Hikmah di Balik Menunaikan Zakat Fitrah

Tidak terasa, sebentar lagi bulan suci Ramadhan kembali menyapa dengan membawa keberkahan yang tiada duanya. Sudah pasti, inilah ajang untuk kamu berlomba-lomba mencari pahala, ketika dosa banyak diampuni, ketika pintu surga terbuka, dan ketika amal soleh begitu mudah dilakukan. 

Puasa satu bulan penuh menjadi ciri khas bulan Ramadhan, dibarengi dengan kewajiban lain yang tidak boleh kamu lupakan, membayar zakat fitrah. Amalan wajib ini dikeluarkan pada awal bulan Syawal, tetapi Mazhab Syafi’i membolehkan menunaikan zakat pada awal bulan suci Ramadhan. 

Sebenarnya, zakat fitrah sendiri dikeluarkan sebagai penutup dan penyempurna ibadah puasa yang kamu tunaikan di bulan Ramadhan. Biasanya, zakat ini dibayarkan dengan bahan makanan pokok, seperti beras atau gandum. Namun, Mazhab Hanafi membolehkan zakat diberikan dengan nominal uang. 

 

Hikmah Zakat Fitrah

Sederhananya, zakat fitrah ditunaikan mulai awal bulan Ramadhan sampai menjelang salat Id, dengan besaran tertentu dan ditujukan untuk golongan tertentu. Jangan pernah menunda, ya, karena Rasulullah SAW pun berpesan untuk segera menunaikan zakat apabila telah masuk waktunya. 

Sebenarnya, zakat fitrah bukan hanya sekadar kewajiban, lho! Ada banyak hikmah zakat fitrah yang bisa kamu dapatkan, berikut beberapa di antaranya:

  • Sebagai Penghapus Dosa

    Tahukah kamu bahwa zakat fitrah yang kamu tunaikan bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menghapus dosa kecil? Seperti firman Allah SWT dalam Surat Hud ayat 114, “Zakat fitrah merupakan salah satu bentuk kebaikan yang dapat menghapus dosa. Sungguh, kebaikan itu dapat menghilangkan keburukan.”

  • Pelindung Hari Akhir

    Padang Mahsyar menjadi tempat berkumpulnya seluruh manusia setelah kematian. Di sinilah amalan kamu akan menjadi peneduh dan pelindung dari panas api neraka yang sangat menyakitkan. Salah satu amalan yang bisa menjadi pelindungmu nanti di hari akhir adalah zakat fitrah.
    Seperti Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari, “Salah satu dari tujuh jenis orang yang akan berada di bawah teduh Allah SWT pada saat hari kebangkitan adalah orang-orang yang beramal dan menyembunyikannya sedemikian rupa, sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diberikan oleh tangan kanannya.”

  • Hikmah Zakat Menambah Rezeki

    Siapa bilang harta menjadi berkurang karena kamu berzakat? Inilah salah satu hikmah zakat fitrah yang paling mulia, karena tidak hanya menyucikan hartamu, tetapi Allah SWT pun menjanjikan balasan berlipat untuk semua hamba-Nya yang berzakat atau mengamalkan hartanya. Seperti salah satu Hadis Rasulullah SWT, “Kekayaan tidak akan pernah berkurang hanya karena amal.”

  • Membantu Meringankan Beban Hidup Orang Lain

    Zakat diberikan untuk beberapa orang tertentu, termasuk fakir, miskin, hingga hamba sahaya. Semuanya adalah saudara seiman, yang sudah seharusnya menjadi sebuah keluarga besar. Jadi, bantulah jika mereka menemui kesulitan, salah satunya meringankan beban hidup dengan memberikan sebagian harta, bisa dalam bentuk zakat atau sedekah. Seperti firman Allah SWT dalam Surat Al-Qasas ayat 77, “Dan berbuat baiklah (kepada orang lain), sebagaimana Allah SWT telah berbuat baik kepadamu.”

  • Mengajarkan Kerendahan Hati

    Meski wajib dilakukan oleh semua umat muslim, zakat tidak harus kamu lakukan secara terang-terangan. Ini hanya akan membuat kamu riya dan tinggi hati, dua sifat yang sangat dibenci Allah SWT.  Tetaplah melakukan amalan secara sembunyi-sembunyi, seperti Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban, “Amal yang diberikan secara rahasia dapat memadamkan kemurkaan Allah SWT.”

Itu tadi beberapa hikmah zakat fitrah yang bisa kamu rasakan, meski kamu menunaikannya hanya ketika bulan Ramadhan datang. Selain di masjid terdekat, kamu bisa menyalurkan zakat fitrah melalui Kitabisa.


Tunaikan zakat secara mudah dan cepat lewat Kitabisa. Nantinya zakat darimu akan disalurkan ke saudara-saudara kita yang membutuhkan.

bayar zakat online