7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

Leukimia atau kanker darah merupakan salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya. Kanker ini menyerang sumsum tulang yang banyak terdapat sel darah putih. Karena produksi dan fungsi sel darah putih dalam melawan infeksi terganggu, akibatnya daya tahan tubuh penderita kanker ini akan menurun dengan cepat.

Leukimia umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga menyerang pasien pada usia berapa pun. Untuk gejalanya sendiri, leukimia cukup sulit dikenali karena tidak memiliki gejala yang khas. Agar kamu lebih waspada terhadap penyakit mematikan yang satu ini, yuk, cari tahu tentang 7 gejala leukimia yang sering muncul berikut ini.

  1. Sering Merasa Kelelahan dan Lemas

7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

Sering merasa kelelahan dan lemas merupakan gejala leukimia yang paling umum terjadi. Gejala ini disebabkan karena pasien mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Selain lelah dan lemas, penderita yang mengalami anemia biasanya juga akan terlihat pucat.

Baca juga:
Mengenal Leukimia: Penyebab, Gejala, Serta Cara Mengobatinya
Jenis-jenis Leukimia dan Beberapa Terapi yang Disarankan Bagi Penderita Leukimia

 

  1. Sesak Napas

7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

Sesak napas biasanya juga akan terjadi ketika penderita semakin lemah dan lemas. Hal ini terjadi karena sel leukimia sering menggumpal di sekitar thymus, kelenjar yang terdapat di pangkal leher. Penderita biasanya akan merasa napasnya terengah-engah hingga kehabisan napas. Bahkan, mereka akan kesulitan untuk berjalan melintasi ruangan.

  1. Nyeri Sendi dan Tulang

7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

Nyeri sendi dan tulang juga menjadi salah satu gejala leukimia yang sering muncul. Konsidi juga dapat membuat penderita mengalami demam  yang sangat tinggi. Selain nyeri pada sendi dan tulang, penderita biasanya juga akan merasa nyeri pada bagian perut karena organ hati atau limpa mengalami pembengkakan.

  1. Muncul Memar Secara Tiba-Tiba dan Sulit Hilang

7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

Penderita leukimia biasanya juga sering mengalami memar yang muncul secara tiba-tiba dan sulit hilang. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan trombosit. Rendahnya kadar trombosit di dalam tubuh membuat proses pembekuan darah menjadi terhambat. Tak jarang, muncul bintik-bintik merah atau petachie yang disebabkan karena adanya pendarahan minor yang terjadi di dalam tubuh.

Baca juga:
Titiw, Blogger dan Ibu Rumah Tangga yang Merayakan Ulang Tahunnya untuk Bantu Anak Penderita Leukimia
Gejala Leukimia Pada Anak yang Perlu Diperhatikan

 

  1. Terjadi Pendarahan yang Tidak Biasa

7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

Selain memar dan bintik-bintik merah pada kulit, terjadinya pendarahan yang tidak bisa seperti di gusi, usus, atau paru-paru juga dapat menjadi salah satu gejala leukimia yang sering muncul. Sama seperti memar, hal ini juga terjadi karena tubuh penderita kekurangan trombosit.

  1. Rentan Terkena Infeksi

7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

Sel darah putih sangat diperlukan oleh tubuh untuk melawan infeksi. Namun, pada penderita leukimia, sel darah putih yang ada di dalam tubuh tidak dapat mengerjakan tugasnya dengan maksimal sehingga kekebalan tubuh penderita akan menurun dan rentan terkena infeksi.

  1. Pembengkakan di Beberapa Area Tubuh

7 Gejala Leukimia yang Perlu Kamu Waspadai

Di dalam tubuh, sel kelenjar getah being memiliki fungsi untuk menyaring darah. Namun, ketika seseorang terserang leukimia, sel-sel kanker tersebut terkadang akan mengumpulkan kelenjar getah bening sehingga menyebabkan pembengkakan di beberapa area tubuh, seperti di bawah ketiak, leher, selangkangan, atau di atas tulang selangka.

Jadi, itulah beberapa gejala leukimia yang perlu kamu waspadai. Ketika produksi sel darah putih terganggu, penderita juga bisa mengalami masalah penglihatan yang disebabkan karena pendarakan pada retina, telinga berdenging atau tinnitus, ereksi berkepanjangan (priapismus), perubahan kondisi mental, stroke, hingga kejang-kejang karena terjadi pendarahan di otak.

Untuk itu, waspadalah apabila ada keluarga atau orang-orang yang kamu sayangi mengalami gejala tersebut. Share juga informasi ini ke orang-orang terdekatmu, ya.


Kamu bisa bantu biaya pengobatan mereka yang sedang berjuang dengan penyakit leukimia. Caranya, kamu bisa kunjungi Kitabisa.com lalu pilih campaign  yang ingin kamu donasikan di sini.  Bantuan dari kamu tentunya akan sangat berarti dan membantu secara tepat.

Kamu juga bisa berdonasi di Kitabisa untuk bantu mereka yang membutuhkan bantuan biaya perawatan menggunakan Aplikasi Kitabisa. Dengan Aplikasi Kitabisa, kamu bisa berbagi dimanapun dan kapanpun. Yuk, download Aplikasi Kitabisa di Play Store atau App Store dan kamu dapat berbagi kebaikan mulai dari Rp 1000!

Atau kamu bisa klik gambar di bawah ini untuk langsung berdonasi di kitabisa.com!
banner_donasi_biaya_pengobatan