Qurban

Keutamaan Ibadah Puasa Sebelum Idul Adha

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Selain Ramadhan, Bulan Dzulhijjah juga menjadi bulan yang penuh berkah dan keutamaan. Bulan Dzulhijjah juga dikenal dengan Hari Raya Idul Adha dan ibadah haji. Pada bulan ini, umat Islam akan merayakan Idul Adha dengan melaksanakan Salat Id dan menyembelih hewan qurban. Allah SWT memberikan kesempatan bagi umat-Nya untuk mendekatkan diri melalui ibadah qurban. Sementara para jamaah haji akan melaksanakan ritual ibadah haji yang paling utama yaitu wukuf di Padang Arafah. Wukuf menjadi ibadah untuk merenungkan dan mengingat peristiwa Nabi Adam dan Hawa yang diturunkan di Bumi.

Di Bulan Dzulhijjah, umat Muslim senantiasa diperintahkan untuk berbuat kebaikan dan melaksanakan ibadah-ibadah sunnah. Dengan menjalankan ibadah sunnah, para muslim mendapatkan pahala yang berlipat serta keistimewaan dari ibadah tersebut, seperti dikabulkannya doa, dibukakannya pintu kebaikan, serta dihapusnya dosa-dosa. Salah satu ibadah sunnah yang bisa dilakukan adalah puasa.

 

Ibadah Puasa Sebelum Idul Adha

Keutamaan Ibadah Puasa Sebelum Idul Adha

Menjelang Hari Raya Idul Adha, ada tiga jenis puasa yang bisa kamu laksanakan. Ketiga puasa tersebut adalah puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah. Setiap puasa memiliki keistimewaan dan manfaat tersendiri bagi mereka yang melakukannya.

Puasa Dzulhijjah dapat dilakukan sejak awal bulan Dzulhijjah hingga tanggal 7 Dzulhijjah. Pada tanggal 8 Dzulhijjah, umat Islam dapat menunaikan ibadah puasa Tarwiyah dan pada tanggal 9 Dzulhijjah melaksanakan puasa Arafah. Kedua puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan puasa yang paling utama di bulan ini.

 

Perintah Melaksanakan Puasa Sebelum Idul Adha

Keutamaan Ibadah Puasa Sebelum Idul Adha

Puasa sunnah sebelum Idul Adha sangat dianjurkan seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

“Bahwa Rasulullah SAW biasa berpuasa 9 hari Dzulhijjah, hari Ashuraa, 3 hari setiap bulan yaitu Senin pertama dan 2 Kamis terawal.” (HR Abu Daud)

Rasulullah SAW bersanda bahwa menunaikan ibadah puasa di bulan Dzulhijjah pahalanya sama dengan mereka yang meninggal di jalan Allah saat perang atau mati Syahid. Selain itu, puasa sunnah ini juga dapat menghapuskan dosa selama setahun. Beberapa hadits juga menyebutkan bahwa 10 hari bulan Dzulhijjah atau sebagiannya adalah hari-hari yang istimewa.

“Rasulullah SAW berkata: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untum beribadah seperti sepuluh hari ini.” (HR At-Tirmidzi)

Baca juga:
Ibadah-ibadah Sunnah di Hari Raya Idul Adha
3 Ibadah Puasa Idul Adha yang Bisa Kamu Amalkan

 

Keutamaan Puasa Sebelum Idul Adha

Keutamaan Ibadah Puasa Sebelum Idul Adha

Selama 7 hari awal bulan Dzulhijjah, umat Muslim dapat melaksanakan puasa sunnah secara berturut-turut. Keutamaan yang didapatkan dari puasa ini berbeda-beda setiap harinya.

  1. Pada tanggal 1 Dzulhijjah, Allah akan mengampuni dosa mereka yang berpuasa pada hari tersebut.
  2. Seseorang yang berpuasa tanggal 2 Dzulhijjah akan merasakan nikmat seperti beribadah dan berpuasa selama satu tahun penuh tanpa maksiat.
  3. Allah SWT akan mengabulkan doa mereka yang berpuasa pada tanggal 3 Dzulhijjah.
  4. Pada tanggal 4 Dzulhijjah, Allah akan menghilangkan kesusahan dan memberikan berkah bagi mereka yang berpuasa pada hari tersebut.
  5. Seseorang yang berpuasa pada tanggal 5 Dzulhijjah akan dijauhkan dari sifat munafik dan terlepas dari siksa kubur.
  6. Pada tanggal 6 Dzulhijjah, akan dibukakan pintu kebaikan semua Nabi untuk mereka yang berpuasa.
  7. Bagi seseorang yang berpuasa pada tanggal 7 Dzulhijjah akan ditutup 30 pintu kesulitan dan akan dibukakan 30 pintu kemudahan untukya.
  8. Ibadah yang dikenal dengan puasa Tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Pada hari ini, seseorang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang besarnya hanya diketahui oleh Allah SWT.
  9. Puasa Arafah dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah memiliki keutamaan yaitu dapat melebur dosa selama satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah, Rasulullah SAW bersabda:

    “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya.” (HR Imam Muslim)

Demikianlah ibadah-ibadah puasa sunnah yang dapat kamu tunaikan sebelum puasa Idul Adha. Semoga ibadah-ibadah tersebut dapat kamu amalkan dan senantiasa mendapatkan manfaatnya.


Lengkapi ibadah di Hari Raya Idul Adha dengan berqurban. Kamu bisa membeli kambing qurban dengan harga murah di Kitabisa. Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

banner_qurban2

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons