Syekh Ali Jaber: Kabulkan Hajat dengan Rutin Sedekah Subuh

Istilah sedekah subuh kian populer sejak Almarhum Syekh Ali Jaber menyebutnya sebagai salah satu amalan dengan banyak manfaat. Tak hanya bagi diri orang yang bersedekah, tetapi juga untuk kesejahteraan umat. Bahkan, dalam salah satu ceramahnya, beliau mengatakan bahwa ini bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk mempermudah terkabulnya segala hajat. 

Konon, di waktu subuh (fajar) inilah Allah menurunkan malaikat ke bumi, dan mereka akan mendoakan orang-orang yang ikhlas bersedekah. Atas dasar itulah, subuh dianggap sebagai waktu terbaik dan teristimewa untuk bersedekah. 

Tentang Sedekah Subuh

Secara harfiah, sedekah atau yang dalam bahasa Arab disebut ‘shadaqah’ berasal dari kata ‘sidiq (sidq)’ yang artinya kebenaran. Sedangkan secara definitif, jika mengacu pada peraturan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yaitu Nomor 2 Tahun 2016, sedekah diartikan sebagai kegiatan memberi sebagian dari kekayaan (baik harta maupun non-harta) oleh seseorang ataupun badan usaha yang dilakukan secara sukarela dan demi kemaslahatan umat. 

Di sini, perlu digarisbawahi bahwa sedekah tidak sama dengan zakat, baik secara hukum maupun nisab. Sedekah juga memiliki cakupan lebih luas karena tidak hanya berupa harta, tetapi juga segala amal dan perbuatan baik. Misalnya saja, senyum kita terhadap orang lain yang juga merupakan sedekah. 

Bentuk-bentuk sedekah nonharta ini telah dijelaskan dalam banyak hadis, salah satu di antaranya adalah yang diriwayatkan oleh Ahmad bin Hanbal. Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa di suatu waktu, Sahabat bertanya kepada Rasulullah terkait bagaimana cara orang yang kekurangan secara ekonomi bisa bersedekah. Kemudian, Rasulullah menjawab;

“Hendaklah ia berusaha dengan tenaganya hingga ia memperoleh keuntungan bagi dirinya, lalu ia bersedekah (dengannya).” Mereka bertanya lagi, “Jika ia tidak memperoleh sesuatu?” Jawab Rasulullah SAW, “Hendaklah ia menolong orang yang terdesak oleh kebutuhan dan yang mengharapkan bantuannya.” Mereka bertanya lagi, “Dan jika hal itu tidak juga dapat dilaksanakan?” Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah ia melakukan kebaikan dan menahan diri dari kejahatan, karena hal itu merupakan sedekahnya”. (HR Ahmad bin Hambal)

Dari hadis tersebut, bisa dipahami bahwa sedekah mencakup segala macam pemberian (harta atau nonharta) yang bertujuan untuk kemaslahatan atau kebaikan. Karenanya, tak heran jika sedekah menjadi salah satu amalan yang disukai Allah SWT. 

Pemberian atau sedekah itu sendiri tidak dibatasi oleh jumlah, mengingat sifatnya yang sukarela. Dari segi waktu pun, Anda bisa bersedekah kapan saja, entah itu pagi, siang, ataupun malam. Meski memang, terdapat sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa sedekah di waktu subuh (awal hari) menyimpan rahasia keistimewaan tersendiri. Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda;

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslin, dari Abu Hurairah).

Atas dasar hadis tersebut, Almarhum Syekh Ali Jaber juga selalu menyampaikan dalam ceramahnya bahwa meskipun sedekah bisa dilakukan setiap waktu atau kapan saja, tetapi sedekah subuhlah yang paling baik dan dahsyat kekuatannya hingga bisa menjadi salah satu amalan yang mempermudah terkabulnya segala hajat. 

