Kesehatan

Kenali Ciri-ciri Kanker Otak Sejak Dini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Hingga saat ini, kanker masih menjadi salah satu jenis penyakit yang paling mematikan dan salah satunya yang sangat ditakuti, yakni kanker otak. Meskipun cukup jarang terjadi, namun menurut WHO kasus ini telah berkembang pada sekitar 22.000 orang setiap tahunnya dengan angka kematian yang cukup tinggi, yakni sekitar 13.000 kematian. Di Indonesia sendiri, pada tahun 2012 ada sekitar 4.900 kasus kanker otak.

Parahnya, gejala kanker otak ini tidak begitu diketahui pada masa awal pertumbuhannya, sehingga acap kali si penderita tidak menyadari ada tumor ganas yang bersarang di otaknya. Kanker otak sendiri terjadi ketika ada tumor ganas yang menyerang bagian otak dan penyebarannya pun begitu cepat hingga ke bagian lain dari otak.

 

Gejala Terjadinya Kanker Otak

Kenali Ciri-ciri Kanker Otak Sejak Dini

Meskipun penyebab langsungnya belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang berpotensi meningkatkan resiko kanker otak. Seperti, gaya hidup tidak sehat, kecelakaanradiasi, paparan bahan kimia, dan faktor keturunan. Gejala kanker otak pun bergantung pada beberapa faktor, umumnya yang sering dialami yakni sakit kepala yang semakin menjadi dari hari ke hari, mati rasakejanggangguan penglihatan, masalah bicaraperubahan perilaku, dan lain sebagainya.

Jangan pernah menganggap sepele suatu gejala seperti sakit kepala, perut mual, dan badan lemas. Ini bisa jadi, Anda terkena kanker otak. Jika gejala kanker payudara umumnya lebih mudah dikenali, lain halnya dengan gejala tumor otakPasalnya gejala tumor otak nyaris mirip dengan penyakit sehari-hari lainnya, mulai dari sakit kepala sampai mati rasa. 

Gejala kanker otak pada umumnya sulit dikenali karena bisa sangat mirip dengan penyakit lainnya yang lebih ringan. Itu sebabnya banyak orang yang memiliki kanker otak sering terlambat didiagnosis dan pada akhirnya, terlambat mendapatkan pengobatan.

Gejala kanker otak dapat bervariasi bergantung pada ukuran dan bagian otak mana yang terjangkiti tumor. Misalnya, gangguan saraf optik akibat tumor akan menyebabkan gangguan penglihatan, dan gangguan pada saraf motorik akan membuat penderitanya mengalami mati rasa atau kesulitan berbicara. Berikut ini beberapa ciri dan gejala kanker otak secara umum yang dapat dikenali:

  1. Sakit Kepala

Ciri-ciri kanker otak yang paling sering dialami yakni sakit kepala. Namun, sakit kepala akibat tumor otak berbeda dengan sakit kepala pada umumnya. Pada gejala kanker otak, sakit kepala biasanya diikuti dengan gejala lain seperti mual dan muntah yang mulai terasa di pagi hari setelah bangun tidur kemudian perlahan membaik di siang harinya.

Frekuensi atau intensitas sakit kepala juga menjadi lebih sering dari waktu ke waktu, diikuti rasa sakit yang semakin menjadi. Jadi, jika Anda merasakan sakit kepala dengan ciri-ciri seperti ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah benar itu termasuk gejala kanker otak atau akibat kondisi lainnya. 

  1. Gangguan Penglihatan

Tumor yang ada di saraf optik dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Apa saja ciri-cirinya? penglihatan menjadi kabur, hanya mampu melihat lurus ke depan, melihat lampu seakan berkedip-kedip, dan pergerakan mata abnormal atau gangguan penglihatan lainnya yang berbeda dari biasanya.

Bahkan dalam kondisi yang sudah parah, penderitanya dapat mengalami kebutaan. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika tiba-tiba Anda mengalami gangguan penglihatan yang tidak biasa.

  1. Kehilangan Keterampilan Motorik

Tumor otak yang menyerang saraf motorik dapat menyebabkan penderitanya kehilangan keseimbangan, dan mengalami kesulitan mengatur koordinasi gerak tubuh. Akibatnya ketika berjalan sering tersandung atau terjatuh, sehingga membutuhkan bantuan untuk menopang tubuhnya. Kelemahan atau kelumpuhan otot wajah juga dapat terjadi apabila tumor menyerang saraf kranial.

  1. Mual dan Muntah

Sama halnya dengan sakit kepala, mual dan muntah juga merupakan kondisi yang sangat umum dialami oleh setiap orang. Tak pelak banyak orang yang sulit membedakan antara mual dan muntah sebagai gejala kanker otak atau sebab kondisi lainnya. Lantas, adakah ciri-ciri khusus muntah atau mual akibat kanker otak?  

