Kesehatan

Bahaya Penyakit Kelenjar Getah Bening

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini banyak yang ketakutan ketika terdapat benjolan pada leher, takut jangan-jangan itu merupakan penyakit yang berbahaya seperti kanker. Padahal ada banyak penyebab selain kanker yang bahkan lebih sering terjadi, yaitu pembengkakan kelenjar getah bening akibat adanya infeksi.

Fokus pembahasan artikel ini adalah tentang pembengkakan kelenjar getah bening di leher, kami akan memberikan gambaran apa saja penyebabnya dan juga apakah itu berbahaya atau tidak.

Perlu diketahui bahwa kelenjar getah bening sebagai sistem limfatik yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh tersebar di seluruh tubuh, namun ada tempat-tempat tertentu yang lebih banyak memilikinya, salah satu yang terbanyak adalah kelenjar getah bening di leher. Normalnya ini tidak teraba karena berukuran kurang dari 1 cm (diameter), namun ketika ada penyakit, maka timbullah benjolan yang terlihat dari luar.

 

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Leher

Bahaya Penyakit Kelenjar Getah Bening

Karena setiap lokasi kelenjar getah bening (KGB) bertanggung jawab terhadap area tertentu pada tubuh (drainase limfatik), maka hal pertama yang harus kita cermati adalah terletak dimanakah pembengkakan kelenjar getah bening di leher itu, maka dari situ kita bisa menduga di mana sumber (penyebab) masalahnya.

Baca juga:
Waspada Kelenjar Getah Bening di Ketiak
Pengobatan Kanker Kelenjar Getah Bening

 

Infeksi Kronik pada Kelenjar Getah Bening

Bahaya Penyakit Kelenjar Getah Bening

Jenis infeksi kronik (sudah berlangsung lama) yang paling sering menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher adalah kuman Mycobacterium tuberculosa atau lebih sering dikenal dengan sebutan TBC kelenjar. Hal ini bisa terkait dengan TBC paru-paru ataupun tidak, namun ketika pasien minum obat TBC (OAT=Obat Anti TBC) maka kelenjar bisa mengempes secara perlahan.

 

Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher

Bahaya Penyakit Kelenjar Getah Bening

Pada kanker, kelenjar getah bening teraba keras dan sukar digerakkan dari jaringan sekitar. Kecepatan tumbuh bervariasi, namun umumnya tidak cepat, sehingga kerap kali luput dari perhatian tahu tahu sudah begitu besar dan stadiumnya lanjut. Pada stadium lanjut kelenjar makin besar dan inilah yang paling besar di antara yang lain bahkan juga dapat ditemukan pembengkakan kelenjar getah bening di tempat lain seperti ketiak dan lipat paha.

Dari kemungkinan-kemungkinan penyakit penyebab pembengkakan kelenjar getah bening di leher, bisa kita simpulkan bahwa ada penyakit yang ringan (mudah diobati) yang lebih sering, tapi ada juga penyakit yang sangat serius, contohnya kanker.

Sebagain besar pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan oleh penyakit yang tidak berbahaya, hanya disebabkan infeksi. Ketika infeksi diobati dengan tepat, maka seiring dengan sembuhnya penyakit kelenjar getah bening akan ikut kempes kembali normal.

Walau demikian, kita harus selalu waspada ketika ada benjolan di leher atau pembengkakan kelenjar getah bening di leher, maka sudah sepatutnya itu ditelusuri penyebabnya sampai dipastikan bahwa itu tidak berbahaya, kalaupun ada hal yang membahayakan agar segera ditangani sedini mungkin. Karena pada prinsipnya semakin cepat diobati akan semakin baik prognosisnya.

Ditulis Oleh: Yudo Laksono


Kamu juga bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons