Perjuangan Nunung Melawan Kanker Serviks

Nunung yang merupakan seorang kakak dari Putri Novita Sari terdiagnosa menderita kanker serviks ganas sejak Oktober 2017. Kanker serviks merupakan salah satu penyakit mematikan kedua setelah kanker payudara yang ditakuti oleh kaum wanita. Tidak seperti kanker payudara yang dapat dikenali sejak dini dengan munculnya sebuah benjolan di area sekitar payudara, ciri-ciri atau gejala kanker serviks sangat sulit untuk dikenali.

 

Perjalanan Kemoterapi yang Dilakukan Nunung

Perjuangan Nunung Melawan Kanker Serviks

Nunung sudah menjalani 6 kali kemoterapi tetapi dinyatakan gagal karena sel kanker sudah masuk ke rahim. Dokter akhirnya menyarankan Nunung untuk radioterapi sebanyak 25 kali agar kanker dapat mengecil, dengan tambahan 10 kali radioterapi. Setelah pelaksanaan radioterapi, dokter pun menyatakan bahwa stadium kanker Nunung naik dari 3b menjadi 4a karena sudah menjalar ke organ lain.

 

Sel Kanker yang Menjalar ke Paru-paru

Perjuangan Nunung Melawan Kanker Serviks

Nunung sempat menunggu antrian kontrol selama 2 bulan. Karena terlalu lama, sel kanker sudah menjalar ke paru kanan sehingga menyebabkan Nunung kesulitan bernapas. Dokter spesialis kemudian menyarankan Nunung untuk segera melakukan pemasangan selang yang berfungsi untuk mengalirkan cairan dari paru kanan keluar. Sebanyak 4.5 liter cairan harus dikeluarkan dari paru  kanan Nunung. Meskipun cairan bisa dikeluarkan perlahan-lahan, namun cairan tersebut akan tetap ada selama kanker belum diangkat dari paru-paru Nunung.

 

Terbatasnya biaya pengobatan membuat Nunung membuat penggalangan dana di Kitabisa. Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk biaya operasi pengangkatan kanker dari paru dan pembelian nutrisi untuk menjaga imun Nunung. Dengan begitu, diharapkan kanker tidak akan menyebar ke organ lainnya.

 

Nunung adalah satu contoh kasus kanker serviks yang ada di Indonesia. Untuk mencegah atau menghindari timbulnya kanker serviks, berikut adalah hal yang perlu kamu ketahui mengenai kanker serviks.

Penyebab Kanker Serviks

Perjuangan Nunung Melawan Kanker Serviks

Kanker serviks mucul karena sel-sel yang sehat mengalami perubahan atau mutasi genetik. Mutasi genetik ini mengubah sel-sel yang normal menjadi abnormal kemudian berkembang secara tidak terkendali dan membentuk sel kanker. Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti perubahan pada gen tersebut. Walaupun belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker serviks, ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko kanker ini yaitu kelompok virus yang disebut HPV (human papilloma virus) yang menginfeksi leher rahim.

HPV pada mulut rahim dapat menular melalui hubungan seksual. Penularan ini dapat berisiko tinggi jika seseorang memiliki lebih dari satu pasangan seksual, melakukan hubungan seks pada usia dini, individu dengan kekebalan tubuh yang lemah, serta penderita infeksi menular seksual.

Selain HPV, faktor lain yang dapat memicu timbulnya kanker serviks adalah zat kimia pada rokok. Wanita perokok dua kali lebih berisiko terserang penyakit kanker serviks dibandingkan wanita yang tidak merokok. Zak kimia pada rokok dapat masuk melalui aliran darah dan dipercaya dapat mempengaruhi sel tubuh dan memicu berbagai kanker.

Baca juga:
6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya
Ketahui Ciri-ciri Kanker Serviks Sejak Dini

 

 

Ciri-ciri Kanker Serviks

Perjuangan Nunung Melawan Kanker Serviks

Meskipun kanker serviks pada umumnya sulit dikenali, namun kita perlu mengetahui beberapa ciri-ciri kanker serviks secara umum agar dapat diwaspadai.  Salah satu ciri yang mudah terlihat adalah adanya keputihan yang tidak biasa. Lender keputihan mengalami perubahan warna serta memiliki aroma yang tidak sedap. Namun bisa jadi, keputihan ini disebabkan oleh penyakit lain. Selain keputihan, ciri lain dari kanker serviks adalah pendarahan pada bagina yang tidak normal. Pendarahan ini dapat terjadi lebih banyak ataupun lebih sedikit dari menstruasi biasanya.

Selain ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, beberapa ciri lain dari kanker serviks antara lain:

  1. Rasa nyeri saat berhubungan intim
  2. Mudah lelah
  3. Frekuensi buang air kecil meningkat
  4. Pembengkakan di salah satu tungkai
  5. Keluar urine atau feses dari vagina

Itulah kisah perjuangan dari Nunung dan hal-hal terkait kanker serviks yang perlu kita ketahui. Mengingat biaya pengobatan dari kanker serviks cukup tinggi, kita perlu memperhatikan ciri serta gejala dari penyakit tersebut.

Ditulis Oleh: Ray


Selain Nunung, ada banyak orang yang sedang berjuang melawan penyakit mematikan ini dan membutuhkan bantuan kamu. Kamu bisa membantu mereka dengan cara berdonasi di Kitabisa.

banner_donasi_biaya_pengobatan