Keutamaan Membaca Al-Qur’an Secara Rutin

Salah satu amalan yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an mendapatkan pahala yang besar. Namun, masih banyak orang kurang yang kurang gemar membaca kitab suci umat Islam ini. Padahal banyak keutamaan dan kebaikan jika membacanya secara rutin. Berikut ini merupakan penjelasan tentang beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an.

 

6 Keutamaan Membaca Al Qur’an

membaca al-qur'an

  1. Menenteramkan Hati dan Menyembuhkan Penyakit

    Salah satu keistimewaan membaca Al-Qur’an secara rutin adalah menenteramkan hati dan menyembuhkan penyakit. Dalam Al-Qur’an surah Ar-Ra’d ayat 28, Allah Taala berfirman, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” Membaca Al-Qur’an juga memiliki keutamaan dapat menyembuhkan penyakit. Dalam hadis HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an.”

  2. Mendatangkan Kebaikan

    Keistimewaan lain membaca Al-Qur’an adalah mendatangkan kebaikan. Bahkan orang yang membaca Al-Qur’an secara terbata-bata pun masih mendapatkan pahala. Dalam hadis HR. Muslim, diriwayatkan oleh Aisyah ra., Rasulullah bersabda,  “Seorang yang lancar membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Qur’an dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.”

  3. Mendatangkan Syafaat

    Membaca Al-Qur’an secara rutin telah terbukti memberikan syafaat. Apalagi Allah Swt. meridai generasi-generasi yang bersemangat dan giat membaca Al-Qur’an. Mereka yang memang menyempatkan waktu untuk membacanya akan merasakan sendiri manfaatnya. Hati menjadi tenang. Dalam hadis HR. Muslim, Abu Umamah Al Bahily ra. berkata, “Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya.”

  4. Menghapal dan Pandai Membacanya

    Menghapal dan pandai membaca Al-Qur’an menjadi salah satu manfaat yang langsung diperoleh oleh para pembacanya. Berdasarkan hadis Muttafaq ‘alaih, Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan orang yang membaca Al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca Al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” 

  5. Terpelihara dari Kegelapan

    Membaca Al-Qur’an mampu memelihara umat muslim dari kegelapan. Al-Qur’an dapat menjadi petunjuk dan membawa manusia dari zaman kegelapan dan menjadi cahaya di hari kiamat. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mendengar satu ayat daripada kitab Allah Taala (Al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahaya di hari kiamat.”

  6. Memperoleh Kedudukan yang Tinggi di Surga

    Umat muslim yang sering membaca Al-Qur’an, bahkan membacanya secara rutin telah dijamin Allah akan mendapat kedudukan tinggi di surga. Dalam hadis HR. Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah (Al-Qur’an), naiklah (pada derajat-derajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.”

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an. Selain membaca Al-Qur’an secara rutin, amalan-amalan lain yang akan meningkatkan derajat dan mendapat pahala adalah bersedekah dan berzakat.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah