Gempa Halmahera Sebabkan Ribuan Warga Tinggal di Pengungsian

Gempa berkekuatan 7,2 SR mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada hari Minggu (14/7/2019). Gempa yang terjadi pada sore hari ini berlangsung sekitar 2 hingga 5 detik.

 

Pada hari Minggu (14/7/2019), Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, dilanda gempa dengan kekuatan 7,2 SR. Gempa tersebut berpusat di 0,59 LS, 128, 06 BT atau 62 km TL Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, yang juga dirasakan hingga masyarakat di Kota Ternate. Hingga Senin (15/7/2019), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, terdapat kurang lebih 89 gempa susulan dengan magnitudo sebesar 3,1 SR hingga 5,8 SR.

Gempa menyebabkan 2 orang warga tewas dan lebih dari ribuan warga tinggal di pengungsian. Selain itu, ratusan rumah warga juga mengalami kerusakan berat. Dampak kerusakan tersebut terjadi di beberapa lokasi,  antara lain di Kecamatan Gane Barat Utara, Timur Selatan, Gane Timur Tengah, Gane Dalam, Gane Barat Selatan, Gane Timur, serta Halmahera Selatan.

 

Bantuan untuk Korban Gempa

 Gempa Halmahera Sebabkan Ribuan Warga Tinggal di Pengungsian
Sumber: Kompas.com

Warga terdampak bencana terpaksa untuk tinggal di tenda-tenda pengungsian. Berbagai kebutuhan mendesak diperlukan oleh mereka diantaranya makanan siap saji, selimut, terpal, peralatan balita, peralatan sekolah, serta obat-obatan. 

Warga Halmahera sangat membutuhkan bantuan kita semua. Kamu dapat membantu warga terdampak bencana gempa Halmahera dengan cara berdonasi di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

gempa halmahera