Techsoup Asia & Donasi Software NGO di Indonesia

NGO di Indonesia bisa mendapatkan berbagai donasi software dari Microsoft, Google, Adobe, Symantec, dan masih banyak lagi melalui Techsoup Asia. Bagaimana caranya?


Jika kamu adalah bagian dari Organisasi Nonprofit / Yayasan / Perkumpulan / Rumah Ibadah, kamu harus kenal dengan Techsoup Asia.

techsoup asia

Techsoup Asia – yang merupakan bagian dari Techsoup Global – adalah NGO internasional yang mendistribusikan donasi software dari perusahaan seperti Google, Microsoft, Adobe, dll untuk NGO di seluruh dunia. Techsoup bermisi mendorong penggunaan teknologi digital oleh NGO untuk memperluas dampak sosial mereka.

Inisiatif Techsoup awalnya dibuat karena melihat NGO memiliki misi sosial yang baik namun seringkali memiliki sumber daya yang terbatas. Sementara itu, dibutuhkan berbagai software untuk keperluan NGO, sehingga seringkali solusi berujung pada penggunaan software bajakan. Techsoup berusaha memberi jalan tengah dengan memfasilitasi perusahaan teknologi memberikan software mereka secara gratis atau dengan harga murah khusus untuk NGO.

 

Apa saja yang bisa didapatkan NGO yang terdaftar di Techsoup?

Dengan terdaftar di Techsoup Asia, NGO Anda bisa mendapatkan sangat banyak software dan teknologi, diantaranya:

  1. Berbagai software dari Microsoft (ex: OS Windows 10, Microsoft Office, Microsoft Server, dll), Adobe (Photoshop, Acrobat Reader, dll.), Symantec, dan masih banyak lagi dengan harga hanya 5-10 % dari harga aslinya. Sebagai gambaran, OS Windows berlisensi asli di pasaran harganya sekitar 1 juta, sementara di Techsoup bisa dibeli hanya dengan 120 ribu per lisensi.
  2. Office 365 for Nonprofits, mencakup Outlook dengan email bisnis, Office Online, OneDrive dengan kapasitas 1 TB per user, dan masih banyak lagi. GRATIS.
  3. Google for Nonprofits, mencakup Google Apps Premium, Youtube for Nonprofit, dan hibah beriklan di Google Adwords senilai 10.000 USD per bulan. GRATIS.
  4. Mendapatkan website, domain .or.id, dan hosting (selama 6 bulan pertama) dari IDCloudhost.com. GRATIS.
  5. Dan masih akan terus bertambah donasi software & teknologi yang bisa didapatkan NGO.

 

Menarik! NGO seperti apa yang bisa mendaftar di Techsoup?

Saat ini, kami hanya memfasilitasi organisasi yang memiliki badan hukum Yayasan, Perkumpulan, Organisasi Masyarakat, atau Rumah Ibadah. Semua NGO dari bidang isu apapun bisa mendaftar.

Namun jika organisasi Anda belum memiliki badan hukum, maka saat ini belum bisa mendaftar di Techsoup.

 

Lalu apa hubungan Techsoup Asia & Kitabisa.com?

Kitabisa.com merupakan perwakilan Techsoup Asia di Indonesia. Sehingga semua proses pendaftaran dan verifikasi NGO di Indonesia akan diproses oleh tim Kitabisa.com.

 

Bagaimana cara mendaftarkan organisasi saya di Techsoup?

Silakan ikuti panduan berikut:

  1. Buat akun user, klik https://www.techsoup.asia/en-AU/join/signup, lalu isi informasi yang diminta.
  2. Cek email dan klik link validasi yang kami kirimkan ke email yang Anda daftarkan.
  3. Daftarkan organisasi Anda, klik https://www.techsoup.asia/en-AU/join/register, isi form singkat tentang organisasi Anda.
  4. Setelah mendaftar, kami perlu melakukan verifikasi organisasi Anda sebagai organisasi resmi. Anda perlu mengirimkan scan Akta Yayasan,  SK Kementerian Hukum dan HAM, & NPWP Organisasi dalam bentuk PDF ke email iqbal@techsoup.asia.
  5. Proses verifikasi akan berjalan 1-2 hari kerja.

Setelah terverifikasi, Anda sudah bisa mengakses berbagai donasi software yang ada di Techsoup Asia.

 

Apakah ada biaya untuk menjadi member Techsoup Asia?

Tidak ada biaya yang harus dibayar untuk menjadi member Techsoup Asia. Gratis.

 

NGO apa saja yang sudah terdaftar di Techsoup Asia?

Saat ini sudah ada lebih dari 800 NGO Indonesia yang terdaftar di Techsoup, termasuk NGO besar seperti YCAB Foundation, WWF Indonesia, Dompet Dhuafa, Yayasan Indonesia Mengajar, dan Palang Merah Indonesia.

 

Selain donasi software, apa benefit lain NGO saya bergabung ke Techsoup Asia?

Kami sedang membangun komunitas NGO yang saling berbagi tentang penggunaan teknologi digital. Karenanya, Techsoup Asia dan Kitabisa.com secara rutin mengadakan meetup, seminar, maupun workshop dengan berbagai tema seputar penggunaan teknologi digital.

Diantara acara yang kami buat adalah Let’s Get Social, sebuah meetup yang dikhususkan untuk NGO. Berbagai tema yang pernah diangkat seperti penggunaan sosial media, memaksimalkan website, online fundraising, dan digital marketing. NGO yang terdaftar di Techsoup bisa ikut membangun komunitas NGO yang saling berbagi untuk meningkatkan dampak sosial dengan teknologi.

techsoup-profile-lets-get-social
Salah satu meetup Let’s Get Social bersama NGO di Bandung

 

Demikian informasi mengenai Techsoup Asia dan program donasi software.

Yuk bantu sebarkan informasi ini ke teman-teman NGO / Yayasan / Perkumpulan Anda. Jika ada pertanyaan lain, silakan mengontak langsung perwakilan Techsoup Asia di Indonesia, Iqbal Hariadi – melalui email iqbal@techsoup.asia.

Salam kebaikan 🙂