Kesehatan

12 Manfaat Air Putih Bagi Tubuh dan Kesehatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Tubuh kita mengandung sekitar 60% air dan sekitar 71% permukaan bumi tertutup oleh air. Mungkin, itu adalah ketersediaan alam yang mendukung makhluk hidup, khususnya manusia untuk minum cukup air putih setiap harinya. Setiap orang direkomendasikan untuk minum air sedikitnya 8 gelas air putih per hari. Memiliki kondisi tubuh yang tetap banyak menyerap air menjadi bagian penting dalam kesehatan. 

Meskipun air sangat penting bagi tubuh, banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Hanya sedikit orang yang memprioritaskan minum air putih. Manfaat air putih sangatlah beragam, sehingga penting untuk diketahui dan sayang jika dilewatkan.

 

Fakta Tentang Konsumsi Air Putih

apa manfaat air

  1. Tubuh orang dewasa mengandung 60% air, dan sebesar 90% kandungan darah adalah air.
  2. Tidak ada kesepakatan yang menyeluruh tentang jumlah air yang harus diminum setiap harinya. Kuantitas air yang harus dikonsumsi tergantung pada kebutuhan setiap individu.
  3. Air sangat penting untuk kerja ginjal dan organ tubuh lainnya.
  4. Ketika dehidrasi, kulit akan menjadi kering karena kekurangan cairan.
  5. Minum air putih dapat bantu mengurangi berat badan.
Baca juga:
7 Hal Tentang Penyakit Ginjal
Jenis-jenis Penyakit Pencernaan yang Umum Ditemukan

 

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

khasiat air putih

Agar dapat berfungsi dengan baik, sel dan organ pada tubuh membutuhkan air. Berikut ini adalah manfaat air putih, diantaranya:

  1. Melumasi Persendian

    Jika pada kendaraan bermotor, oli dibutuhkan untuk melumasi mesin, tubuh manusia membutuhkan air untuk memperlancar persendian. Air dalam sendi dapat membantu fungsi persendian dan mencegah kerusakan sendi. 

  2. Membentuk Saliva (Air Liur)

    Saliva membantu untuk mencerna makanan dan menjaga agar mulut, hidung, dan mata tetap basah atau lembab. Orang yang mengalami kekurangan produksi air liur memiliki risiko gigi berlubang yang lebih tinggi.

  3. Membawa Oksigen

    Darah terdiri lebih dari 90% air, dan darah dapat membawa oksigen ke bagian-bagian tubuh yang berbeda. Dengan kata lain, air yang terkandung dapat membawa oksigen bagi tubuh.

  4. Membuat Kulit Lebih Sehat

    Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Oleh karena itu, konsumsi air dapat menjaga kulit tidak terlihat kering dan keriput. 

  5. Mencegah Sakit Kepala

    Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain, karena penyebab utama dua kondisi tersebut adalah dehidrasi.

  6. Meningkatkan Fungsi Otak

    Cairan harian tubuh dibutuhkan agar otak menjalankan fungsinya dengan baik. Kehilangan cairan dapat menyebabkan gangguan konsentrasi dan suasana hati, serta memicu sakit kepala. 

  7. Menjaga Tekanan Darah

    Konsumsi air putih yang cukup dapat mencegah darah mengental sehingga alirannya lancar. Hal tersebut mencegah tekanan darah menjadi tinggi. 

  8. Melancarakan Pernapasan

    Konsumsi air dapat membantu sistem pencernaan dalam memproses makanan yang masuk dalam tubuh.

  9. Mencegah Kerusakan Ginjal

    Ginjal termasuk salah satu bagian tubuh yang penting dalam tubuh. Sehingga, konsumsi air dapat membuat urine terbentuk di ginjal. Aliran tersebut kemudian membantu melarutkan mineral di saluran kemih dan mencegah batu ginjal.

  10. Memperlancar Sistem Pernapasan

    Seseorang yang kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat mengalami sesak napas karena jalan napas terbatasi. Kondisi ini kemudian dapat memperparah asma dan alergi.

  11. Meningkatkan Stamina

    Cairan dalam tubuh sangat penting sebagai energi atau sumber stamina dalam tubuh. Hal itulah mengapa kamu mudah merasa lelah ketika berolahraga atau cuaca panas karena cairan dalam tubuh berkurang. 

  12. Memaksimalkan Kondisi Fisik

    Ketika seseorang dehidrasi, kondisi fisik dapat terpengaruh. Menurut data dari National Institutes of Health, dehidrasi dapat membawa pengaruh yang sangat besar meskipun hanya 2% air yang hilang dari dalam tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan perubahan pada kontrol suhu tubuh, penurunan motivasi,  peningkatan rasa lelah dan membuat olahraga menjadi sulit untuk dilakukan, baik secara fisik maupun mental.


Kamu bisa bantu biaya pengobatan mereka yang sedang berjuang dengan penyakitnya lewat donasi di Kitabisa. Caranya, klik gambar di bawah ini.

bantu biaya rumah sakit

 

Comments are closed.