Amalan-Amalan pada Malam Nuzulul Quran

Malam Nuzulul Quran yang diperingati setiap hari ke-17 bulan Ramadhan menjadi malam paling suci dan mulia untuk semua umat muslim di dunia. Pada waktu ini, kitab suci Al Quran, pedoman hidup umat muslim diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. 

 

Nuzulul Quran adalah Peristiwa Turunnya Al Quran

Nuzulul Quran adalah peristiwa penting turunnya Al Quran pada bulan Ramadhan. Turunnya Al Quran ini sudah pasti menjadi panduan bagi semua umat muslim dalam berperilaku dan menjalani kehidupan sehari-hari. Sudah pasti, tidak ada satu pun manusia yang ingin tersesat, menemui kesulitan hidup, bahkan kehilangan tujuannya dalam hidup. Inilah mengapa penting untuk membaca dan mengamalkan Al Quran sebagai kitab suci agama Islam. 

Nuzulul Quran adalah waktu paling tepat untuk menjalankan berbagai amalan baik. Bahkan, selama bulan Ramadhan, kamu tidak hanya diwajibkan untuk berpuasa dan membayar zakat, tetapi juga menjalankan berbagai perbuatan baik. Sesuai dengan firman Allah dalam Surat Ad-Dukhan ayat 3 yang artinya, “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.”

 

Ibadah Pelengkap di Malam Nuzulul Quran

amalan nuzulul quran

Agar ibadahmu di bulan suci Ramadhan ini semakin sempurna, hendaknya kamu mengisi waktu dengan melakukan banyak alaman, terlebih pada malam Nuzulul Quran. Apa saja amalan yang bisa dilakukan?

  • Membaca Al Quran

    Sebenarnya, Rasulullah SAW telah menganjurkan semua umatnya untuk selalu membaca Al Quran setiap saat, bahkan meski hanya satu ayat. Namun, di bulan Ramadhan, membaca Al Quran tentu menjadi satu aktivitas yang sangat mulia, sehingga disarankan atas kamu melakukannya. Lebih baik lagi jika bisa mengkhatamkan dalam waktu satu bulan di bulan Ramadhan. Sebagaimana disampaikan oleh Sahabat Abdullah bin Abbas yang diriwayatkan oleh Bukhari, “Dahulu, Malaikat Jibril senantiasa menjumpai Rasulullah SAW pada setiap malam Ramadhan, dan selanjutnya ia membaca Al Quran bersamanya.”

  • Tadabur Quran

    Selain membaca Al Quran, Rasulullah SAW pun mengajarkan para umat muslim untuk mempelajari arti dan makna setiap ayat yang tertulis pada lembarannya. Inilah yang dimaksud dengan tadabur Quran. Bukan tanpa alasan, Al Quran adalah pedoman hidup umat muslim. Sudah seharusnya kamu mengerti dan memahami apa pesan, anjuran, dan larangan Allah SWT yang tercatat di dalamnya. Dengan demikian, kamu bisa lebih mengerti bagaimana menjemput kebaikan di dunia sebagai bekal di akhirat.

  • Menjalankan Ibadah Salat Malam

    Nuzulul Quran adalah waktu terbaik untuk menjalankan banyak ibadah yang mendatangkan pahala. Selain dengan mengkhatamkan dan mempelajari makna Quran, kamu juga bisa mengisi waktu malam dengan menunaikan ibadah salat malam. Manfaatnya, selain kamu mendapatkan pahala, doamu akan diijabah Allah SWT, dosamu pun diampuni oleh-Nya. Sebagaimana Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Abu Hurairah, “Barangsiapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

  • Iktikaf (Berdiam Diri)

    Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu Ramadhan yang menjadi bulan penuh berkah dan ampunan. Selepas menunaikan salat Tarawih, kamu bisa melanjutkan dengan membaca Al Quran, mengikuti kajian, dan menghabiskan sisa malam dengan iktikaf atau berdiam diri di masjid.
    Berdiam diri bukan berarti kamu hanya termenung dan tidak melakukan apa-apa. Kamu bisa menunaikan salat sunah dua rakaat, melanjutkan membaca Al Quran, mempelajari maknanya, mempelajari tajwid, atau berzikir dan berdoa memohon ampunan atau apa saja yang sedang kamu risaukan.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah