6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya

Untuk dapat menangani kanker serviks, perlu tahu lebih awal penyebab utamanya. Beberapa penyebab itu kadang diabaikan. Untuk itu, mengetahui beberapa penyebab kanker serviks tentu akan membantu menghindari diri dari penyakit tersebut.

Infeksi HPV Dapat Menjadi Penyebab Kanker Serviks

6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya

HPV atau Human Pavilloma Virus merupakan salah satu penyebab kanker serviks. Virus tersebut ialah jenis virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seks baik melalui vagina maupun oral. Dalam HPV terdapat berbagai macam virus yang jumlahnya lebih dari 100 jenis. Dari sekian banyak jenisnya itu, penyebab kanker serviks ialah HPV 16 dan 18. Infeksi HPV ini terjadi pada organ genital wanita. Selain sebagai penyebab kanker serviks, virus HPV itu merupakan penyebab beberapa kanker lainnya, seperti kanker vagina, endometrium, dan ovari. Penyebaran HPV ini ialah interaksi antar kulit ke kulit. Oleh sebab itu, untuk mencegah terinfeksi HPV ialah menggunakan saat perhubungan dan menghindari penggunaan jarum suntik bekas antar pasangan.

Perokok Aktif Penyebab Wanita Terkena Kanker Serviks

6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya

Wanita perokok aktif memiliki potensi terkena kanker serviks. Sebab, dalam rokok terkandung zat adiktif yang merupakan pemicu utama tumbuhnya sel kanker. Zat adiktif itu memang terhisap ke paru-paru secara langsung. Namun, melalui paru-paru itu, zat adiktif menyebar ke seluruh tubuh. Bagi wanita, zat ini bisa menyebar ke organ serviks wanita. Untuk itu, bagi para wanita hindari menjadi perokok aktif. Sebab, zat-zat di dalamnya dapat menjadi penyebab kanker serviks.

Penggunaan Pil KB Jangka Panjang Jadi Penyebab Kanker Serviks

6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya

Pil KB pada dasarnya dibuat untuk tujuan yang baik. Namun, bila penggunaan pil tersebut dalam jangka panjang dapat menjadi penyebab kanker serviks. Hal itu disebabkan, penggunaan pil KB akan mempengaruhi kesehatan leher rahim. Sehingga, menyebabkan leher rahim rentan terkena kanker serviks. Oleh sebab itu, jangan menggunakan pil KB secara berlebihan.

Baca juga:
Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Kanker Serviks
Hindari 4 Hal Ini untuk Pencegahan Kanker Serviks

 

Penyebab Kanker Serviks Juga Bisa Dari Genetik

6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya

Bagi keturunan atau seseorang yang memiliki hubungan genetik dengan penderita kanker serviks memiliki kemungkinan untuk terjangkiti penyakit ini. Hal tersebut disebabkan adanya kesamaan sistem imun dan daya tahan tubuh antara penderita kanker dengan keturunannya. Sehingga, kemungkinan infeksi kanker serviks bisa menghinggapi keturunan dari penderita. Kemungkinannya lebih besar ketimbang orang yang tidak punya sejarah keluarga dengan kanker serviks. Atas hal itu, faktor keturunan menjadi salah satu penyebab kanker serviks. Meski demikian, keturunan dari penderita kanker serviks bisa mencegah terjangkiti kanker tersebut selama rutin melakukan tes pap smear.

Rendahnya Sistem Imun Bisa Menjadi Penyebab Kanker Serviks

6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab kanker serviks adalah HPV. Virus tersebut akan lebih ganas menyerang seorang wanita yang rendah sistem imunnya. Apalagi, bila seseorang dengan sistem imun rendah itu belum pernah mendapatkan vaksinasi. Kemungkinan itu semakin lebih besar dan menjadi penyebab seseorang dengan sistem imun rendah terjangkiti kanker serviks. Untuk itu, menjaga kesehatan itu wajib dilakukan bila tidak ingin terkena penyakit kanker serviks. Membiasakan pola hidup sehat adalah kunci utamanya.

Berhubungan Seksual dan Melahirkan di Usia Dini Juga Penyebab Kanker Serviks

6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya

Penyebab kanker serviks lainnya ialah terjadinya hubungan seksual di usia dini, tepatnya di bawah 17 tahun. Hal itu dikarenakan pada usia sebelum 17 tahun, organ reporduksi wanita belum tumbuh secara sempurna. Terjadinya hubungan seksual di usia dini membuat gangguan pada pertumbuhan organ kewanitaan. Apalagi, di usia di bawah 17 tahun sudah melahirkan anak. Hal seperti itu akan meningkatkan resiko terjangkiti kanker serviks. Oleh sebab itu, pernikahan di usia dini tidak dianjurkan karena dapat membuat wanita menjadi rentan dengan berbagai penyakit yang berkaitan dengan organ kewanitaan. Apalagi, bila wanita yang menikah di usia dini melahirkan anak banyak. Semakin lagi organ kewanitaannya terkena penyakit-penyakit berbahaya.

Perlu Penanganan Tepat Kanker Serviks

6 Penyebab Kanker Serviks yang Sering Dialami Penderitanya

Di atas sudah disebutkan beberapa penyebab kanker serviks. Selain penyebab di atas, masih ada beberapa penyebab lainnya. Namun, penyebab kanker serviks di atas merupakan yang paling lumrah. Setelah mengetahui apa saja penyebab kanker serviks, tentunya tinggal bagaimana diri kita menanganinya. Bila sudah terjangkiti kanker serviks tentunya akan membuat diri kita menderita. Sebab, untuk pengobatan kanker serviks tidaklah murah.

Ibu Nunung merupakan salah satu penderita kanker serviks yang harus menjalani berbagai proses pengobatan. Berbagai pengobatan itu mengharuskan ia mengeluarkan uang cukup banyak. Ia tervonis menderita kanker serviks pada Oktober 2017. Ibu Nunung sudah menjalani 6 kali kemoterapi hingga 35 kali terapi sinar untuk mengalahkan kankernya. Saat ini, Ibu Nunung masih berjuang melawan kanker serviks yang sudah menjalar ke organ tubuh lainnya.

Ditulis Oleh: Muhammad Khairil Haesy


Banyak di luar sana yang merasakan penderitaan Ibu Nunung. Mereka membutuhkan uluran tangan dan bantuan untuk dapat berjuang melawan penyakitnya. Bila kamu tergugah untuk membantu mereka, maka kamu dapat melihatnya di sini. Sedikit bantuan darimu sangat berarti untuk mereka.

banner_donasi_biaya_pengobatan