Press Release

Gempa Halmahera Sebabkan Ribuan Warga Tinggal di Pengungsian

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Gempa berkekuatan 7,2 SR mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada hari Minggu (14/7/2019). Gempa yang terjadi pada sore hari ini berlangsung sekitar 2 hingga 5 detik.

 

Pada hari Minggu (14/7/2019), Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, dilanda gempa dengan kekuatan 7,2 SR. Gempa tersebut berpusat di 0,59 LS, 128, 06 BT atau 62 km TL Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, yang juga dirasakan hingga masyarakat di Kota Ternate. Hingga Senin (15/7/2019), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, terdapat kurang lebih 89 gempa susulan dengan magnitudo sebesar 3,1 SR hingga 5,8 SR.

View this post on Instagram

AYO BANTU KORBAN GEMPA MALUKU UTARA! . Gempa bermagnitudo 7.2 mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada Minggu (14/7) sore. @infobmkg mencatat, hingga Senin (15/7) pukul 05.00 WIB, terdapat 89 gempa susulan dengan magnitudo terbesar 5.8. . Akibatnya, dua orang warga meninggal dunia. Ratusan rumah ikut roboh yang mengakibatkan 1.104 warga terpaksa tinggal di pengungsian. . Warga Halmahera Selatan sangat butuh bantuan kita. Mari berdonasi korban gempa Maluku Utara dengan cara, klik: kitabisa.com/gempahalmahera (link di bio). . Tak hanya bantuan materi, warga Halmahera Selatan juga butuh dukungan moral dari kita. Mari kita beri dukungan dengan cara, ketik: "#PrayForMaluku" di kolom komentar! . Satu komentarmu menjadi bukti kalau kita semua siap bahu membahu membantu warga Halmahera Selatan. . #gempahalmahera #gempabumi #kitabisa #orangbaik

A post shared by Kitabisa (@kitabisacom) on

Gempa menyebabkan 2 orang warga tewas dan lebih dari ribuan warga tinggal di pengungsian. Selain itu, ratusan rumah warga juga mengalami kerusakan berat. Dampak kerusakan tersebut terjadi di beberapa lokasi,  antara lain di Kecamatan Gane Barat Utara, Timur Selatan, Gane Timur Tengah, Gane Dalam, Gane Barat Selatan, Gane Timur, serta Halmahera Selatan.

 

Bantuan untuk Korban Gempa

 Gempa Halmahera Sebabkan Ribuan Warga Tinggal di Pengungsian
Sumber: Kompas.com

Warga terdampak bencana terpaksa untuk tinggal di tenda-tenda pengungsian. Berbagai kebutuhan mendesak diperlukan oleh mereka diantaranya makanan siap saji, selimut, terpal, peralatan balita, peralatan sekolah, serta obat-obatan. 

Warga Halmahera sangat membutuhkan bantuan kita semua. Kamu dapat membantu warga terdampak bencana gempa Halmahera dengan cara berdonasi di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

gempa halmahera

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons