Kesehatan

Simak Gejala dan Penyebab dari Kanker Usus Besar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kanker usus besar atau kanker kolon adalah jenis kanker yang berasal dari usus besar (kolon). Biasanya dimulai sebagai polip adenomatous yang kecil, dan bukan berupa kanker. Namun, karena polip ini tumbuh, mereka dapat mengambil sifat kanker. Polip juga dapat terbentuk dalam usus besar, tetapi hanya beberapa inci dari bagian bawah. Dalam kasus ini, kanker ini disebut sebagai kanker kolorektal (usus dan saluran pembuangan).

 

Gejala Kanker Usus Besar

Simak Gejala dan Penyebab dari Kanker Usus Besar

Ketika kanker usus besar masih dalam tahap awal, mungkin tidak ada gejala sama sekali. Gejala akan muncul setelah kanker berkembang, dan ini dapat mencakup:

  • Kelelahan
  • Berat badan menurun
  • Sering buang angin, nyeri perut atau kram
  • Darah pada tinja atau dari rektum
  • Sembelit atau diare
  • Pengeluaran kotoran yang tidak tuntas

Jika mulai memperhatikan frekuensi satu atau lebih gejala yang dijelaskan di atas, segeralah ke dokter untuk menjalani penapisan/pemeriksaan kanker usus besar. Ini juga akan menjadi keputusan cerdas untuk menjalani jenis penapisan kanker jika berusia 50 tahun ke atas, bahkan jika tidak melihat salah satu gejala. Ingatlah bahwa kanker usus besar pada tahap awal mungkin tidak menampakkan gejala apa pun. 

Baca juga:
Tanda-tanda Kanker Usus yang Penting Kamu Ketahui
Awal Gejala Kanker Usus dan Cerita Perjuangan Yama

 

Penyebab Kanker Usus Besar

Simak Gejala dan Penyebab dari Kanker Usus Besar

Penyebab kanker usus besar belum ditemukan sampai saat ini, hanya cara mereka menyebar. Sel-sel tubuh yang sehat perlu tumbuh dan membelah sehingga tubuh terus menjadi sehat. Namun, proses ini tidak hanya terjadi pada sel yang sehat, bahkan sel-sel yang rusak akan terus membelah dan menyebar. Ini adalah bagaimana sel-sel kanker menyebar ke organ lain.

Kanker usus besar juga dapat diturunkan, itulah mengapa kamu harus berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini jika ada riwayat penyakit ini dalam keluarga. Kanker usus besar yang diturunkan mempunyai dua bentuk; Familial Poliposis Adenomataus (FAP), dan Hereditary Nonpolyposis Colorectal Cancer (HNPCC). Tipe FAP sedikit lebih memprihatinkan karena orang dengan jenis kanker ini biasanya dapat mempunyai ribuan polip, dan salah satu dari mereka bisa berubah menjadi kanker sebelum seseorang mencapai 40.

 

Stadium Kanker Usus Besar

Simak Gejala dan Penyebab dari Kanker Usus Besar

Jika dokter menegaskan bahwa kamu memiliki kanker usus besar, tindakan pertama adalah untuk menentukan stadium kanker.

  • Stadium I kanker usus besar mengacu pada kanker yang belum menyebar.
  • Tahap atau Stadium II adalah ketika kanker telah menembus melalui dinding usus besar atau rektum, namun belum menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Stadium III adalah ketika kanker telah menginfeksi kelenjar getah bening namun belum menyebar ke bagian tubuh lain
  • Tahap atau Stadium IV adalah ketika kanker sudah menyebar ke organ lain.

 

Pencegahan Kanker Usus Besar

Simak Gejala dan Penyebab dari Kanker Usus Besar

Karena penyebab pasti dari kanker usus besar belum ditemukan, tidak ada cara untuk mencegahnya. Namun, kamu dapat mengurangi risiko memiliki jenis kanker ini dengan menerapkan perubahan gaya hidup sederhana. Hal ini dapat termasuk, meningkatkan asupan buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran, mengurangi asupan alkohol , berhenti merokok, meningkatkan latihan sehari-hari, dan menjaga berat badan ideal. Telah diduga bahwa kanker juga merupakan hasil dari tingginya tingkat racun dalam tubuh. Antioksidan dapat memainkan peran penting dalam mencegah terjadinya kanker, baik yang berasal dari usus atau bagian tubuh lainnya.

Ditulis Oleh: Yudo Laksono


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons