Ciri Benjolan Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Meski dapat juga menjangkiti pasien pria, pada kenyataannya sebagian besar kasus yang mematikan kerap menyerang wanita, terutama mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Secara medis, semua pasien kanker payudara memiliki peluang untuk sembuh total. Akan tetapi, penting untuk dicatat bahwa hal tersebut hanya berlaku bagi penderita kanker stadium awal. Semakin tinggi stadium yang diderita, semakin kecil peluang untuk sembuh. Oleh sebab itu mendeteksi gejala kanker sejak dini sangat penting sebagai langkah pencegahan awal.

Salah satu ciri yang paling jelas dari keberadaan kanker payudara adalah munculnya benjolan di sekitar area payudara. Benjolan ini memiliki beberapa ciri yang sangat khas, yaitu:

 

  1. Bertekstur Padat dan Muncul secara Tiba-Tiba

Benjolan yang muncul sebagai tanda dari kanker payudara pada umumnya memiliki tekstur yang lebih padat daripada area di sekitarnya. Kamu dapat coba meraba perlahan benjolan tersebut. Apabila benjolan tidak kasat mata namun terasa keras saat ditekan atau diraba, maka ada kemungkinan bahwa hal tersebut merupakan ciri kanker stadium awal yang harus diwaspadai.

Baca juga:
5 Gejala Kanker Payudara Stadium 4 yang Wajib Mendapatkan Pertolongan Medis
FeMale Radio Bangun Warung Baru untuk Leni, Penderita Kanker Payudara

 

  1. Menyebabkan Area Kulit Menjadi Pucat

Ciri Benjolan Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

Di stadium tahap akhir, kanker akan membuat seluruh area payudara pucat dan berkerut laiknya kulit jeruk. Hal tersebut dapat dengan mudah dikenali karena tampak dengan jelas, namun pada tahap awal, gejala ini memang agak sulit dideteksi, terutama bagi kamu yang berkulit pucat.

Jika kamu merasa ada perubahan warna kulit di area sekitar benjolan, segeralah memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

 

  1. Tidak Selalu Menyebabkan Nyeri

Ciri Benjolan Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

Secara medis, tidak semua benjolan yang menjadi penanda awal kanker menyebabkan nyeri. Sebagian pasien bahkan tidak merasakan adanya rasa sakit atau timbulnya benjolan di sekitar area payudara.

  1. Keluar Cairan Seperti Darah dari Puting

Keluarnya cairan berwarna kemerahan atau cokelat seperti darah adalah salah satu pertanda kemunculan kanker payudara yang harus segera mendapatkan pertolongan medis. Apabila kamu menemukan bercak seperti darah pada bra yang kamu kenakan, bisa jadi hal itu merupakan salah satu tanda awal dari penyakit ini.

Selain mengeluarkan cairan, puting payudara yang terkena kanker biasnaya juga akan menjadi lebih sensitif dan mudah terluka. Kamu perlu segera memeriksakan diri apabila muncul luka secara tiba-tiba di area puting yang tidak kunjung sembuh.

Baca juga:
Kurangi Konsumsi 8 Makanan Penyebab Kanker Payudara
Kenal Lebih Dekat dengan Musuh Utama Wanita, Kanker Serviks!

 

  1. Tidak Kunjung Hilang dalam Hitungan Minggu

Ciri Benjolan Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

Pada beberapa wanita, benjolan di sekitar area payudara umum ditemukan saat sedang menstruasi atau menjelang masa menopause. Akan tetapi, benjolan tersebut biasanya akan hilang dalam hitungan minggu, bahkan hari.

Kamu patut curiga apabila benjolan yang ada di sekitar area payudara atau di bawah ketiak tidak kunjung hilang dan malah terasa membesar. Sebagaimana dikatakan di atas, tidak semua benjolan menimbulkan rasa nyeri. Oleh sebab itu jangan tunggu hingga rasa sakit datang untuk memeriksakan diri.

Sebagai penutup, memperbaiki kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi junk food, kurang beristirahat, dan meremehkan stres adalah hal yang wajib dilakukan demi mengurangi risiko terkena kanker secara signifikan.

Untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap para penderita penyakit kanker payudara yang kini semakin banyak, kamu bisa melakukan donasi secara bebas dan transparan melalui situs Kitabisa.

Seperti yang kita ketahui, pengobatan kanker memerlukan dana yang tidak sedikit. Karena itu uluran tanganmu sangat ditunggu dan dinantikan oleh mereka yang membutuhkan. Yuk menolong sesama!
banner_donasi_biaya_pengobatan