Sejarah Turunnya Nuzulul Qur’an dan Keutamaannya

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa besar yang terjadi pada bulan Ramadhan, yakni diturunkannya Al-Qur’an pertama kali kepada Rasulullah saw. Waktu turunnya Al-Qur’an tersebut berbeda-beda pendapatnya, ada yang menyebutnya di tanggal 17 Ramadhan, ada juga yang berpendapat di malam lailatul qadar.

Menurut situs nu.or.id terdapat beberapa pendapat ulama tentang kapan sebenarnya waktu nuzulul qur’an tersebut terjadi. Perbedaan pendapat tersebut didukung oleh dalil yang diyakini masing-masing. Namun, yang pasti waktunya para ulama bersepakat terjadi pada bulan Ramadhan.

 

Sejarah Turunnya Al Qur’an yang Kini Diperingati Orang

Sejarah nuzulul qur’an terjadi pada saat Rasulullah pertama kali menerima wahyu Al-Qur’an di gua Hira pada tahun 610 M. Pada saat pertama kali turun, surah yang dibacakan kepada Rasulullah saw adalah surah al-alaq ayat 1 sampai 5.

Peristiwa ini terjadi pada bulan Ramadhan sehingga sering diperingati di malam-malam Ramadhan. Banyak yang memperingatinya di hari ke-17 bulan Ramadhan. Masyarakat memperingati nuzulul qur’an dengan berbagai hal seperti pengajian, makan-makan, hingga membuat semacam perayaan adat yang berhubungan dengan Ramadhan.

Sebelum mendapatkan wahyu di gua Hira, Muhammad pada saat sudah sering melakukan perenungan. Beliau memikirkan tentang hakikat kebenaran yang jauh dari kehidupan masyarakat jahiliyah pada saat itu. Kebiasaan ini sudah dilakukan oleh Muhammad sejak dari sebelum ia menikah dengan Khadijah.

Setiap bulan Ramadhan Nabi Muhammad menyendiri di gua tersebut dengan membawa perbekalan makanan untuk beribadah. Lokasi gua Hira sendiri sangat strategis dan nyaman dijadikan tempat beruzlah. Lalu terjadilah peristiwa besar di bulan Ramadan yang ditkamui dengan turunnya ayat Al-Qur’an pertama sekaligus tkamu kenabian.

Peristiwa turunnya Al-Qur’an di bulan Ramadan tersebut lalu dikabarkan oleh Muhammad untuk pertama kalinya kepada istrinya Khadijah. Lalu istrinya tersebut percaya dan membenarkan atas risalah besar yang akan diemban oleh Muhammad saw sebagai seorang Rasul di masa akan datang.

 

Keutamaan Malam Nuzulul Qur’an

Malam turunnya ayat Al-Qur’an adalah malam keberkahan. Pada bulan Ramadan, khususnya malam nuzulul qur’an Rasulullah selalu ditemui oleh malaikat untuk mengulang bacaan Al-Qur’an yang dimilikinya. Semacam setor hafalan yang langsung dicek oleh malaikat Jibril.

Keutamaan malam nuzulul qur’an sebagai peristiwa diturunkannya Al-Qur’an ini tak lain adalah saat Allah melipatgkamukan pahala dalam beribadah apa saja, termasuk tadarrus Al-Qur’an. Ada banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan untuk meraih keutamaan malam penuh berkah tersebut.

Mengisi dengan tadarrus Al-Qur’an, memperbanyak zikir, memperbanyak sedekah, berdiam diri di masjid, salat sunnah tarawih, witir hingga tahajjud dan berbuat baik dalam sikap dan perbuatan. Termasuk memberi pebukaan kepada orang yang kurang mampu, ini juga jadi salah satu cara beramal yang mudah di nuzulul qur’an. Malam diturunkannya Al-Qur’an adalah malam penuh berkah di mana para malaikat turun ke bumi untuk mendoakan setiap hamba yang melakukan ibadah.

 

Cara Mudah Beribadah di Malam Nuzulul Qur’an

Mau bersedekah tanpa harus ke luar rumah di musim pandemi ini? Manfaatkan cara mudah melakukan sedekah secara online di Kitabisa. Kami menginiasi layanan kemudahan untuk kamu yang ingin sedekah di malam nuzulul qur’an.

Layanan sedekah online bersama Kitabisa bekerjasama dengan Baznas akan disalurkan pada kaum dhuafa yang membutuhkan pembiayaan kebutuhan harian yang sulit. Kebutuhan sandang dan pangan masyarakat kalangan fakir miskin menjadi prioritas penyaluran sedekah online yang digagas di Kitabisa.

Cara beribadah yang banyak pahalanya, mudah caranya di bulan Ramadhan salah satunya bisa kamu lakukan dengan melakukan sedekah online di Kitabisa. Saatnya peduli sesama di kondisi ekonomi yang makin sulit. Banyak saudara kita yang hanya untuk makan saja mereka sulit. Indahnya berbagi di bulan Ramadhan. Salurkan bersama kami di Kitabisa.

Cukup transfer untuk pilihan yang kamu inginkan, mulai dari sedekah hingga zakat. Layanan kami ini bekerjasama langsung dengan lembaga zakat nasional yang terpercaya, Baznas. Kumpulkan sedekah kamu sekarang untuk membantu orang-orang agar bisa sahur dengan makanan yang layak.

Malam nuzulul qur’an adalah malam dengan keutamaan beribadah termasuk sedekah. Lengkapi ibadah ramadhan dengan sedekah dan berbagi untuk mereka yang membutuhkan.


Lengkapi amalan di malam nuzulul qur’an dengan cara zakat lewat Kitabisa untuk membantu warga yang terdampak virus corona. Klik gambar di bawah ini.

Qurban Online