Kesehatan

Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor Otak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Otak merupakan pusat sistem saraf pada tubuh manusia. Organ tersebut berfungsi untuk mengatur dan mengontrol sebagian besar perilaku, gerakan, dan fungsi tubuh. Otak berperan penting sebagai sumber kehidupan yang mengatur segala aktivitas. Oleh sebab itu, jika otak mengalami penurunan fungsi, maka penderita akan kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari. 

 

Tumor Otak yang Mengganggu Aktivitas

Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor Otak

Salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan otak adalah tumor otak. Tumor otak terjadi ketika ada pertumbuhan jaringan yang tidak normal di sekitar otak. Meski begitu, belum ada penyebab pasti dari penyakit ini. Umumnya, penyakit tumor otak disebabkan oleh perubahan genetik pada sel jaringan otak yang mengakibatkan sel tumbuh secara tidak terkendali. 

 

Nyeri Kepala, Gejala Tumor Otak yang Dianggap Sepele

Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor Otak

Seseorang yang menderita penyakit tumor otak mengalami gejala awal nyeri kepala. Sebanyak 30 persen penderita tumor otak mengalami nyeri kepala sebagai gejala awal. Nyeri di bagian kepala disebabkan oleh adanya pembengkakan di sekitar tumor atau akibat kerusakan pembuluh darah sekitar tumor, dan kemudian menyebabkan tekanan tinggi dalam kepala. Gejala ini terlihat sangat mirip dengan penyakit sehari-hari lainnya, sehingga diperlukan pengetahuan yang lebih dalam mengenai gejala tumor otak.

Baca juga:
5 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Perlu Diwaspadai
Hidrosefalus yang Berasal dari Tumor Otak

 

Ciri-ciri Tumor Otak

Selain nyeri kepala, terdapat beberapa ciri tumor otak lainnya. Bagian otak yang berfungsi sebagai pengatur tubuh membuat tanda dari penyakit tumor otak sangat bervariatif. Beberapa gejalanya bahkan mirip dengan penyakit sehari-hari seperti sakit kepala, sehingga termasuk sulit untuk dikenali. 

Berikut ini adalah ciri-ciri tumor otak yang penting untuk kamu ketahui:

    1. Kejang

      Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor OtakSalah satu ciri-ciri tumor otak adalah kejang. Kejang terjadi karena iritasi yang terjadi ketika pertumbuhan tumor otak terjadi dan membuat sel saraf otak bekerja secara tidak terkendali. Hal tersebut membuat anggota tubuh mengalami gerakan kejang yang tiba-tiba secara abnormal. Kejang pada tumor otak juga dapat berupa menghilangnya kesadaran atau bengong sesaat, mata mendelik sekejap, atau ciri-ciri lainnya yang tidak disadari. 

    2. Mual dan Muntah

      Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor OtakSeperti sakit kepala, mual dan muntah menjadi penyakit yang umum terjadi pada penyakit ringan sehari-hari. Namun pada tumor otak, penderita akan mual dan muntah terus menerus tanpa sebab. Mual dan muntah tanpa alasan bisa menjadi salah satu ciri tumor otak yang harus diwaspadai. 

    3. Penglihatan Kabur

      Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor OtakBeberapa penderita tumor otak mengalami masalah pada penglihatan. Tumor yang tumbuh di otak mempengaruhi kedua penglihatan tepi dan ketajaman penglihatan. Masalah penglihatan yang paling sering terjadi adalah penglihatan kabur, kemudian disusul dengan penglihatan ganda, dan yang lebih parah adalah kehilangan penglihatan. 

    4. Gangguan Bicara

      Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor OtakArea otak berkaitan dengan fungsi motorik dari pemahaman bahasa dan ucapan. Oleh karena itu, kesulitan bicara akan dirasakan oleh para penderitanya. Masalah bicara seperti gagap, kesulitan mengingat nama atau benda, serta sulit untuk memahami perkataan orang lain menjadi penanda penyakit ini. 

    5. Masalah Pendengaran

      Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor OtakSelain kemampuan bicara dan pemahaman yang menurun, tumor otak juga ditandai dengan adanya kesulitan mendengar. Umumnya, terjadi gangguan berupa sensasi telinga berdenging pada satu sisi, yang kemudian menyebabkan kesulitan untuk mendengar suara, memahami bahasa dan percakapan.

    6. Penurunan Fungsi Mental
      Pentingnya Mengetahui Ciri-ciri Tumor Otak
      Fungsi mental seseorang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Namun, penderita tumor otak akan lebih cepat mengalami masalah tersebut. Penderita akan kesulitan dalam berkonsentrasi, kegagalan untuk mengingat, dan kerusakan lainnya yang terkait dengan kemampuan intelektual. Ciri yang terlihat dari penurunan fungsi mental adalah seseorang akan merasa kebingungan, sulit mengingat suatu hal, dan memiliki masalah berpikir.

Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan tumor otak dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.