Tips Galang Dana

Butuh Bantuan Pengobatan? Ini yang Bisa Kamu Lakukan

Biaya pengobatan di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tidak semua orang bisa membayar biaya pengobatan secara penuh tanpa bantuan dari pihak lain. Contohnya, orang-orang yang belum mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka dari itu, kesembuhan mereka menjadi terhambat karena terkendala biaya.

Tabungan yang dimiliki tidak cukup untuk membayar biaya pengobatan? Jika membutuhkan lebih banyak bantuan pengobatan, kamu bisa menggalang dana menggunakan beberapa cara di bawah ini.

 

Cara Mendapatkan Bantuan Pengobatan

bantuan kesehatan

  1. Meminta bantuan biaya pengobatan dari pemerintah

    Kabar baik bagi orang-orang kurang mampu yang membutuhkan biaya pengobatan. Pemerintah dapat memberikan bantuan, asalkan peminta sudah melalui prosedur yang ditentukan. Mintalah surat rekomendasi pemerintah melalui Dinas Sosial. Surat ini tak hanya menjamin pasien yang tengah dirawat, tetapi bisa digunakan untuk pendaftaran. Jangan lupa lengkapi berkas-berkas agar memenuhi syarat.

  2. Menyiapkan kotak amal di tempat-tempat umum

    Berikutnya adalah dengan menyediakan kotak amal di tempat-tempat umum. Cara yang satu ini memang terdengar klasik, tetapi masih efektif untuk pengumpulan dana pengobatan. Tempelkan foto dan keterangan pada kotak amal sehingga orang-orang paham dengan tujuanmu. Setelah itu, letakkan kotak tersebut di tempat-tempat seperti rumah ibadah, warung, atau pusat perbelanjaan. Jangan lupa minta izin kepada Dinas Sosial sebelum menaruh kotak amal.

  3. Menggalang dana di platform daring

    Ini adalah cara termudah untuk mendapatkan bantuan pengobatan. Penggalangan dana bisa dilakukan melalui situs Kitabisa. Platform ini membantu masyarakat menggalang dana untuk pelbagai hal yang mereka perjuangkan ataupun berdonasi untuk hal-hal yang ingin mereka bantu. Setidaknya, sebanyak 70 persen penggalangan dana di Kitabisa ditujukan untuk biaya pengobatan orang terdekat.

  4. Membuat kiriman di media sosial

    Kamu bisa mulai mengumpulkan dana dengan membuat kiriman di media sosial. Kiriman tersebut dapat berisi tulisan seputar latar belakang masalah yang sedang dihadapi oleh penderita penyakit. Lalu, sertakan media yang dapat menampung donasi dari orang lain. Misalnya, melalui transfer bank atau dompet online. Pastikan kamu menyertakan tautan ke halaman galang dana seperti Kitabisa agar orang-orang semakin yakin dengan usahamu.

Sekian cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bantuan biaya pengobatan. Dengan adanya tips di atas, setidaknya beban yang dialami dapat berkurang. Baik menggalang dana untuk diri sendiri maupun orang lain, kamu juga berperan mendorong masyarakat melakukan kebaikan. Terlebih, sistem transparansi yang ada di Kitabisa membuat semua pihak mendapatkan kemudahan dan kenyamanan.


Jika keluarga atau sahabat kamu sedang berjuang melawan penyakit dan membutuhkan biaya yang besar, kamu bisa bantu mereka dengan galang dana di Kitabisa. Untuk mulai galang dana, klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.