Keutamaan dan Manfaat Sedekah Subuh

Prof. Quraish Shihab dalam buku Rahasia Waktu Fajar dan Subuh menjelaskan bahwa waktu ini terbilang cukup penting bagi umat Muslim. Dalam Alquran pun Allah SWT beberapa kali menyebut ‘demi waktu subuh/fajar’ pada beberapa firman-Nya. Ini seolah menegaskan, bahwa kaum muslimin memang seharusnya memperhatikan waktu di awal hari ini. Termasuk untuk sedekah subuh, berikut beberapa keutamaannya. 

1. Didoakan Malaikat

Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa ‘Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”  (HR. Bukhari & Muslim) 

Dari hadis tersebut bisa disimpulkan bahwa sedekah subuh memiliki keutamaan karena di waktu inilah kita berkesempatan untuk didoakan oleh malaikat. Termasuk juga melakukan berbagai amalan mulia lainnya, mengingat waktu ini yang sangat istimewa. 

2. Akan Dibalas dengan Kebaikan Berlipat

Dalam sebuah firman-Nya, Allah berjanji untuk mengganti setiap harta atau pemberian yang kamu keluarkan dengan kebaikan yang berlipat. Hal ini tertuang dalam Alquran Surah Al-Baqarah 261 yang menyebutkan bahwa;

perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui’. (QS. Al-Baqarah: 261) 

Setiap janji Allah adalah pasti. Jadi, tak ada salahnya jika kita mengawali hari dengan sedekah subuh agar nantinya dilimpahkan kebaikan dan rezeki di sepanjang hari. 

3. Dikabulkan Segala Doa atau Hajat

Siapapun pasti ingin doa dan segala hajatnya dikabulkan. Nah, salah satu tips yang bisa dicoba adalah dengan rutin melakukan sedekah subuh. Seperti yang selalu disampaikan oleh Almarhum Syekh Ali Jaber dalam setiap dakwahnya, yang senantiasa menekankan pada dahsyatnya sedekah subuh. Termasuk, sedekah yang bisa menjadi amalan untuk mempermudah dikabulkannya segala hajat. 

Menurut beliau, jika kita memiliki hajat, jangan lupa untuk menyertakan doa di setiap sedekah yang dikeluarkan. Sebutkan hajat yang spesifik, misalnya untuk memperoleh keturunan, pekerjaan, atau lainnya setiap kali akan bersedekah. Jika dilakukan dengan ikhlas, niscaya ini akan mempermudah segala urusan dan terkabulnya doa. 

Rasulullah pun menjamin hal tersebut, yang termaktub dalam salah satu hadis berikut;

‘Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Selain keutamaan-keutamaan tersebut, terdapat pula beberapa manfaat sedekah subuh, yaitu;

1. Membersihkan dan Menjadikan Harta Berkah

Sebagai umat Muslim kita wajib paham bahwa di setiap harta terdapat hak orang lain yang juga harus ditunaikan. Hal ini tertuang dalam firman Allah yang berbunyi, “bahwa dalam setiap harta terdapat hak orang lain (orang yang meminta-minta dan orang yang tidak meminta-minta).” (QS. Adz-Dzaariyat : 19)

Kita pun harus paham bahwa setiap apapun yang dimiliki, termasuk harta, akan diminta pertanggungjawabannya kelak di akhirat. Jadi, sudah sepatutnya kita berhati-hati dalam memperoleh sekaligus mempergunakan harta. Usahakan untuk senantiasa bersedekah agar harta menjadi lebih berkah. 

2. Membuka Pintu Rezeki

Satu hal penting yang perlu ditanamkan dalam diri bahwa sedekah tidak akan membuat harta berkurang. Yang ada justru sebaliknya, orang yang gemar bersedekah akan senantiasa mendapat limpahan rezeki, bahkan mungkin dari jalan yang tidak disangka. Hal ini sesuai dengan apa yang telah difirmankan Allah, yaitu “… Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Jadi, tak usah khawatir harta akan habis, karena dengan sedekah Allah akan semakin memudahkan rezeki dan segala urusan. 

