Cerita #OrangBaik

Penyakit Thalasemia yang Diderita Kedua Anak Andry CameoProject

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kedua anak Andry CameoProject yaitu Conan dan Crystal sedang berjuang melawan Thalasemia.

Pengobatan khusus yang harus dilakukan Conan dan Crystal tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Andry akhirnya membuat galang dana di Kitabisa.

Conan dan Crystal adalah buah hati Andry, founder dari CameoProject. Saat usia 7 bulan, anak pertama Andry yaitu Conan menderita panas tinggi. Setelah mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, Conan didiagnosa mengalami penyakit thalasemia Mayor. Ujian untuk Andry dan istrinya tidak hanya sampai di situ. Anak keduanya, Crystal, juga menderita penyakit yang sama. Hal tersebut disebabkan karena Andry dan istri merupakan pembawa gen thalasemia minor. Karena keduanya memiliki gen thalasemia minor, Conan dan Crystal memiliki potensi terkena thalasemia mayor lebih besar.

 

Apa itu Thalasemia?

Penyakit Thalasemia yang Diderita Kedua Anak Andry CameoProject

Thalasemia adalah salah satu jenis kelainan darah genetik yang menyebabkan tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah hemoglobin (HB) secara sempurna. Sehingga, fungsi utama sel darah untuk membawa oksigen dan zat besi ke seluruh tubuh tidak dapat bekerja dengan semestinya. 

Penyakit thalasemia ditandai dengan produksi HB dengan bentuk abnormal, berukuran kecil, dan dalam jumlah yang terlalu sedikit. Thalasemia merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan penderitanya mengalami anemia atau kurang darah. Selain itu, penderita penyakit ini akan cepat lelah, mudah mengantuk, dan juga sesak napas.

 

Penyebab Penyakit Thalasemia

Penyakit Thalasemia yang Diderita Kedua Anak Andry CameoProject

Thalasemia disebabkan oleh adanya kelainan genetik yang mempengaruhi produksi sel darah merah. Kelainan ini dapat muncul karena diturunkan dari orang tua, meskipun orang tua tidak menderita penyakit tersebut. Seperti Conan dan Crystal yang mendapatkan gen thalasemia karena orang tuanya merupakan pembawa gen thalasemia. 

Thalasemia muncul ketika terdapat mutasi DNA yang menyebabkan kecacatan pada salah satu atau kedua protein penyusun hemoglobin, yaitu alfa globin dan beta globin. Semakin banyak jumlah gen yang bermutasi, maka semakin parah pula thalasemia yang diderita.

Baca juga:
Kenali 6 Faktor Penyebab Kanker Darah
Leukimia Pada Anak: Pengertian, Gejala, Penyebab, Serta Cerita Ryu

 

Penyembuhan Thalasemia Conan dan Crystal

Penyakit Thalasemia yang Diderita Kedua Anak Andry CameoProject

Thalasemia membuat tubuh kekurangan oksigen dan terganggunya pertumbuhan. Satu-satunya cara untuk memperparah kondisi tersebut adalah dengan melakukan transfusi darah rutin supaya asupan oksigen terpenuhi. Namun semakin seringnya melakukan transfusi darah, akan muncul penumpukan zat besi yang dapat menyerang dan membunuh tubuh mereka. Karena, penumpukan zat besi menyebabkan tidak berfungsi beberapa organ (gagal organ) seperti jantung, hati, serta limfa.

Secara rutin, Conan dan Crystal harus mengkonsumsi obat-obatan pencegah gagal organ. Dalam sehari, mereka harus meminum 2-3 obat yang disesuaikan oleh berat badan. Sayangnya, biaya yang dikeluarkan untuk membeli obat sangatlah besar. Belum lagi biaya transfusi darah yang juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Konsumsi obat terus menerus juga berdampak kurang baik pada tubuh Conan dan Crystal. Efek sampingnya, obat tersebut dapat menekan daya tahan tubuh sehingga mereka rentan terserang penyakit. 

 

Galang Dana untuk Pengobatan Thalasemia

Penyakit Thalasemia yang Diderita Kedua Anak Andry CameoProject

Penyakit Thalasemia menyebabkan Conan dan Crystal harus melakukan transfusi darah secara rutin setiap bulan. Selain itu, keduanya juga harus mengkonsumsi obat-obatan pembuang zat besi agar bisa bertahan hidup. 

Meski begitu, ada satu pengobatan khusus yang bisa dijalani oleh Conan dan Crystal yaitu Bone Marrow Transplantation. Operasi tersebut bisa membuat Conan dan Crystal bisa terbebas dari transfusi darah rutin. Masalah utama dari pengobatan ini adalah besarnya biaya diperlukan, dan mengingat perlu dilakukan di Bangkok, Thailand. 

View this post on Instagram

"Pas umur 7 bulan, badan Conan sempet panas. Setelah diperiksa, Conan ada thalasemia mayor (kelainan darah genetik) dan harus transfusi darah rutin setiap bulan. Dia harus ngejalanin transplantasi sumsum tulang buat sembuh. . Kata dokter, donor yang paling bagus itu dari saudara kandung. Makanya, kita punya harapan besar pas Crystal lahir. Tapi, harapan itu pupus begitu tahu Crystal didiagnosa penyakit yang sama kayak Conan. . Jujur gue sempet nge-down pas tahu kedua anak gue thalasemia. Tapi, gue gak mau nyerah. Gue lebih milih buat terus berjuang dan ngelakuin apapun biar anak gue bisa nikmatin hidup tanpa transfusi darah lagi." – (Andry Garda, Founder Cameo Project) . +++ . Conan dan Crystal adalah buah hati Andry Garda (founder @cameoproject). Kini, keduanya masih berjuang melawan thalasemia mayor dan harus transfusi darah rutin setiap bulannya. Transplantasi sumsum tulang belakang jadi satu-satunya jalan untuk Conan dan Crystal sembuh. Namun, transplantasi ini harus dilakukan sebelum keduanya berusia 5 tahun. . Biaya pengobatan Conan dan Crystal mencapai miliaran rupiah dan tak bisa dilakukan di Indonesia. Ini saatnya kita berdonasi membantu pengobatan buah hati Andry dengan cara, klik: kitabisa.com/cameoforandry . . Tak hanya donasi, ayo kita doakan Conan dan Crystal agar cepat sembuh dengan cara, ketik: "Cepat Sembuh @conan.crystal" di kolom komentar! . Satu komentar darimu akan jadi doa yang terus mengalir bagi kesembuhan Conan dan Crystal. . #thalassemia #cameoproject #bisasembuh #kitabisasehat #kitabisa #orangbaik

A post shared by Kitabisa (@kitabisacom) on

Selama di Bangkok, Andry dan istrinya harus mendampingi kedua anaknya sehingga tidak bisa produktif bekerja sehingga tidak ada pemasukan. Karena mendapat dukungan dari keluarga dan teman-temannya, Andry akhirnya membuat galang dana di Kitabisa. Sejak April 2019, galang dana Andry CameoProject berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp 3 Milyar. Dana tersebut digunakan untuk biaya pengobatan Conan dan Crystal di rumah sakit Bangkok termasuk kemoterapi dan transplantasi, serta pemenuhan biaya akomodasi. 

Andry dan istrinya sangat senang melihat dukungan keluarga dan teman-teman. Terlebih mereka merasa bersyukur atas bantuan OrangBaik yang telah berdonasi untuk kesembuhan kedua anaknya. Andry dan istrinya tidak menyangka bahwa galang dananya akan mengumpulkan dana sebesar dan secepat itu. 


Seperti Andry CameoProject, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang butuh bantuan biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.