Sedekah

Keajaiban Sedekah: Mengapa Kita Dianjurkan untuk Banyak Beramal?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Selain salat dan puasa, agama Islam juga mensyriatkan pemeluknya untuk senantiasa berbagi rezeki dan kebaikan kepada sesama yang membutuhkan. Tak cuma zakat dan infak, sedekah juga bisa berupa hal-hal ringan lain semacam tolong-menolong, silaturahmi, senyum, dan saling mendoakan dalam kebaikan.

Sedekah termasuk amalan dengan ganjaran yang sangat besar. Allah Swt juga menjamin bahwa kebiasaan baik ini takkan membuat seseorang menjadi miskin. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt yang artinya:

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261)

 

Keajaiban Sedekah

keistimewaan sedekah

Ada banyak sekali keajaiban sedekah yang tidak hanya dirasakan si penerima, tapi juga kita sebagai pihak pemberi. Ini beberapa di antaranya.

  1. Mendatangkan Kebaikan

    Sedekah adalah sarana untuk menutup pintu keburukan dan mendatangkan kebaikan. Kebiasaan memberi dan berbuat baik kepada sesama akan membuatmu dijauhkan dari segala musibah dan hal-hal yang kurang baik. Ini sesuai dengan sabda Rasul yang artinya:

    “Sedekah menutup 70 pintu keburukan.” (HR. Thabrani)

  2. Menyembuhkan Penyakit

    Segala rasa sakit datangnya dari Allah dan bisa hilang berkat ridha Allah pula. Selain berikhtiar dengan menjalani pengobatan, kamu juga dianjurkan banyak bersedekah untuk meringankan penyakit. Hadis Rasulullah SAW:

    “Sembuhkanlah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Al-Dailami)

  3. Membersihkan Harta

    Sedekah adalah cara terbaik untuk membersihkan harta dan jiwa. Bersedekah tidak akan membuatmu miskin. Amalan ini juga akan membuatmu merasa tentram jiwa dan raga. Hidup pun lebih tenang dan bebas rasa gelisah. Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 103 yang artinya:

    “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

  4. Keajaiban Sedekah Memurahkan Rezeki

    Sedekah dapat memurahkan rezeki seseorang. Kisah populer tentang keajaiban sedekah berikut mungkin akan menginspirasimu. Ada perempuan yang bercerita bahwa dirinya tak kunjung menikah di usia yang sudah tidak muda lagi. Kemudian seorang ustadz menyarankannya untuk banyak-banyak bersedekah.
    Si perempuan menjalankan nasihat tersebut. Dia rutin bersedekah dan mengisi infak masjid. Sebulan kemudian, datang lelaki soleh dan keduanya menikah. Lihatlah, betapa sedekah akan mendatangkan rezeki dan kebaikan yang besar.

  5. Menghilangkan Kesenjangan Sosial

    Di luar sana masih banyak orang yang kondisi ekonominya memprihatinkan. Dengan bersedekah, kita berperan menghilangkan kesenjangan sosial yang membuat hidup saudara-saudara sesama makin terpuruk. Sedekah yang kita keluarkan bisa berupa zakat, infak, atau bantuan lain yang bersifat moril.

 

Bersedekah via Kitabisa

Lihatlah betapa besar dan luasnya keajaiban sedekah. Kamu juga bisa mulai berbuat baik dengan menyalurkan zakat, kurban, atau sedekahmu secara online lewat Kitabisa. Nantinya, bantuan darimu akan disalurkan kepada saudara yang betul-betul membutuhkan. Klik di sini untuk mulai sedekahmu di Kitabisa!

banner_donasi_sedekah

Comments are closed.