3. Sebagai Penghapus Dosa

Tak hanya dengan bertaubat, dosa-dosa juga bisa terhapus karena rutin bersedekah. Hal ini mengacu pada salah satu hadis, yang berbunyi “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR. At-Tirmidzi)

Tak hanya itu, konon, dengan rutin bersedekah seseorang bisa terlindungi dari siksa api neraka. Sebagaimana yang dijelaskan dalam salah satu sabda Rasulullah, Halangilah api neraka, meski hanya dengan separuh kurma”.

4. Salah Satu Kunci Pintu Surga

Sebagaimana diketahui, surga terdiri dari beberapa pintu dan seseorang bisa masuk dari pintu amal yang paling sering dilakukannya. Jika seseorang tidak pernah lalai dalam mengerjakan shalat, dia akan dipanggil dari pintu shalat (Babush shalah). Begitupun jika dia gemar bersedekah, namanya juga akan dipanggil dari pintu khusus tersebut. Seperti yang dijelaskan dalam salah satu hadis berikut;

“Barangsiapa menyedekahkan dua pasang kuda fisabilillah, niscaya akan dipanggil di surga kelak; Wahai hamba Allah, inilah kebaikan. Jika ia ahli shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat. Jika ia ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika ia ahli sedekah ia akan dipanggil dari pintu sedekah. Dan jika termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu Ar- Rayyan”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Cara-Cara Pengaplikasian Sedekah Subuh 

Pada dasarnya, yang dimaksud sedekah subuh lebih merujuk pada waktu dilakukannya, yaitu ketika fajar atau tepat setelah adzan subuh hingga sebelum matahari terbit. Untuk cara pengaplikasiannya sendiri bisa bermacam-macam, yaitu;

Mengisi Kotak Amal di Masjid

Bagi mereka—khususnya kaum pria—yang shalat subuh di masjid, bisa langsung bersedekah dengan mengisi kotak amal yang tersedia. Sementara bagi kaum perempuan yang shalat subuh di rumah, bisa menitipkannya pada suami, saudara, anak, atau lainnya. Atau, jika tidak memungkinkan bisa menggunakan cara sedekah subuh yang lain. 

Membuat Celengan Khusus Sedekah Subuh

Sedekah subuh paling mudah yang bisa dilakukan dari rumah adalah dengan membuat celengan khusus. Buatlah celengan dan tuliskan ‘Sedekah Subuh’ beserta hajat yang diinginkan. Kemudian, letakkan celengan tersebut di tempat yang mudah dilihat agar kita tidak lupa untuk mengisinya setiap pagi. Setelah satu bulan, buka celengan dan hasilnya bisa disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan. 

Memberi Makanan 

Tak hanya dengan uang, kamu pun bisa bersedekah dengan makanan. Makanan bisa kamu berikan pada tetangga, pesantren, panti asuhan, atau lainnya tepat setelah subuh. 

Cara Transfer atau Dompet Digital

Di zaman yang serba mudah, kamu pun bisa bersedekah pada orang-orang yang berada nun jauh di sana. Caranya, bisa dengan transfer melalui M-Banking atau dengan dompet digital. Kamu bisa memberikan sedekah, entah bagi keluarga, orang tua, pondok pesantren, ataupun pihak-pihak lain yang memang membutuhkan. 

Berdzikir dan Melakukan Berbagai Perbuatan Baik

Selain sedekah harta, kamu juga bisa mengisi waktu subuh dengan berbagai perbuatan baik. Misalnya, dengan berdzikir, membaca Alquran, mengikuti kajian keagamaan, mengawali hari dengan senyum, dan masih banyak lagi. Perilaku baik tersebut juga merupakan sedekah nonharta, lo. 

Dengan Aplikasi Kitabisa

Bagi yang nggak ingin ribet, aplikasi Kitabisa cocok untuk membantumu menyukseskan program sedekah subuh. Cukup dengan menginstal aplikasi ini di smartphone, dan kamu pun telah bisa dengan mudah berdonasi di setiap waktu subuh. Tak perlu khawatir akan kebablasan atau lupa, karena aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur pengingat donasi. 

