Qurban

10 Jenis Kambing Qurban dan Harganya

Sudah tahu jenis kambing Qurban di Indonesia? Pastikan kamu membaca artikel ini dulu sebelum terjun ke lapangan untuk memilih kambing Qurban kamu ya. Memilih kambing qurban yang memiliki kualitas baik menjadi kesempurnaan dalam beribadah di Hari Raya Idul Adha. Kualitas yang dimaksud dilihat dari ukuran, umur, hingga jenis kambingnya. Berikut daftarnya:

Jenis Kambing Qurban Umum di Indonesia

Berikut 10 jenis kambing di Indonesia yang bisa digunakan untuk qurban.

  1. Kambing Etawa

    Jenis kambing etawa atau kambing jamnapari merupakan kambing gagah yang berasal dari daerah India. Kegagahan ini bisa dilihat dari tingginya yang bisa mencapai 127 cm dengan bobot mencapai 91 kg untuk seekor kambing jantan dewasa. Ciri lainnya adalah bentuk telinga yang lebar, panjang, serta jatuh. Jenis ini juga memiliki dua tanduk kecil yang terletak tepat di atas dahi dan juga tulang hidung yang maju.

    Harga kambing Etawa 2021 sekitar Rp 1.800.000 – 4.900.000.

  2. Kambing PE

    Kambing PE merupakan hasil perkawinan dari spesies kambing kacang dan spesies kambing etawa sehingga terkenal dengan nama peranakan etawa. Jenis ini mampu tumbuh dengan baik di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di pulau jawa. Ukuran kambing ini juga relatif besar, yaitu mencapai 91 kg untuk seekor jantan dewasa. Ciri lainnya menyerupai kambing etawa dengan tanduk kecil dan telinga panjang yang jatuh.

    Harga kambing PE 2021 kisaran Rp 1.500.000 – 3.200.000.

  3. Kambing Jawarandu

    Kambing ini memiliki beragam nama lain di Indonesia, seperti koplo, gumbolo, kacukan, dan juga bligon. Spesies hasil persilangan dari kambing PE dan kambing kacang ini memiliki postur relatif mungkin jika dibandingkan jenis kambing lainnya. Rata-rata kambing jawarandu dewasa memiliki bobot sekitar 40 kg dengan telinga panjang, lebar, hingga terkulai di samping wajah. Ciri lainnya adalah memiliki dua tanduk kecil yang terletak di atas kepalanya. Tanduk ini dimiliki baik oleh kambing jawarandu jantan maupun betina. 

    Harga kambing Jawa Randu 2021 sekitar Rp 1.400.000 – 3.000.000.

  4. Kambing Saanen

    Jenis kambing saanen bisa dikenali dari bentuk tanduk lancip dan jenggotnya yang panjang. Kambing yang berasal dari Swiss Barat ini memiliki ciri warna bulu putih dengan bentuk hidung yang lancip. Selain itu, juga memiliki telinga yang tegak ke kanan dan kiri dari kepala.

    Harga kambing Saanen 2021 dipasaran mulai dari Rp 2.500.000 tergantung beratnya.

  5. Kambing Muara

    Kambing muara memiliki ciri umum berwarna coklat dengan corak hitam di beberapa bagian. Jenis kambing ini berasal dari salah satu kecamatan yang ada di Sumatera Utara, yaitu Kecamatan Muara.

    Harga kambing Muara 2021 dimulai dari Rp 1.000.000.

  6. Kambing Gembrong

    Kambing gembrong terkenal karena kelebatan bulunya yang nyari menyerupai seekor anjing dewasa. Bulu lebat ini bisa tubuh hingga 30 cm dan akan berkilau mengkilap ketika terpapar sinar matahari. Jenis kambing unik ini berasal dari salah satu kabupaten di Bali, yaitu Kabupaten Karangasem. Spesies ini adalah hasil peranakan antara kambing turki dan juga kambing kashmir.

    Harga kambing Gembrong 2021 mengalami kenaikan Rp 100.000 – 400.000 setiap tahunnya.

  7. Kambing Boer

    Kambing boer merupakan jenis kambing qurban 2020 yang memiliki bobot tubuh relatif besar, yaitu bisa mencapai 150 kg untuk seekor jantan dewasa. Kelebihan lainnya jika menggunakan kambing ini sebagai kurban adalah karena memiliki karkas mencapai 50% dari total massa tubuhnya. Ciri utamanya adalah bentuk tubuh yang terlihat gemuk, lebar, dan juga panjang dengan kaki yang pendek. Mayoritas bulunya berwarna putih, terkadang ada yang bercorak coklat serta memiliki telinga panjang dan lebar.

    Harga kambing Boer 2021 dipasaran adalah sekitar Rp 2.500.000 (anakan) – 12.000.000 (premium).

  8. Kambing Kacang

    Jenis kambing kacang merupakan salah satu ras unggul yang banyak diternakan di Indonesia. Kambing ini memiliki ciri utama yaitu tubuh mungil dengan bobot sekitar 20 kg hingga 30 kg untuk ukuran dewasa. Ciri lainnya adalah ukuran kepala kecil dengan bentuk telinga yang kecil dan tegak.

    Harga kambing Kacang 2021 mengalami kenaikan mulai dari Rp 200.000 dari tahun 2020 untuk setiap jenis beratnya.

  9. Kambing Kosta

    Kambing kosta adalah jenis kambing yang bisa dikembangbiakan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah Banten yang menjadi tempat asalnya. Spesies ini merupakan hasil peranakan dari spesies kambing kacang dan spesies kambing kashmir. Dari persilangan tersebut menjadikan kambing ini memiliki bulu berwarna hitam dengan corak kecoklatan. Ciri umum lainnya adalah bentuk tanduk yang relatif pendek dan melengkung.

    Harga kambing Kosta 2021 mengalami kenailan Rp 200.000 – 500.000 per kambingnya.

  10. Kambing Marica

    Kambing marica merupakan variasi lain dari kambing yang banyak dijumpai di peternakan Sulawesi Selatan. Dibandingkan jenis kambing lainnya, kambing ini memiliki daya tahan tubuh paling baik sehingga mampu beradaptasi di musim kemarau dan lingkungan kering sekalipun.

    Harga kambing Marica 2021 mengalami kenaikan Rp 100.000 – 300.000 per kambingnya.

Harga kambing qurban di Indonesia cukup beragam, tergantung jenis, ukuran, dan lokasi penjualannya. Oleh karena itu kamu harus pandai dan jeli dalam memilih kambing qurban yang sesuai dengan syariat Islam. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa melakukan qurban di Kitabisa dan rasakan beragam manfaat lainnya.


Kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban murah

Comments are closed.