‎Langkah Praktis Menghitung Zakat Dengan Kalkulator Zakat

Zakat merupakan suatu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu. Pada dasarnya, zakat yang diwajibkan oleh Allah SWT dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah atau zakat jiwa merupakan satu tahun sekali pada bulan Ramadhan. Sedangkan zakat mal merupakan sebagaian harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim ketika sudah mencapai nisab dan haul.

Namun, di samping dua zakat tersebut, ada juga zakat yang harus dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun dari gaji atau pendapatan seseorang. Zakat ini dimakan zakat profesi atau zakat penghasilan.

Nah, dalam berzakat, salah satu hal penting yang menjadi perhatian utama adalah besarnya zakat yang dikeluarkan. Namun Anda tidak perlu bingung karena kini telah banyak kalkulator zakat online yang dapat memudahkan Anda dalam menghitung zakat.

Apa Itu Kalkulator Zakat?

Kalkulator zakat merupakan suatu rumus perhitungan zakat yang sudah disesuaikan dengan kaidah fikih. Dengan kalkulator ini, Anda bisa menghitung nisab serta seberapa banyak harta Anda yang wajib Anda zakatkan. Adapun beberapa platform yang menyediakan fitur kalkulator zakat online di antaranya ada Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, serta KitaBisa.

Kalkulator Zakat dari Dompet Dhuafa

Melalui kalkulator zakat dari Dompet Dhuafa ini, Anda bisa melakukan perhitungan untuk mencari tahu besarnya zakat penghasilan dan zakat mal yang wajib Anda bayarkan. Untuk menghitung zakat penghasilan, Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah penghasilan per bulan, penghasilan tambahan, serta kebutuhan pokok dan tanggungan hutang. Dari data yang Anda masukkan, sistem kemudian akan menghitung besarnya zakat yang wajib Anda bayarkan.

Sementara, untuk menghitung zakat mal, data yang perlu Anda isikan cukup banyak, mulai dari jumlah tabungan yang disimpan, harta dalam bentu emas dan perak, surat-surat berharga, properti, serta harta kekayaan lainnya. Dari total keseluruhan, sitem nantinya akan menghitung berapa besar zakatnya.

Kalkulator Zakat dari Rumah Zakat

Kalkulator zakat berikutnya yang juga bisa membantu Anda untuk menghitung zakat adalah kalkulator zakat dari Rumah Zakat. Berbeda dengan kalkulator zakat yang disediakan oleh Dompet Dhuafa, kalkulator dari Rumah Zakat ini lebih spesifik dalam membagi jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya, di antaranya ada kalkulator untuk menghitung zakat penghasilan, zakat emas, zakat perdagangan, serta zakat tabungan.

Kalkulator Zakat dari KitaBisa

Terakhir, Anda juga bisa melakukan perhitungan zakat menggunakan kalkulator zakat dari KitaBisa. Sama seperti kalkulator zakat dari Dompet Dhuafa, Kitabisa juga membagi kalkulator perhitungan zakatnya menjadi dua garis besar, yakni zakat mal dan zakat profesi. Dengan tampilan user interface yang keren dan lebih mudah dipahami, bisa dipastikan Anda tidak akan mengalami kendala ketika menggunakannya.

kalkulator zakat kitabisa

Setelah menghitung besar zakat yang wajib dikeluarkan, lewat aplikasi penggalangan dana secara online ini Anda juga bisa langsung menyalurkan zakat Anda kepada orang yang menerimanya, misalnya ke campaign-campaign yang ada di KitaBisa atau ke badan amil zakat yang sudah tepercaya seperti Baznaz (Badan Amil Zakat Nasional), Rumah Yatim, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Global Zakat, NU Care – Laziznu, serta Lazizmu.

Caranya, langsung saja klik tombol “Salurkan Zakat Sekarang” setelah menghitung zakat dan lanjutkan pembayaran melalui transfer antar bank, internet banking, saldo KitaBisa, atau metode-metode lain yang disediakan.

Atau tinggal Whatsapp ke Zaki, asisten zakat yang siap bantu hitung dan salurkan zakat kamu.

konsultasi zakat

Mudah, bukan?

Comments

comments