Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Leukimia Stadium 2?

Leukimia atau yang juga sering disebut kanker darah merupakan salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya. Kanker ini menyerang sel darah putih yang dihasilkan di sumsum tulang. Sementara, sel darah putih sendiri merupakan sel darah yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi virus maupun bakteri.

Ketika seseorang terserang leukimia, sumsum tulang memproduksi banyak sel darah putih abnormal (sel leukimia). Akibatnya, produksi sel darah yang normal menjadi berkurang dan terjadi penumpukan sel-sel darah abnormal di sumsum tulang atau organ-organ lainnya.

 

Seperti Apa Tanda-Tanda Penderita Leukimia?

Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Leukimia Stadium 2?

Leukimia termasuk penyakit yang sulit dideteksi secara dini karena tidak memiliki gejala yang khas. Namun, munculnya tanda-tanda berikut ini dapat menjadi indikasi seseorang terkena penyakit leukimia:

  1. Sering Berdarah dan Memar

ciri leukemia

Sering berdarah dan memar merupakan salah satu tanda penyakit leukimia yang paling mudah dikenali. Kondisi ini timbul karena tubuh kekurangan sel darah merah yang berperan dalam proses pembekuan darah. Tak hanya mudah memar dan berdarah, pasien leukimia biasanya juga rentan mengalami bintik-bintik merah pada kulit akibat pendarahan minor di dalam tubuh.

  1. Rentan Terkena Infeksi

Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Leukimia Stadium 2?

Sel darah putih yang tidak dapat bekerja secara maksimal dapat membuat daya tubuh akan semakin menurun dan mudah terkena infeksi. Inilah alasan mengapa penderita leukimia sering mengalami demam berkepanjangan atau masalah-masalah kesehatan lainnya.

  1. Mudah Lelah dan Lemas

leukemia

Mudah merasa kelelahan dan lemas terjadi karena penderita leukimia mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Selain lelah dan lemas, penderita biasanya juga akan terlihat pucat dan mengalami sesak napas.

  1. Nyeri Sendi dan Tulang

Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Leukimia Stadium 2?

Nyeri sendi dan tulang biasanya juga dirasakan oleh penderita leukimia. Kodisi ini terjadi karena sel-sel kanker menumpuk di sumsum tulang. Beberapa penderita biasanya juga mengeluhkan rasa nyeri di punggung bagian bawah.

Baca juga:
Gejala Leukimia Pada Anak yang Perlu Diperhatikan
Rehan Berjuang Sembuh dari Kanker Darah, Ini yang Bisa Kita Lakukan

 

Harapan Hidup Pasien Leukimia Stadium 2

Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Leukimia Stadium 2?

Secara umum, terdapat empat tingkatan yang digunakan oleh dokter untuk mendeskripsikan tingkat keparahan dari kanker yang diderita pasien. Tingkatan tersebut adalah stadium 1, stadium 2, stadium 3, serta stadium 4.

Pada leukimia stadium 2, artinya sel-sel kanker telah berkembang, namun belum menyebar ke seluruh area tubuh. Kondisi ini biasanya ditandai dengan adanya peningkatan sel darah putih yang abnormal serta pembengkakan di beberapa area tubuh seperti limpa, hati, serta kelenjar getah bening.

Harapan kesembuhan pasien leukimia stadium 2 sendiri tergantung dari jenis leukimia yang diderita. Biasanya, harapan hidup standarnya sekitar lima tahun, dan penderita yang berusia muda akan memiliki harapan hidup yang lebih lama dari penderita yang berusia tua.

Meski begitu, kondisi ini tetap berbeda-beda pada setiap penderita, tergantung dari kondisi kesehatan, kondisi mental, serta pola hidup penderita. Tak hanya itu saja, keinginan penderita untuk pulih dan dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat juga berperan besar bagi usia harapan hidup penderita. Penderita perlu melakukan pemeriksaan rutin, konsultasi, serta tindakan-tindakan medis lainnya seperti terapi atau penggunaan obat untuk menekan sel kanker dan mencegahnya berkembang di organ tubuh yang lain.

Dengan menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, memperbanyak konsumsi air putih dan makanan-makanan bergizi, serta mengurangi kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai gejala leukimia serta harapan hidup bagi penderita leukimia stadium 2. Yuk, lebih aware lagi dengan penyakit yang satu ini. Segera konsultasikan ke dokter apabila ada keluarga atau orang-orang terdekatmu yang mengalami tanda-tanda leukimia.

Baca juga:
5 Pengobatan Agar Kanker Darah Bisa Sembuh
Kenali 6 Faktor Penyebab Kanker Darah

Bantu mereka yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan dengan cara donasi di Kitabisa. Caranya, klik gambar di bawah ini!bantu biaya rumah sakit