Jika Anda mencermati, mual dan muntah karena kanker otak biasanya terjadi secara tiba-tiba terutama di pagi hari dan tidak terkait dengan kondisi lainnya. Selain itu, muntahannya juga berwarna agak hijau dan diikuti dengan sakit kepala. Kondisi ini pun akan terus berlanjut dan tidak dapat diobati selama tumor masih berkutat di dalam otak.

  1. Kejang-Kejang

Kenali Ciri-ciri Kanker Otak Sejak Dini

Gejala kanker otak selanjutnya ditandai dengan kejang-kejang. Kondisi ini disebabkan oleh aktivitas motorik otak yang terganggu akibat tumor di dalamnya. Seringkali, kejang-kejang akibat kanker otak ini terjadi secara mendadak dan membuat penderitanya kehilangan kesadaran serta kendali fungsi tubuh.

Durasinya cukup pendek, hanya sekitar 2-3 menit. Jika sebelumnya Anda tidak memiliki riwayat kejang, waspadai adanya tumor di otak. Pastikan benar kondisi kesehatan Anda dengan segera memeriksakan diri ke dokter, bila perlu lakukan pemeriksaan fisik atau tes tertentu seperti CT Scan atau MRI.

  1. Kesulitan Bicara

Seseorang yang menderita kanker otak akan mengalami kesulitan bicara serta sulit memahami apa yang orang lain katakan. Kondisi ini akibat dari tumor yang tumbuh disekitar lobus temporalis. Segera periksakan diri ke dokter apabila mendadak Anda mengalami kesulitan berbicara, karena selain menjadi ciri-ciri kanker otak, gejala ini juga bisa menjadi tanda stroke.

  1. Masalah Kognitif

Penderita kanker otak akan mengalami penurunan dalam kemampuan kognitifnya. Hal ini ditandai dengan hilangnya memori dan penurunan fungsi berpikir, disorientasi (kebingungan), sulit berkonsentrasi hingga dapat menyebabkan penderitanya depresi dan tak mampu lagi bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

  1. Mati Rasa

Ciri-ciri kanker otak lainnya ditandai dengan mati rasa atau kelemahan pada salah satu sisi tubuh, seperti sindrom paraneoplastik atau neuropati perifer.

Kondisi ini menyebabkan penderitanya kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuhnya, mudah merasakan sakit meski hanya tersentuh sedikit, sering kesemutan dan bisa terasa menusuk atau panas, hingga hilang keseimbangan.

  1. Perubahan Kepribadian

Seperti yang sudah kita ketahui, otak bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia serta mengkoordinir sebagian besar gerakan, dan perilaku kita. Nah, keberadaan tumor di dalam otak (utamanya di lobus frontal) ini tentu saja akan berdampak langsung pada perubahan sifat atau kepribadian orang tersebut.

Meskipun terkadang si penderita tidak merasa sama sekali adanya perubahan, namun orang-orang disekitar seperti keluarga atau teman dekat akan merasakannya. Perubahan kepribadian itu membuat penderitanya cenderung lebih agresif, kasar dan cepat marah, sering mengucapkan sumpah serapah atau kata-kata kotor, dan menjadi bersikap apatis atau tidak peduli lagi pada sekitar.

  1. Gangguan Hormon

Ciri-ciri kanker otak berikut ditandai dengan adanya gangguan hormon. Mungkin banyak yang belum tahu, jika kelenjar pituitari yang letaknya di dasar otak, di belakang jembatan hidung ini, memiliki peran teramat penting bagi produksi dan pengaturan hormon. Apabila daerah ini diserang tumor maka tentu saja akan sangat memengaruhi hormon, yang akan menimbulkan gejala mirip dengan gangguan endokrin.

 

Balita Pasien Kanker Otak

Nada Izzati Syauqina (4 tahun), mengidap penyakit kanker ( PNET) ) otak dan paru-paru. Kondisi itu sangat dikeluhkan keluarga lantaran tipe kanker ini ganas dan cepat sekali penyebarannya. Adik Nada membutuhkan dana untuk membiayai Kemoterapi dan obat-obatan yang sebagian besar tidak dibantu oleh BPJS.

Sementara, satu siklus protokol harus menjalani sebanyak 5 kali kemoterapi. Saat ini BPJS tidak mampu menjangkau pengobatan Adik Nada secara utuh. Uang dari donatur akan digunakan untuk membayar biaya kemoterapi agar kondisi Adik Nada bisa semakin membaik.

Ditulis Oleh: Ageng Wuri


Selain Ibunda Satria, masih banyak lagi pejuang kanker yang butuh bantuan. Kamu dapat berbagi kasih dan memberikan dukungan kepada penderita kanker yang sedang berjuang dengan cara berdonasi melalui Kitabisa. Bantuan dari kamu akan sangat berarti dan membantu mereka yang membutuhkan loh! Yuk donasi sekarang!

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons