Ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk kelancaran dan keafdalan ibadah puasa kita. Dari hal yang paling kecil seperti mencatat jadwal berbuka dan jadwal imsakiyah Ramadhan 2019, sampai hal yang membutuhkan usaha lebih.

Nah, jika ingin beramal selama bulan puasa, kenapa tidak beramal bersama Yayasan Media Amal Islam saja?

 

Berbagi Kebaikan untuk Yatim dan Dhuafa

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 Sudah di Tangan, Saatnya Beramal

Yayasan Media Amal Islami (MAI) merupakan yayasan independen non-partisan yang didirikan oleh Ustaz H. Aslih Ridwan, MA pada 1999 lalu. MAI adalah media dakwah yang memadukan dakwah bil lisan dan dakwah bil haal dalam mengatasi problem ummat, terutama kalangan bawah yaitu kaum dhuafa, anak yatim, anak jalanan dan pemulung.

MAI punya visi menjadikan sebuah lembaga dambaan ummat yang unggul dalam menetaskan kaum dhuafa menjadi kaum yang mandiri dan berakhlak yang shaleh.

Selain visi, MAI juga punya misi khusus, di antaranya:

  1. Melaksanakan dakwah bil lisan dan bil hal kepada masyarakat dhuafa
  2. Meringankan beban kaum dhu’afa
  3. Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dengan pelatihan bagi kaum dhuafa
  4. Mengembangkan manajemen ilmu pengetahuan sehingga tercipta kesejahteraan ummat
  5. Mengajak kaum berkemampuan untuk aktif dan peduli terhadap kaum dhuafa
  6. Mendorong dan memfasilitasi para kader yang terlibat aktif untuk menjadi pengajar dan pembina dengan memberikan ruang dan kesempatan yang besar untuk pengembangkan diri, meningkatkan keilmuan dan kesejahteraannya.

 

 

Lengkapi Ibadah Puasa dengan Dukung Program MAI

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 Sudah di Tangan, Saatnya Beramal

MAI setidaknya punya enam program unggulan:

  1. Program Pembangunan
    Salah satunya adalah pembangunan Madrasah Diniyah Takmiliyah MAI Cabang Cianjur, Jawa Barat.
  2. Program Belanja Bersama 2000 Yatim MAI
    Ini adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan MAI setiap bulan Ramadhan. Tujuannya untuk membahagiakan anak-anak yatim binaan Yayasan MAI.
  3. Program Buka & Sahur Bersama 100 Yatim MAI
    Kegiatan buka dan sahur ini dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan. Tempatnya di asrama MAI.
  4. Program Pengiriman Dai & Majelis Ilmu Bulan Ramadhan
    Ini program yang tujuannya memberikan kemudahan bagi umat Islam dalam menimba ilmu agama dengan mengirimkan pengajar, para ustaz, dan penceramah, baik di kantor-kantor, di masjid-masjid, atau di pemukiman-pemukiman kumuh di pinggiran kota.
  5. Program Penerimaan & Penyaluran Zakat, Infaq & Shadaqah
    Zakat yang berhasil dikumpulkan akan dibagikan kepada delapan (8) golongan yang berhak menerima zakat.
  6. Program Tebar 1000 Paket Lebaran Untuk Lansia, Disabilitas, Fakir dan Miskin.
    Paket lebaran yang terkumpul akan diberikan kepada para fakir-miskin, lansia, orang-orang jompo, dan para penyandang disabilitas.

Untuk melengkapi ibadah puasa Ramadhan, tidak ada salahnya beramal untuk Yayasan Media Amal Islam. Kamu bisa mendukung program-progam di atas, sehingga yatim dan dhuafa bisa menikmati hidup yang lebih sejahtera.

 

 

Berbuka Sesuai dengan Jadwal imsakiyah Ramadhan

Meski pemerintah belum mengeluarkan pernyataan resmi perihal awal puasa, tapi kemungkinan besar awal Ramadhan akan jatuh pada 6 Mei 2019. Muhammadiyah sendiri sudah jauh-jauh hari menentukan awal ibadah wajib ini. Maka dari itu, sudah semestinya umat Islam menyiapkan datangnya ibadah puasa termasuk dengan mengikuti jadwal imsakiyah Ramadhan 2019 ini.

 

Itu dia amalan yang bisa kamu lakukan untuk melengkapi ibadah puasa di Ramadhan 2019 ini. Semoga ibadah-ibadah sunnah lain yang kamu lakukan dapat menambah pahala di bulan penuh berkah.

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Sedekah pada bulan Ramadhan juga merupakan pelengkap ibadah yang dapat dilakukan untuk menambah amalan baik pada Ramadhan ini. Sekarang kamu dapat bersedekah melalui website Kitabisa atau melalui Aplikasi Kitabisa. Buat Ramadhanmu penuh keberkahan dengan bersedekah!

banner_donasi_sedekah