Ramadhan

4 Amalan Ibadah Ramadhan yang Utama

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dari 12 bulan dalam kalender hijriyah, Ramadhan menjadi bulan yang paling banyak dinantikan umat muslim. Hal ini tak lain karena ada banyak keistimewaan di dalamnya. Sebut saja bulan lahirnya Al-Quran, bulan penuh ampunan, bulan dilipatgandakannya segala amal kebaikan, bulan berburu lailatur qadar, dan lain-lain.

Oleh karena itu, umat muslim pun berlomba-lomba untuk mengerjakan beragam kebaikan di bulan ini. Selain ibadah wajib seperti tetap menjalankan salat lima waktu, berpuasa, dan membayar zakat, ini kesempatanmu untuk melakukan sederet amalan ibadah Ramadhan sunnah lainnya. Ingat, setiap kebaikan akan mendapat balasan yang dilipatgandakan sehingga dapat menjadi bekalmu saat menghadap kepada Sang Pencipta nantinya.

 

Amalan Bulan Ramadhan

  1. Salat Tarawih Amalan Bulan Ramadhan yang Utama

    Amalan ibadah Ramadhan ini tidak dapat kamu temui dan lakukan pada bulan-bulan lainnya. Salat sunnah muakad yang dilakukan setelah salat isya ini mempunyai banyak keutamaan, seperti mendapat ampunan atas dosa di masa lalu, mendapat pahala seperti salat semalam penuh jika dilakukan bersama imam, dan lain-lain. Sebagai catatan, setiap malam tarawih mempunyai keutamaan masing-masing sehingga sayang jika kamu lewatkan begitu saja.
    Jumlah rakaat salat tarawih sebenarnya tak terbatas. Namun seperti yang banyak diriwayatkan, kamu bisa melakukan sebanyak 11 atau 23 rakaat. Selain itu, bila memang tak memungkinkan melakukannya berjamaah di masjid, kamu bisa melaksanakan salat tarawih sendiri di rumah.

  2. Iktikaf

    Iktikaf merupakan ibadah yang dilakukan dengan cara berdiam diri di dalam masjid dengan niat semata untuk beribadah dan mednekatkan diri kepada Allah SWT. Kendati disebut berdiam diri, bukan berarti kamu sama sekali tidak melakukan apa pun. Beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan selagi beriktikaf antara lain salat, berzikir, dan membaca Al-Quran.
    Pada dasarnya iktikaf bukanlah amalan yang hanya dapat dikerjakan saat Ramadhan. Kamu bisa melakukan iktikaf kapan pun di luar bulan Ramadhan. Adapun syarat melakukannya haruslah di masjid.
    Kendati demikian, iktikaf menjadi salah satu amalan ibadah Ramadhan yang sangat dianjurkan terutama pada sepuluh malam terakhir. Hal ini tak lain karena di sepuluh malam terakhir adalah waktu terbaik untuk mendapatkan Lailatur Qadar. Oleh sebab itu, bukan hal mengherankan bila di waktu-waktu ini masjid semakin ramai.

  3. Mengkaji Al-Quran

    Amalan ibadah Ramdhan lain yang dianjurkan adalah mengkaji Al-Quran. Tanggal 17 Ramadhan diyakini sebagai tanggal diturunkannya kitab suci umat muslim. Karena itu, memperbanyak mengkaji Al-Quran tentu menjadi ibadah yang sangat pas untuk dilakukan di bulan Ramadhan.
    Selain itu, pahala tadarus juga dilipatgandakan di bulan penuh berkah ini. Membaca Al-Quran dengan lancar akan mendapat ganjaran sebanyak 10 kebaikan untuk setiap hurufnya. Bila kamu masih terbata-bata pun, sebanyak 2 kebaikan akan diberikan kepadamu untuk setiap hurufnya. Namun tentu saja, selain hanya membaca, tentu lebih baik bila kamu mengkajinya alias benar-benar memaknai untaian dan maksud di balik kalimat-kalimat Al-Quran.

  4. Sedekah

    Bersedekah di luar bulan Ramadhan saja sudah memberikan sangat banyak keistimewaan. Sebut saja ampunan dosa di masa lalu, membebaskan diri dari siksa kubur, membuka pintu rezeki, dan lain-lain. Jika dilakukan di bukan Ramadhan yang penuh berkas, ganjaran kebaikan yang kamu dapatkan pun akan jauh berkali-kali lipat.
    Sedekah sebagai amalan Ibadah Ramadhan dapat kamu lakukan dengan cara memberi makan bagi orang yang telah berpuasa, berbagi dengan anak yatim, membantu kaum dhuafa dan fakir miskin, dan lain-lain. Namun bila tak mampu secara materi, ada opsi sedekah lain yang dapat kamu lakukan seperti berbagi ilmu bermanfaat, berbicara dengan tutur kata yang tidak menyakiti, dan lain-lain.

Selain empat hal di atas, ada banyak jenis amalan ibadah Ramadhan lainnya yang banyak dianjurkan seperti umrah, memperbanyak zikir, berdakwah, dan lain-lain. Dengan terbuka luasnya kesempatan untuk mengumpulkan pahala ini, yuk, jangan sia-siakan begitu saja!


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Comments are closed.