Kesehatan

Ketahui 5 Jenis Penyakit Jantung yang Paling Sering Terjadi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jantung merupakan organ paling vital dalam tubuh manusia. Apabila jantung sampai berhenti berdenyut maka seseorang akan kehilangan kesempatan hidupnya. Kesehatan jantung bergantung pada aktivitas sehari-hari manusia lakukan. Apabila pola hidupnya tak sehat, kesehatan jantung seseorang menjadi terancam dan dapat terserang oleh penyakit.

 

5 Penyakit Jantung

Apa saja penyakit jantung yang paling sering terjadi dan perlu diwaspadai? Yuk, ketahui lima jenis penyakitnya di bawah ini.

  1. Penyakit Jantung Koroner

    jantung koronerJantung koroner atau penyakit arteri koroner merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan plak pada pembuluh darah arteri sehingga aliran darah menjadi tidak lancar atau tersumbat. Penyakit ini hanya bisa diobati dan tidak dapat disembuhkan. Saat kondisi sudah kronis, penyakit ini dapat bertahan selama bertahun-tahun atau seumur hidup.
    Jantung koroner biasanya disertai gejala angina atau nyeri pada dada, mual, keringat dingin, maupun sesak napas. Penumpukan plak umumnya sudah terjadi bahkan ketika usia masih muda. Namun, seiring bertambahnya usia, proses penumpukan plak makin gencar sehingga kebanyakan penderita jantung koroner adalah orang-orang dewasa maupun lanjut usia.

  2. Aritmia

    penyakit jantung aritmiaAritmia atau gangguan irama jantung merupakan penyakit saat detak jantung tak normal dan tak beraturan, baik terlalu cepat maupun terlalu lambat. Selain laju detak, penyakit ini ditandai dengan pusing, pingsan, sesak napas, cepat lelah, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut sangat umum sehingga Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti. Aritmia dapat disebabkan oleh pola hidup tak sehat, hipertensi, diabetes, gangguan elektrolit, dan gangguan tiroid.

  3. Penyakit Jantung Bawaan

    penyakit jantung bawaan pada bayiPenyakit yang disebut juga sebagai congenital heart disease ini terjadi karena kelainan struktur jantung yang dialami sejak lahir. Jenis penyakit ini mengganggu aliran darah dan dapat mengancam jiwa. Faktor-faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko penyakit ini, yaitu diabetes, genetika, alkohol, infeksi, flu, obat-obatan, dan merokok.butuh biaya pengobatan

  4. Penyakit Katup Jantung

    penyakit katup jantungPenyakit katup jantung umumnya diderita oleh wanita dibandingkan laki-laki. Beberapa orang terkena penyakit ini karena penyakit lain seperti tekanan darah tinggi atau infeksi. Namun, sebagian lagi telah terlahir bersama dengan penyakit ini. Penyakit ini bisa disebabkan oleh endokarditis, penumpukan kalsium pada katup, demam rematik, hingga penyakit ginjal.
    Untuk kasus ringan, penderita perlu memeriksakan diri secara rutin dan mengonsumsi obat sesuai petunjuk dokter. Sedangkan untuk kasus kronis, akan dilakukan tindakan balloon valvuloplasty. Umumnya orang dengan insufisiensi aorta yang membutuhkan tindakan tersebut.

  5. Gagal Jantung

    gagal jantungKondisi saat jantung tidak memompa darah secara normal disebut gagal jantung. Penyakit ini ditandai dengan sesak napas, pembengkakan pada pergelangan kaki dan tungkai, serta cepat merasa lelah. Gagal jantung dapat diobati dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, olahraga teratur, serta penggunaan obat sesuai anjuran dokter.
    Sangat perlu untuk menjaga agar berat badan tetap ideal, berhenti merokok, dan tidak minum minuman beralkohol. Gagal jantung berbahaya karena dapat membuat organ lain mengalami kegagalan fungsi, misalnya ginjal. Penyakit ini juga dapat memicu terjadinya aritmia.

Sekian informasi tentang macam-macam penyakit yang menyerang jantung beserta gejala dan faktor penyebabnya. Siapa pun dapat terserang penyakit tanpa disadari. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu dengan baik sehari-hari. Mulailah dengan makan makanan bernutrisi seimbang, istirahat yang cukup, serta rajin berolahraga.


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan sakit jantung dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.