Satwa & Lingkungan

Sayangi Hewan Peliharaan Melalui Kitabisa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak satwa yang perlu kita rawat dan pelihara. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untukĀ  menjaga mereka.

Tidak sedikit hewan peliharaan yang akhirnya terlantar di jalanan, membuat setiap orang merasa iba melihat kondisinya. Begitu pula dengan rescuer yang memiliki jiwa besar untuk memungut hewan-hewan jalanan dan memberikan tempat yang layak. Salah satunya adalah Garda Satwa Indonesia yang harus rela mengorbankan rumah yang sudah dua tahun dibangun dan ditempati hanya demi menyelamatkan puluhan anjing dalam asuhannya selamat dari amukan warga yang tidak menyukai kegiatannya untuk menyelamatkan para hewan terlantar di jalanan.

Akan tetapi kendala sudah pasti mereka terima ketika perjalanan mencari tempat baru, di antaranya:

  1. Tempat Tinggal yang Layak untuk Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan

Tempat tinggal menjadi hal pertama yang kini menjadi masalah Garda Satwa Indonesia usai membawa ke-60 anjing meninggalkan rumah, demi bisa memenuhi keinginan warga yang enggan mendengar suara berisik dari hewan peliharaan tersebut. Meski pada akhirnya ditemukan lahan luas yang dapat disewa, masih didapati kekurangan berupa bangunan atau kandang yang mampu memberi perlindungan. Pasalnya, Kawasan tersebut hanyalah berupa tanah kosong yang luas, tanpa atap apalagi pagar. Tentu keselamatan anjing-anjing tersebut menjadi prioritas utama.

Untuk itu, dibutuhkan sedikit uluran dana dari Anda untuk dapat mengulurkan tangan membantu membangunkan sebuah shelter demi bisa menampung 60 anjing yang sudah ada serta hewan-hewan jalanan lain yang tersakiti. Kandang yang aman dan memberikan perlindungan, jauh dari lingkungan warga agar tidak perlu lagi ada yang harus mati lantaran kekerasan hati para warga yang tega melempari menggunakan batu.

  1. Makanan yang Sehat

Hewan Peliharaan

Bukan hanya tempat yang menjadi prioritas, urusan makanan pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Bagaimanapun, makanan yang diberikan tidak boleh sembarangan. Termasuk pula kondisi lingkungan tempat hewan-hewan tersebut makan. Jangan sampai higienitasnya tidak terpenuhi sehingga memicu berkembangnya kuman dan bakteri dan menimbulkan masalah baru yaitu penyakit.

Ada berbagai macam makanan sehat yang layak untuk konsumsi anjing. Di antaranya adalah ayam yang memiliki sumber protein tinggi sehingga cocok untuk hewan lucu yang selalu menjadi idaman beberapa orang untuk dipelihara di dalam rumah.

Yoghurt murni tanpa campuran apa pun juga menjadi pilihan pakan utama karena mengandung protein serta kalsium yang bagus untuk pencernaan anjing. Keju rendah lemak, selai kacang, salmon, tulang ikan, dan oatmeal juga merupakan alternative makanan sehat yang sangat baik sebagai obat pencahar anjing yang mengalami masalah usus.

  1. Pengobatan untuk Mengecek Kondisi Kesehatan

Hewan Peliharaan

Meski terlihat dalam keadaan sehat, anjing pun perlu diperiksakan kesehatannya secara rutin pada dokter hewan, agar terpantau kondisinya dari hari ke hari. Jadi, bila tiba-tiba keadaan hewan tersebut memburuk penyebabnya dapat diketahui secara langsung. Namun demikian, biaya untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk anjing yang berjumlah lebih dari tiga puluh tentu tidak sedikit. Untuk itu, Anda dapat membantu Garda Satwa indonesia dalam menjaga anjing-anjing tersebut agar tetap sehat, aman, dan nyaman, Anda bisa sedikit menyisihkan rezeki dan melakukan donasi online melalui Kitabisa.

Platform penjembatan antara penerima donasi dan pemberi ini sudah memiliki izin resmi untuk menggalang dana serta tepercaya nomor satu di Indonesia. Pasalnya, adanya transparansi yang dilakukan mengenai dana yang masuk dan laporan penyaluran yang membuat donatur tertarik berinvestasi di masa depan.

Itu tadi sejumlah pertolongan yang dibutuhkan hewan-hewan liar yang ada di sekitar kita. Selain ikut berdonasi bersama Kitabisa, Anda yang memiliki hewan peliharaan sebaiknya terus menjaga dan menyayanginya dengan baik.

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons