Bagaimana Cara Sedekah Subuh Dari Rumah?

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, semua aktivitas terasa lebih aman ketika kita lakukan dari rumah, termasuk bersedekah subuh.

Sebenarnya, cara sedekah subuh dari rumah sangat sederhana. Kamu bisa memulainya dengan menyisihkan sebagian uang jajan atau penghasilan untuk disedekahkan selepas salat subuh. 

Sedekah sendiri berasal dari kata “shadaqa” yang berarti jujur atau memberi dengan ikhlas. Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang gemar bersedekah sudah berlaku jujur dan merelakan sebagian hartanya digunakan di jalan Allah Swt. 

Meskipun sedekah dapat dilakukan setiap saat, sejumlah ulama menganjurkan untuk bersedekah di waktu subuh. 

Arti Sedekah Subuh 

Sedekah subuh dapat diartikan sebagai kegiatan berbagi dengan cara mengeluarkan harta, tenaga, atau pikiran setelah shalat subuh. Batas waktu pelaksanaan sedekah subuh sama dengan ibadah salat subuh, yakni saat matahari terbit. 

Apabila melewatkan waktu sedekah subuh, kamu masih bisa bersedekah di waktu lain. Nah, supaya tidak ketinggalan waktunya, ada cara sedekah subuh dari rumah yang bisa kamu ikuti, yaitu dengan memanfaatkan fitur pengingat donasi yang ada di aplikasi Kitabisa agar sedekah subuh bisa rutin dilakukan setiap hari.

sedekah di waktu subuh

Hadis riwayat Ahmad dan Muslim menerangkan bahwa orang pertama yang berhak menerima sedekah adalah diri sendiri. Baik makanan ataupun pakaian yang digunakan merupakan salah satu wujud sedekah untuk diri sendiri. 

Hadis tersebut mengingatkan bahwa sebelum berbagi, kamu harus memperhatikan kondisi diri sendiri lebih dulu. Ketika kamu mampu mencukupi kebutuhan diri, kamu dapat beribadah kepada Allah Swt dengan cara bersedekah.

Selain diri sendiri, keluarga menjadi golongan selanjutnya yang berhak menerima sedekah. 

Bahkan, bersedekah subuh pada keluarga merupakan nafkah wajib yang harus dipenuhi. Memberi nafkah pada pasangan, anak, atau orang tua akan membuka pintu rezeki yang lebih luas. 

Selain itu, sedekah subuh juga dapat kamu berikan pada kerabat dekat, tetangga, dan orang yang membutuhkan. 

Baca Juga: Apa Itu Sedekah Subuh dan Keutamaannya?

sedekah di aplikasi kitabisa

Ayat Tentang Keutamaan Sedekah Subuh 

Allah Swt memerintahkan hamba-Nya untuk bersedekah subuh bukan tanpa alasan. Di dalam sedekah terkandung pahala dan kebaikan lain. 

Ketika bersedekah, malaikat yang turun di waktu subuh akan turut mendoakan kamu.  Satu kali kamu bersedekah dengan niat tulus dan hanya karena Allah Swt, kamu akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda. 

Hal tersebut tertuang dalam surah Al-Hadid ayat 18 yang apabila ditafsirkan mengandung arti bahwa orang-orang yang menginfakkan hartanya secara ikhlas di jalan Allah Swt, niscaya mereka akan mendapatkan balasan kebaikan, pahala, dan tempat baik di sisi-Nya. 

Anjuran sedekah subuh juga tercantum dalam surah Al-Baqarah ayat 177. Ayat tersebut menerangkan bahwa kebaikan dengan memberi harta pada kerabat, orang kurang mampu, dan anak yatim sebaiknya dilakukan dalam kondisi sempit maupun lapang. 

Baca Juga: Syekh Ali Jaber: Kabulkan Hajat dengan Rutin Sedekah Subuh

sedekah di aplikasi kitabisa

Bacaan Sedekah Subuh 

Supaya sedekah subuh yang kamu lakukan membawa keberkahan bagi diri sendiri dan orang lain, pastikan untuk membaca niat dan doa terlebih dulu. 

“Nawaitu taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma’ala ikhwani wa shilaturrahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu‘alaihi wa sallama wa idkholas sururi‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.”

Artinya: “Aku niat sedekah untuk mendekatkan diri pada Allah Swt, menghindari murka, menghindari api neraka jahanam, berbelas kasih pada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang lemah, mengikuti Nabi Saw, memberikan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberi oleh-Nya, serta mengalahkan nafsu dan setan.”

Setelah membaca niat lakukan sedekah dan sempurnakan dengan doa, “Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim.”

Artinya: “Ya Allah Swt, terimalah amalan kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Baca Juga: Ini 5 Kebaikan dan Manfaat Sedekah Subuh

Cara Sedekah Subuh Dari Rumah

sedekah dari rumah

Kalau kamu ingin mulai merutinkan sedekah, cobalah cara sedekah subuh dari rumah berikut ini. 

  • Ke Masjid Setiap Subuh – niatkan bersedekah dari rumah ketika kamu menuju masjid atau musala terdekat untuk menunaikan ibadah salat subuh. Meskipun pada awalnya berat, lambat laun kamu akan terbiasa. 
  • Sediakan Celengan Khusus – kamu bisa membeli celengan plastik atau yang terbuat dari tanah liat untuk menyimpan uang sedekah subuh. Kamu juga bisa membuat celengan menggunakan kardus bekas. Uang yang terkumpul dapat kamu berikan langsung pada yang membutuhkan ataupun disalurkan melalui Kitabisa.
  • Pakai Fitur Pengingat – kalau sudah menginstal aplikasi Kitabisa, manfaatkan fitur pengingat supaya kamu tidak melewatkan sedekah subuh. 

Sedekah Subuh Lewat Aplikasi Kitabisa

Supaya ibadah sedekah subuhmu semakin mudah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Kitabisa. 

Sedekah untuk memberikan bantuan pengobatan, pembangunan masjid, sampai menolong hewan terlantar, semuanya bisa kamu lakukan lewat aplikasi Kitabisa.

Cuma Kitabisa yang bikin cara sedekah subuh dari rumah makin praktis. Yuk, perbanyak sedekah untuk bantu sesama via aplikasi Kitabisa!

sedekah di kitabisa