Kamu juga tak perlu bingung akan mendonasikannya ke mana, karena Kitabisa telah memiliki beberapa target untuk penyaluran dana sedekah subuh. Tak cukup sampai di situ, tersedia pula kolom khusus untuk doa-doa dari para donatur. Jadi, ketika bersedekah, jangan lupa untuk menuliskan doa-doa terbaikmu, ya. 

Setelah mengetahui cara-cara sedekah subuh, langkah selanjutnya adalah memantapkan niat. Bulatkan tekad untuk mengamalkan sedekah ini beserta hajat yang diinginkan. Seperti yang disarankan oleh Almarhum Syekh Ali Jaber untuk memfokuskan sedekah subuh pada satu hajat khusus. 

Misalnya, ketika akan bersedekah, niat dan berdoalah dengan khusyuk, seperti;

Ya Allah ya Rabbi… Dengan sedekah ini, hamba ingin segera memiliki keturunan, terbebas dari utang, lancarkan rezeki’, dan lainnya sesuai hajat masing-masing. Kemudian, sedekahkan uang yang telah disiapkan sebelumnya. 

Hal penting yang juga perlu diingat adalah tentang konsistensi atau ke-istiqomah-an. Artinya, setelah memutuskan untuk mengamalkan sedekah subuh, usahakan lakukan ini secara rutin dan jangan sampai putus di tengah jalan. Ingat, “amalan yang paling dicintai Allah Taala adalah amalan yang dilakukan secara terus menerus, meskipun itu jumlahnya sedikit. (HR. Muslim)

Ke Mana Sedekah Subuh Akan Diberikan

Bagi sebagian orang, menentukan target sedekah subuh bukanlah perkara mudah. Pasalnya, sedekah ini bersifat rutin yang harus setiap hari dilakukan. Adakalanya, seseorang tidak ingin sedekahnya hanya diberikan pada masjid terdekat saja, tetapi untuk diberikan pada pihak-pihak yang notabenenya lebih membutuhkan. Nah, daripada bingung, lebih baik kamu menggunakan aplikasi Kitabisa. Dengan aplikasi ini, kamu tak perlu repot memikirkan ke mana sedekah akan disalurkan, karena di sini telah tersedia beberapa target penyaluran dana tersebut. 

Secara umum, sebagai platform penggalangan dana secara online, Kitabisa akan menyalurkan dana sedekah pada beberapa kategori, seperti;

Pendidikan

Mencakup pendidikan di daerah terpencil, sekolah atau pondok pesantren yang tengah dibangun, serta yang masih kurang secara sarana dan prasarana. 

Yatim Piatu

Dana juga akan disalurkan pada panti asuhan yang tersebar di pelosok negeri, dan memang masih kekurangan. 

Aksi Sosial

Kamu juga bisa menyalurkan sedekah pada berbagai aksi sosial yang tengah digalang. Misalnya saja, aksi untuk membantu korban bencana. 

Kesehatan

Faktanya, ada banyak orang yang tengah mengalami masalah kesehatan, tetapi terkendala masalah dana. Melalui Kitabisa, kamu juga bisa membantu mereka yang tengah membutuhkan uluran tangan. 

Dhuafa

Kaum dhuafa juga termasuk pihak-pihak yang diprioritaskan untuk bisa menerima sedekah. Entah berupa makanan, sembako, atau uang. 

Waqaf

Kamu pun bisa menyalurkan dana untuk waqaf, yang pahalanya akan terus mengalir. Misalnya, waqaf alquran, masjid, sumur, atau yang lainnya. 

Itulah beberapa kategori yang bisa kamu pilih untuk menyalurkan dana sedekah subuh. Tak harus dengan nominal besar, karena kamu bisa bersedekah mulai dari Rp1.000. Yang terpenting adalah bagaimana kamu bisa istiqomah untuk terus beramal baik dan membantu sesama. Jadi, yuk, lakukan sedekah subuh dengan aplikasi Kitabisa secara rutin, dan rasakan kedahsyatannya. Semangat bersedekah, orang-orang baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *