Keutamaan Nisfu Sya’ban & Cara Memuliakannya

Malam nisfu sya’ban yang jatuh pada tanggal 15 bulan sya’ban memang sangat spesial, kamu tentu tahu keutamaan nisfu sya’ban adalah malam pengampunan dan berharap mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Itulah kenapa nisfu sya’ban jadi malam paling dinantikan antara bulan sya’ban dan ramadhan.

Dianjurkan banyak melakukan ibadah di malam nisfu sya’ban, sesuai dengan apa yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, ada banyak kebaikan dan keutamaan di malam nisfu sya’ban. Bahkan kebaikan yang didapatkan melebihi hari lainnya, sekalipun melakukan ibadah yang sama.

Banyak hadits shahih yang meriwayatkan amalan nisfu sya’ban, di mana banyak pula yang mengatakan keutamaan bulan sya’ban yang sebaiknya tidak dilewatkan begitu saja. Contohnya membaca doa nisfu sya’ban di malam hari, bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama.

 

Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban

Bagi kamu yang masih belum jelas dan mengerti keutamaan malam nisfu sya’ban, kebaikan dan amalan apa yang harus dilakukan. Coba simak fakta keutamaan dan memuliakan malam nisfu sya’ban untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT yang dikutip dari Madaninews.com berikut ini.

  1. Allah Turunkan Langit Ke Bumi di Malam Nisfu Sya’ban

    Secara harfiah malam yang paling utama di bulan sya’ban ini memang memberikan pengampunan dosa, tapi apakah kamu tahu jika Allah akan menurunkan langit ke bumi. Hal ini dimaksudnya memberikan rahmat, rezeki, pengampunan dan segala kemudahan pada hambanya.

    Sesuai dalam hadist yang diriwayatkan Ibnu Hibban dan al Imam al Thabrani dari Muadz bin Jabal, Nabi Muhammad SAW bersabda, Allah SAW melihat pada semua makhluk pada malam nifsu sya’ban, memberikan pengampunan pada semua mahluk kecuali pada makhluk yang bermusuhan atau menyekutukan Allah.

    Hal serupa tertuang pada hadist Ali yang diriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda, pada malam nisfu sya’ban hidupkanlah shalatmu dan berpuasalah. Sesungguhnya Allah sedang menurunkan langit ke dunia.

  1. Bulan Diangkatnya Semua Amalan Mahluk-Nya

    Amalan di bulan sya’ban banyak diisi dengan puasa, shalat malam hingga bersedekah. Hal ini karena Allah tengah memuliakan semua makhluknya dengan amalan yang dilakukan. Itulah kenapa bulan sya’ban sangat spesial.

    Sesuaikan dengan riwayat hadits Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, Bulan sya’ban sering kali dilupakan orang karena letaknya diantara bulan ramadhan. Bulan sya’ban merupakan bulan diangkatnya semua amalan yang sudah dilakukan.

  1. Perpanjang Doa dan Dzkir di Malam Nifsu Sya’ban

    Saatnya meminta, panjatkan doa dan panjang dzikir di malam hari. Ini waktunya kamu semakin dekat kepala Allah agar dipercepat dan di mudahkan mendapatkan apa yang diinginkan.  Inilah hikmah malam nisfu sya’ban dan akan mendapatkan kerugian kaum yang melupakan begitu saja.

    Hal ini sesuai dalam hadits Usman bin Abi al Ash, Nabi Muhammad SAW bersabda, apabila telah datang malam nifsu sya’ban, para pemanggil (Allah) nantinya akan berseru, adakah yang akan memberikan pengampunan? Dimana aku memohon ampun? Tidak ada sesuatu yang dapat memberikannya kecuali Aku (Allah), kecuali orang musyik dan wanita penzina.

    Inilah waktunya untuk memanjangkan doa dan memohon pengampunan, semua pintu tobat terbuka di malam nisfu sya’ban. Dimana ini yang jadi tujuan peringatan nisfu sya’ban, semua akan berdoa dan memohon pengampunan sebelum memasuki bulan suci ramadhan.

  1. Shalat Malam Menghapus Dosa dan Memberikan Pengampunan

    Bukan hanya berdoa, lakukan shalat malam untuk mendapatkan pengampunan di malam nisfu sya’ban. Pintu tobat akan terbuka lebar untuk semua mahluk –Nya, dimana dalam sujud panjang akan ada penyesalan dan pengampunan.

    Sesuai dengan riwayat hadits al Albaihaqi, Rasulullah bersabda, Malam nisfu sya’ban Allah akan mengawasi semua hambanya, membukakan pintu maaf untuk mereka yang memohon pengampunan, memberikan kasih sayang pada mereka yang meminta dan menyingkirkan mereka dari orang-orang pendengki.

  1. Sedekah Tersembunyi Untuk Mereka yang Membutuhkan

    Allah bukan hanya membuka pintu tobat, mendengarkan segala doa namun memberikan balasan bagi mereka yang bersedekah di malam nisfu sya’ban. Sedekah yang berarti memberi pada yang membutuhkan dan memberi pada orang yang dikasihi.

    Bersedekah adalah memberikan sebagian rezeki pada orang lain, agar semua orang merasakan kebahagiaan, ketenangan dan bisa melanjutkan hidup lebih baik lagi. Sedekah tidak akan menghabiskan harta dan benda, kamu akan merasa lebih memiliki dan menjalani hidup lebih baik lagi.

Maka dari itu, Kitabisa memberikan jalan untuk mendapatkan keutamaan nisfu sya’ban dengan berbagi pada sesama. Segala bantuan akan diberikan pada yang membutuhkan. Mari berbagi kebahagian di bulan ramadhan kepada mereka yang membutuhkan.


Sempurnakan ibadah  dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Infaq dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah