Puasa

20 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Dunia & Akhirat

Manfaat puasa Senin Kamis tidak hanya untuk bekal pahala yang luar biasa di akhirat, namun ada banyak sekali manfaatnya yang bersifat dunaiwi bagi manusia. Para muslim mungkin sudah paham keutamaan menjalankan puasa pada Senin dan Kamis, salah satunya ialah hari ketika Senin yang merupakan hari ketika Rasulullah SAW dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT. Perintah untuk melaksanakan puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis tertulis dalam hadits di bawah ini;

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Dalam artikel ini, kita akan berusaha menggali lebih jauh lagi beberapa manfaat puasa senin kamis bagi dunia dan akhirat.

 

Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Dunia dan Akhirat

puasa sunnah

Hari Kamis juga merupakan hari ketika kebanyakan perjalan Rasulullah SAW dilakukan. Namun, tak kalah banyak juga manfaat yang kamu dapatkan dari menjalankan atau mulai membiasakan puasa Senin dan Kamis ini, di antaranya:

  1. Pelajaran diri untuk berdisiplin

    Seseorang akan dilatih untuk harus selalu berdisiplin dalam segala hal, inilah tujuan berpuasa. Karena, ia akan merasa bahwa Allah SWT selalu menguasai setiap tindakan yang dilakukan sehingga selalu mawas diri serta menghindari segala hal yang dapat membatalkan puasanya.

  2. Pengaruh kesehatan pada tubuh

    Selama ini, telah banyak ahli yang menyatakan bahwa puasa baik bagi kesehatan seseorang.  Karena dengan berpuasa tubuh akan terbersihkan dari segala jenis racun yang mengendap di dalam tubuh. Intinya, berpuasa sebagai salah satu metode penyembuhan dari berbagai penyakit. Saat berpuasa, sistem pencernan dapat beristirahat sehingga sistem tubuh lainnya dapat bekerja dengan lebih baik. Inilah hikmah positif bagi tubuh.

  3. Menjadi Perlindungan Batin Seseorang

    Pada hakikatnya, menjalankan puasa, baik itu puasa fardhu maupun sunnah dapat memberikan pengaruh besar kepada kondisi kejiwaan seseorang. Puasa dapat membantu melatih kesabaran, melatih menguasai diri serta melatih diri dalam mereda hawa nafsu. Baik di dunia atau bertujuan untuk memperoleh keutamaan di akhirat.

  4. Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur

    Dengan berpuasa, rasa empati terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang berada dalam kondisi keberuntungan yang masih jauh di bawah kita dan dengan berpuasa pula kita akan lebih tahu cara mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

  5. Memberi Kesempatan Organ Tubuh untuk Beristirahat

    Berpuasa berarti mengistirahatkan organ pencernaan dalam jangka waktu tertentu. Dengan istirahat yang cukup, tentunya tubuh akan terus berada dalam kondisi yang fit dan sehat, istirahat juga merupakan fitrah manusia.

  6. Menurunkan Hawa Nafsu

    Puasa juga dapat membantu kamu mengontrol hawa nafsu seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits, Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan saran kepada pemuda yang hendak menikah namun belum mempunyai kecukupan, mereka dianjurkan untuk berpuasa.

  7. Terhindar dari Godaan Setan

    Berpuasa adalah cara ibadah yang terbaik untuk menghadang upaya syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia. Dengan begitu akan dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT.

  8. Melatih Emosi

    Puasa merupakan ibadah yang membiasakan kita untuk bersabar. Mulai dari bersabar dari lapar dan haus, hingga bersabar dari godaan lain yang membatalkannya. Karena itu melaksanakan puasa Senin Kamis akan membentuk kita menjadi pribadi yang stabil secara emosional.

manfaat puasa

  1. Senin dan Kamis adalah hari Ketika Amalan-amalan Manusia Diangkat dan Diperiksa oleh Allah SWT

    Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.

  2. Mendatangkan Berlimpah Kebaikan

    Meskipun hukum puasa Senin Kamis ini sebagai ibadah sunnah, puasa Senin Kamis merupakan salah satu cara untuk menambah pahala. Selain itu, membatasi jumlah kalori yang masuk bisa membawa manfaat kesehatan dan mengistirahatkan tubuh. Secara langsung ini akan berdampak baik pada kesehatan tubuh kita.

  3. Pintu Surga Dibuka Selebar-lebarnya

    Pada hari Senin dan Kamis, pintu surga dibuka. Ini merupakan petunjuk tentang betapa mulianya hari Senin dan Kamis dan orang-orang yang melaksanakan puasa di hari itu adalah orang yang beruntung.

  4. Melatih Diri Terhaindar dari Dosa

    Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah disebutkan,

    “Segala sesuatu itu ada zakatnya dan zakat bagi jiwa adalah berpuasa. Sedangkan puasa itu adalah separuh kesabaran.”

