Pendidikan

Demi Terus Kuliah, Mahasiswa Asal Tasikmalaya Jadi Tukang Jahit

Reza adalah mahasiswa UIN Jakarta jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Datang jauh-jauh dari kampung halamannya di Tasikmalaya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Namun, untuk memenuhi biaya kuliahnya, banyak hal yang harus Reza lakukan dan perjuangkan.

 

Kisah Reza Memulai Perkuliahan

Reza sangat senang ketika di tahun 2016 mendapat kabar bahwa dirinya diterima di UIN Jakarta. Selain mendapat kampus impian, jurusan yang menerimanya juga merupakan bidang studi yang ia cita-citakan. Di balik kebahagiaan itu, Reza juga kebingungan untuk mendapatkan biaya daftar ulang. Hingga waktu terakhir pendaftaran ulang kurang dari 2 hari, Reza belum bisa melunasinya. Beruntung, ada salah satu saudara yang berbaik hati meminjamkan uang untuk membayar biaya daftar ulang kampusnya. 

Perjuangan Reza untuk bisa kuliah tidak berhenti sampai di situ. Semua berjalan baik dan lancar ketika perkuliahan dimulai. Namun setelah waktu semester berakhir, muncul keresahan Reza tentang biaya kuliah yang harus ia bayarkan setiap semester. Ia berusaha mencari pekerjaan sampingan agar bisa membayar biaya semester selanjutnya. 

Baca juga:
Bantu Hafiza, Anak Sopir Taksi untuk Melanjutkan Kuliah
Dukung Mahasiswa UNNES Lanjutkan Kuliah

 

Perjuangan Reza untuk Melunasi Tunggakan Kuliah

bantu mahasiswa kesulitan bayar kuliah

Saat semester 5, jadwal kuliah sangat padat dan membuat Reza terpaksa berhenti bekerja. Kebingungan kembali datang ketika akhir semester tiba karena ia belum memiliki uang untuk membayar semester berikutnya. Biaya kuliah Reza kemudian menjadi tunggakan dan diberikan denda karena melewati batas waktu pembayaran.

Keadaan ekonomi keluarga yang sulit tidak memungkinkan Reza untuk meminta biaya ke orang tuanya. Ia tidak ingin menambah beban orang tuanya. Reza sadar, orang tuanya sudah berusaha dan berjuang untuk memenuhi seluruh biaya hidupnya. Untuk melunasi semua tagihan biaya kuliah, Reza pulang ke Tasikmalaya dan menjadi buruh jahit. Setelah uang terkumpul, ia baru bisa membayar tunggakan dan denda semester sebelumnya.

 

Biaya Semester 7 yang Harus Dibayarkan

Di semester 7 ini, Reza kembali kesulitan membayar biaya perkuliahan karena hasil tabungan belum mencukupi. Kurang dari 10 hari, Reza sudah harus melunasi biayanya. Jika tidak, ia akan dikenakan denda lagi dan akan semakin menyulitkannya untuk melunasi keseluruhan biaya. 

Melalui program galang dana di BisaKuliah Kitabisa, Reza berharap dapat melunasi semua biaya semester sehingga bisa melanjutkan kuliahnya. BisaKuliah adalah gerakan yang dibuat oleh Kitabisa agar mahasiswa yang kesulitan membayarkan biaya kuliah mendapatkan bantuan dana. Karena Kitabisa percaya, pendidikan adalah kunci kemajuan bangsa. 


Kamu bisa bantu Reza melunasi biaya kuliahnya dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk donasi, klik gambar di “Donasi Sekarang“!

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

3 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago