Konsumsi 10 Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara

Kanker payudara terjadi akibat pertumbuhan sel-sel di bagian payudara secara abnormal dan tidak terkendali. Dimana sel akan membelah dengan waktu yang sangat cepat dan berkumpul untuk membentuk sebuah benjolan. Kemudian sel akan menyebar ke kelenjar getah bening dan ke bagian organ tubuh lainnya.

 

Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara

Konsumsi 10 Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara

Meskipun belum dapat diketahui secara pasti apa penyebab tumbuhnya sel-sel tersebut. Alangkah baiknya kita mencegah kanker payudara dengan mengutamakan makan sehat. Pola makan sehat dengan antioksidan yang tinggi, berikut ini adalah makanan yang dapat mencegah sel kanker payudara:

  1. Teh Hijau
    Beberapa studi menunjukkan, bahwa minum teh hijau dengan kandungan senyawa EGCG mampu menurunkan risiko kanker payudara dan  mencegah penyebaran sel kanker pada perempuan yang sudah menderita penyakit ini. 
  2. Bawang Putih
    Penelitian menemukan bahwa bawang putih yang dijadikan bumbu dalam masakan mampu mengurangi bahan kimia karsinogenik (zat pemicu kanker) yang terkandung dalam daging yang telah dimasak.
  3. Brokoli
    Brokoli mengandung indole-3-karbinol, zat kimia yang melawan kanker payudara dengan mengubah jenis estrogen yang menyebabkan kanker ke tipe estrogen yang terlindung dari kanker.
  4. Kembang Kol 
    Sama dengan brokoli, kembang kol juga merupakan sumber indole-3-karbinol, yang mampu melawan sel kanker payudara.
  5. Bayam 
    Sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi bayam setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara ketimbang perempuan yang sama sekali tidak makan bayam. 
  6. Jeruk Bali
    Studi menunjukkan bahwa jeruk bali dapat menghambat sel kanker payudara agar tidak berkembang.
  7. Kunyit
    Dalam salah satu penelitian terhadap tikus, para peneliti menemukan bahwa kunyit membantu mencegah kanker payudara menyebar ke paru-paru.
  8. Bluberi
    Menurut sebuah penelitian, fitokimia dalam blueberry mampu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel  kanker payudara, yang membawa prognosis yang lebih buruk daripada bentuk-bentuk lain dari kanker payudara.
  9. Tomat
    Tomat kaya akan lycopene, yang mampu menurunkan risiko kanker payudara.
  10. Alpukat
    Sebuah penelitian menemukan, alpukat kaya akan asam oleat, yang berkhasiat mencegah kanker.

Selain itu wanita yang sudah terkena kanker payudara pun hidupnya dapat lebih berkualitas, jika menghindari makanan berlemak. Daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak adalah berbagai jenis makanan yang harus dihindari sebagai usaha pencegahan kanker payudara.

Baca juga:
9 Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara
Kanker Payudara Menyerang Segala Usia

 

Cerita Perjuangan Sotariati, Penderita Kanker Payudara

Konsumsi 10 Makanan Pembunuh Sel Kanker Payudara

Sotariati, sosok yang sangat baik dan periang serta merupakan tulang punggung dari keluarganya. Ia telah menjadi penopang biaya hidup keluarganya semenjak ayahnya meninggal dunin. Sotariati memilih menjadi Asisten Rumah Tangga (ART) di Singapura dan baru 2 minggu ini kembali ke indonesia karena kondisi tubuhnya yang semakin memburuk.

Sejak masih di Singapura, Sotariati sering mengeluhkan tentang adanya benjolan di payudaranya yang semakin membesar dan membuatnya sesak nafas. Kini, Sotariati terbaring lemah di RSUD Dr. Abdul Moeloek karena penumpukan cairan di paru-paru yang membuatnya sulit bernafas. 

Sotariati telah menjalani operasi pembuatan lubang di paru untuk mengeluarkan cairan yg menumpuk di paru-parunya. Dokter kemudian menyatakan bahwa Sotariati positif mengidap kanker payudara yang sudah menyebar ke paru-parunya. 

Sotariati sangat membutuhkan bantuan karena biaya pengobatan sangat besar dan BPJS Sotariati belum bisa digunakan. Sotariati akan menjalani Kemoterapi setelah kondisi tubuh dan nafasnya sudah stabil dan menjalani operasi pengangkatan payudara setelah kemo berjalan dan kondisi tubuhnya baik.

Ditulis Oleh: Shelia Lauvita


Selain Sotariati, banyak pejuang kanker yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Kamu bisa bantu mereka dengan cara berdonasi di Kitabisa. Dengan berdonasi, kamu bisa bantu ringankan biaya pengobatan mereka. Klik di sini!