    Dengan melakukan puasa setidaknya dua kali dalam seminggu, maka apa yang menjadi kewajiban kita akan terlunasi dan menghindarkan diri dari dosa sebagaimana yang disebutkan dalam hadis lain, “Puasa adalah benteng yang menghalangi seseorang dari bara api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi).
    puasa senin kamis

  5. Dapat Meningkatkan Amalan

    Dengan berpuasa, kita akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Dengan berpuasa, kita juga akan otomatis melakukan amaln-amalam baik yang bertambah.

  6. Meningkatkan Kinerja Otak dalam Mengingat

    Pengamatan pada tikus tersebut menunjukkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan sekitar 50 persen zat kimia otak yang disebut BDNF (faktor neurotropika yang diturunkan dari otak). Bagi manusia, BDNF terlibat dalam pembelajaran dan ingatan.

  7. Meremajakan Sel-sel Kulit

    Meski dalam berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi dalam beberapa jam, namun sebagai manusia tentulah kita sudah di beri keistimewan untuk bisa bertahan. Dengan tetap menjalankan ibadah puasa senin kamis tentulah sel-sel yang ada di dalam tubuh kita sedikit beristirahat. Karena, mereka tidak lagi berkerja terus menreus ketika perut terisi dengan berbagai macam asupan. Hal ini tentu saja bisa berdampak pada peremajaan kulit sehingga kulit akan tetap kencang.

  8. Menurunkan Lemak

    Tidak bisa dipungkiri bahwasanya khasiat puasa Senin Kamis ataupun puasa sunnah lainnya bisa membuat kita terhindar dari tumpukan lemak yang berlebih. Dengan terjaganya asupan lemak pada tubuh tentulah kesehatan kita akan jauh lebih maksimal.
    Hal ini dilandaskan karena saat berpuasa tubuh tidak terlalu banyak mendapatkan asupan-asupan makanan yang mungkin saja memiliki kandungan lemak yang tinggi.

  9. Menunda Penuaan Gigi

    Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perubahan fisik setiap manusia baik karena umur ataupun lingukngan sekitar. Namun, apabila kalian tidak ingin mengamali penuaan dini salah satu cara yang bisa dikerjakan adalah berolahraga. Selain itu kalian juga bisa melakukan puasa Senin Kamis sebagai jembatan untuk mengurangi penuaan dini.

  10. Menyehatkan Gigi

    Khasiat puasa Senin Kamis berikutknya ialah mampu membuat gigi jauh lebih sehat. Dimana dalam berpuasa gigi sudah pasti akan terasa lebih bersih karena kita tidak melakukan kegiatan makan makanan yang berlebih yang membuat gigi bekerja terus menerus. Namun, tetap saja sebaiknya jika kalian tengah berpuasa, sebaiknya kalian menggosok gigi setelah selesai santap sahur dipagi hari. Yang pasti selain agar terlihat putih, gigi juga akan jauh lebih sehat.

  11. Menjadi Obat Penghilang Stres

    Salah satu khasiat puasa Senin Kamis yang bisa dikatakan cukup besar pengaruhnya bagi tubuh adalah penghilang stres. Khasiat yang satu ini bisa dikatakan sangatlah besar mengingat bahwa tingkatan stres pada setiap orang tentu saja berbeda. Namun, ketika kita tengah menjalankan ibadah puasa sunnah Senin Kamis, kita diharuskan untuk membuat diri kita selalu sadar akan hal-hal yang akan dilakukan. Jadilah otak dan otot bisa berhenti sejenak dalam kegiatan yang berat-berat. Alhasil stres bisa dihindari.

  12. Menghilangkan Perasaan Tidak Enak

    Apabila kalian sudah bisa menenangkan pikiran dari rasa stres yang berat tentu saja kalian bisa mendapatkan perasaan yang jauh lebih nyaman. Namun sebaliknya, apabila kalian memiliki perasaan tidak enak atau memiliki sesuatu yang berbeda hal ini biasanya muncul karena stres yang ditimbulkan oleh berbagai macam hal.

 

Melakukan puasa Senin Kamis secara rutin sudah pasti akan menjadikan perasaan kalian lebih tenang dan jauh lebih enak mengingat berpuasa diharuskan untuk bisa menjaga pikiran.

Penulis: Yudo Laksono

Baca juga:
Keajaiban Sedekah: Mengapa Kita Dianjurkan untuk Banyak Beramal
5 Jenis Sedekah Jariyah yang Pahalanya Takkan Putus

Lengkapi amalan ibadah puasa sunnah dengan bersedekah secara online lewat Kitabisa. Caranya, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_sedekah

 

Comments are closed.

sedekah subuh