7 Makanan Sebagai Penurun Kolesterol Tinggi

Tahukah kamu kalau kadar kolesterol dalam darah turut menentukan kondisi kesehatan tubuh? Semakin tinggi kadarnya, kamu akan sangat berisiko mengalami masalah yang berkaitan dengan jantung, termasuk penyakit darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Sayangnya, masalah kesehatan satu ini tidak bisa disembuhkan, tetapi kamu bisa melakukan tindakan pencegahan untuk membuat kadarnya tetap berada dalam batas angka yang aman. 

Sebenarnya, kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membentuk sel baru yang sehat. Namun, kadarnya yang terlalu tinggi justru akan memicu munculnya plak yang akan menyumbat pembuluh darah. Inilah yang membuat tubuh mengalami penyakit serius, termasuk jantung dan stroke.

 

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

makanan penurun kolesterol

Untungnya, kadar kolesterol dalam darah ini bisa dikendalikan, salah satunya adalah dengan membiasakan pola makan yang sehat. Berikut daftar makanan yang baik untuk turunkan kolesterol: 

  1. Sayuran Berdaun Hijau

    Bayam dan kangkung adalah dua sayuran hijau yang sangat baik sebagai penurun kolesterol tinggi. Pasalnya, zat antioksidan yang terkandung dalam dua sayuran berdaun hijau ini mampu mengikat asam empedu yang memang dibuat dari kolesterol, sehingga dapat secara efektif mencegah menumpuknya kolesterol dalam darah.

  2. Pisang

    Suka makan buah pisang? Ternyata buah berwarna kulit ini tidak hanya memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan karbohidratnya, tetapi juga efektif untuk menjaga kadar kolesterol darah. Ini karena peranan inulin dalam buah pisang yang bertugas untuk mengurangi kadar kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi.

  3. Teh Hijau

    Tidak hanya untuk relaksasi, ternyata mengonsumsi teh hijau juga baik untuk turunkan kolesterol. Teh hijau mengandung senyawa catechin yang diketahui mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Inilah mengapa kamu dianjurkan untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin, lebih baik lagi kalau kamu menambahkan madu sebagai pemanis alaminya. 

  4. Kacang-kacangan

    Ada alasan khusus mengapa mengonsumsi kacang-kacangan baik untuk kesehatan tubuh kamu. Ini karena kandungan fitosterol yang terdapat pada kacang yang berperan aktif untuk menghambat terjadinya penyerapan kolesterol jahat di dalam darah. Konsumsi kacang, terutama kacang kenari dan kacang almond bersamaan dengan menu sehat lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  5. Alpukat

    Selain pisang, ada lagi buah yang pas untuk kamu yang sedang ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yaitu alpukat. Buah satu ini sangat kaya akan kandungan serat dan lemak tak jenuh tunggal. Keduanya berperan aktif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah. Tentu saja, penurunan kolesterol ini akan diimbangi dengan penurunan berat badan. 

  6. Ikan yang Mengandung Lemak

    Jenis ikan makarel dan salmon mengandung asam omega-3 yang memang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Kandungan omega-3 inilah yang membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Bahkan, konsumsi ikan akan mencegah kamu dari risiko sindrom metabolik. Manfaat ini akan lebih maksimal lagi apabila kamu melakukan pengolahan yang tepat, yaitu dengan merebus atau mengukus, karena menggoreng ikan akan membuat kamu tetap rentan mengalami risiko penyakit jantung dan stroke.

  7. Makanan Kaya Serat

    Oatmeal memiliki kandungan serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Serat larut ini pun terkandung pada buah apel, pir, dan kacang merah. Kandungan ini membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Kamu pun disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan serat ini antara 5 hingga 10 gram. 


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan bantuan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan