Galang Dana

Tips Galang Dana dan Mendapatkan Donasi di Kitabisa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu cara untuk membantu keluarga/sahabat yang sedang membutuhkan pertolongan adalah dengan galang dana. Lewat galang dana, kamu bisa membantu mereka yang butuh bantuan biaya pengobatan, pendidikan, atau biaya lainnya yang membutuhkan jumlah besar. Galang dana dengan cara yang mudah dan cepat bisa kamu lakukan di Kitabisa.

Setelah halaman galang danamu di Kitabisa berhasil dibuat,  tentunya kamu membutuhkan dukungan dari orang lain. Semakin banyak orang yang mengetahui halaman galang danamu, maka semakin banyak orang yang tergerak untuk berdonasi. Lalu, bagaimana cara agar lebih banyak orang yang tahu halaman galang dana milikmu?

 

2 Kunci Sukses Galang Dana di Kitabisa

cara galang dana

Kesuksesan galang dana di Kitabisa ditentukan oleh kamu sendiri sebagai penggalang dana. Kitabisa hanya berperan sebagai penyedia halaman online. Kamu harus memastikan dan mengajak orang lain untuk berdonasi di halaman galang dana milikmu. Dalam hal ini, kamu bisa memegang 2 kunci penting agar galang dana bisa berjalan sukses:

  1. Publikasi, yaitu dengan menyebarkan halaman galang dana ke calon donatur yang tepat seperti teman atau kerabat dekat. Poin ini terbukti efektif karena 70% donasi yang masuk ke Kitabisa berasal dari keluarga atau teman dekat.
  2. Cerita Menarik menjadi hal yang cukup penting dalam pembuatan galang dana. Tulislah cerita yang menarik pada deskripsi galang dana sehingga dapat menarik banyak orang untuk berdonasi.

 

Media Penyebaran Galang Dana yang Efektif

media penyebaran galang dana

Banyak penggalang dana yang mempertanyakan bagaimana cara menyebarkan halaman galang dana secara efektif sehingga donasi yang didapatkan juga maksimal. Banyak medium yang bisa digunakan untuk menyebarkan galang dana, mulai dari pesan jalur pribadi hingga media sosial. Menurut data yang dimiliki Kitabisa, donasi paling banyak berasal dari link yang disebar melalui WhatsApp atau LINE jalur pribadi, bukan hanya dari broadcast ke grup-grup yang ada di aplikasi pesan tersebut. 

Ada 5 Media yang bisa digunakan untuk menyebarkan halaman galang dana:

  1. Aplikasi pengiriman pesan, seperti Whatsapp dan LINE

    Melalui aplikasi pengiriman pesan, kamu dapat membagikan halaman galang danamu ke grup-grup yang ada seperti grup alumni sekolah, komunitas, grup kantor, dll. Selain mengirimkan secara bersamaan atau broadcast halaman galang dana ke grup Whatsapp dan LINE, kamu juga bisa menyebarkannya lewat pesan pribadi. Hanya sedikit orang yang membaca broadcast dan mereka akan lebih tertarik jika membaca pesan yang benar-benar ditulis untuk mereka. Untuk mendapatkan tips sebarkan galang dana lewat aplikasi pengiriman pesan, kamu bisa klik di sini.

  2. Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter

    Selain lewat postingan atau status media sosial, kamu bisa menuliskan link galang dana kamu di profil media sosial. Hal tersebut dapat memudahkan keluarga atau teman yang hendak berdonasi dengan cukup mengklik link yang ada. Berikut adalah tips untuk sebarkan galang dana di Instagram yang bisa kamu klik di sini, atau cara sebarkan galang dana di Facebook dengan klik di sini.

  3. Pemberitaan di media massa

    Salah satu cara paling efektif untuk membuat galang dana yang kamu miliki viral adalah melalui media massa. Kamu bisa mengirimkan press release kepada media yang ingin kamu tuju, atau kirimkan informasi mengenai galang dana kamu secara personal ke media. Baca tips sebarkan galang dana di media massa dengan klik di sini.

  4. Bantuan dari publik figur seperti influencer atau selebgram

    Kamu bisa meminta bantuan publik figur seperti influencer atau selebgram untuk menyebarkan halaman galang dana yang kamu miliki. Namun, jika mereka tidak membalas atau merespon permintaan yang kamu ajukan, sebaiknya kamu mencoba cari lain karena hal tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu mereka.

  5. Beriklan di Facebook dan Instagram

     

Saat menyebarkan halaman galang melalui kelima media di atas, kamu juga harus memberikan petunjuk yang jelas dan memastikan keluarga atau teman kamu mengerti cara berdonasi di halaman galang dana yang kamu miliki. Jadi, penting untuk menuliskan langkah-langkah donasi dan ajak langsung mereka untuk berdonasi. Jangan lupa untuk berkomunikasi dengan keluarga atau teman lewat kolom komentar. 

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar galang dana yang kamu miliki di Kitabisa diketahui banyak orang dan mencapai target donasi. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat membantu. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa baca di atau klik di sini.


Jika kamu memiliki keluarga atau teman yang sedang berjuang melawan penyakitnya dan membutuhkan biaya yang  besar, kamu bisa bantu mereka dengan galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.