Puasa Senin Kamis, Hikmah, Tata Cara Pelaksanaan dan Keutamaannya

Puasa senin kamis adalah ibadah sunnah yang paling sering dilakukan oleh umat Islam untuk memenuhi ibadah mereka. Berikut dijelaskan mengenai hikmah serta tata cara dari pelaksanaan puasa ini.

Puasa Senin Kamis adalah salah satu puasa sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Karena dilaksanakan di dua hari yang sama dalam seminggu, puasa ini melatih kita untuk konsisten dalam beribadah. Puasa Senin Kamis memiliki banyak keistimewaan dan dianjurkan untuk dilaksanakan kecuali jika bertepatan di hari-hari tertentu yang diharamkan untuk berpuasa.

Ada beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan dengan melaksanakan puasa Senin Kamis antara lain:

  • Melatih Emosi

Puasa Senin Kamis, Hikmah, Tata Cara Pelaksanaan dan Keutamaannya

Puasa merupakan ibadah yang membiasakan kita untuk bersabar. Mulai dari bersabar dari lapar dan haus, hingga bersabar dari godaan lain yang membatalkannya. Karena itu melaksanakan puasa Senin Kamis akan membentuk kita menjadi pribadi yang stabil secara emosional.

  • Melatih Diri Agar Terhindar dari Dosa

Puasa Senin Kamis, Hikmah, Tata Cara Pelaksanaan dan Keutamaannya

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah disebutkan, “Segala sesuatu itu ada zakatnya dan zakat bagi jiwa adalah berpuasa. Sedangkan puasa itu adalah separuh kesabaran.”

Dengan melakukan puasa setidaknya dua kali dalam seminggu, maka apa yang menjadi kewajiban kita akan terlunasi dan menghindarkan diri dari dosa sebagaimana yang disebutkan dalam hadis lain, “Puasa adalah benteng yang menghalangi seseorang dari bara api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi).

  • Membawa Banyak Kebaikan

Puasa Senin Kamis, Hikmah, Tata Cara Pelaksanaan dan Keutamaannya

Meskipun dihukumi sebagai ibadah sunnah, puasa Senin Kamis merupakan salah satu cara untuk menambah pahala. Selain itu, membatasi jumlah kalori yang masuk bisa membawa manfaat kesehatan dan mengistirahatkan tubuh. Secara langsung ini akan berdampak baik pada kesehatan tubuh kita.

 

Tata Cara Melaksanakan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis, Hikmah, Tata Cara Pelaksanaan dan Keutamaannya

Puasa Senin Kamis pada dasarnya memiliki cara pelaksanaan yang tidak jauh berbeda dengan puasa Ramadhan dan puasa sunnah lainnya. Yang pertama harus dilakukan adalah niat, setidaknya malam hari atau sebelum terbit fajar. Yang kedua adalah makan sahur kemudian menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, berhubungan suami istri. Kita juga harus meninggalkan berbagai bentuk maksiat baik itu bohong, membicarakan kejelekan orang dan lain sebagainya.

Baca juga:
5 Hal yang Membatalkan Puasa
Ibadah Puasa: Ketentuan, Syarat, dan Rukun Puasa

 

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis, Hikmah, Tata Cara Pelaksanaan dan Keutamaannya

Ada beberapa keutamaan melaksanakan puasa pada hari Senin dan Kamis antara lain:

    • Puasa tersebut adalah ibadah yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW sebagaimana yang dikatakan oleh Aisyah RA, istri beliau. Melaksanakannya berarti akan menjadikan kita sebagai pengikut Rasulullah yang sejati
    • Hari Senin adalah hari istimewa. Pada hari ini, Rasulullah SAW lahir dan mendapatkan wahyu
    • Amalan kita diperlihatkan ada hari Senin dan Kamis. Hal ini seperti disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “Diperlihatkan amal-amal pada setiap hari Kamis dan Senin. Maka aku ingin amalku diperlihatkan saat aku berpuasa.”
    • Pada hari Senin dan Kamis, pintu surga dibuka. Ini merupakan petunjuk tentang betapa mulianya hari Senin dan Kamis dan orang-orang yang berpuasa di hari itu adalah orang yang beruntung.

Menjaga ibadah wajib memang baik. Tapi melengkapi pelaksanaannya dengan ibadah-ibadah sunnah adalah sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ibadah sunnah itu antara lain adalah salat dan berpuasa, salah satunya berpuasa pada hari Senin dan Kamis.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah