Hukum Memberikan Sedekah Subuh untuk Orang Tua Sendiri Dalam Islam

Saat melakukan sedekah subuh, banyak orang yang mempertimbangkan untuk memberikannya kepada orang tua. Alasannya, karena sedekah kepada orang tua bisa dilakukan secara praktis dan mudah. Namun, bolehkah sedekah subuh diberikan kepada orang tua sendiri? 

Jawaban atas pertanyaan tersebut sangat sederhana, yakni boleh. Bahkan, pada kasus tertentu, kamu memiliki kewajiban untuk memberikan sedekah kepada orang tua. Kewajiban tersebut pun berlaku tidak hanya ketika kamu masih berstatus lajang, tetapi juga setelah menikah. 

Memilih orang tua sebagai penerima sedekah subuh bersifat wajib ketika mereka berada dalam kondisi miskin. Keadaan tersebut bisa terjadi ketika orang tua sudah berusia lanjut dan tidak mampu bekerja. Alhasil, mereka tidak memiliki penghasilan dan bahkan terlilit banyak utang. 

Oleh karena itu, para ulama berpendapat bahwa bersedekah kepada orang tua sendiri yang miskin hukumnya wajib. Bahkan, hadits riwayat Tirmidzi mengungkapkan, “Sesungguhnya kamu dan hartamu adalah milik orang tuamu. Dan anak-anakmu adalah bagian dari penghasilanmu yang baik, maka makanlah dari penghasilan anak-anakmu.”

Keutamaan Sedekah Subuh untuk Orang Tua Sendiri 

Memilih orang tua sendiri sebagai penerima sedekah subuh tidak hanya jadi kewajiban sebagai seorang anak. Sedekah kepada orang tua juga memiliki 3 keutamaan dibandingkan ketika memberikannya kepada orang lain, di antaranya: 

1. Wujud Birrul Walidain

Sedekah subuh kepada orang tua sendiri menjadi salah satu wujud birrul walidain atau tanda bakti sebagai anak. Islam mengajarkan kepada setiap muslim untuk selalu berbakti kepada orang tua. Bahkan, Allah SWT dalam Alquran Surat An-Nisa ayat 36 mengatakan: 

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua”.

Seorang muslim yang berbakti kepada orang tua akan memperoleh banyak manfaat. Dalam sebuah hadits, Rasulullah mengatakan kalau bakti kepada orang tua lebih utama dibandingkan jihad. Selain itu, kamu juga akan menjadi sosok yang dicintai Allah dan akan selalu memperoleh ridho-Nya.

2. Menjalin Silaturahim Sekaligus Memperoleh Pahala Sedekah

Sedekah merupakan ibadah yang memiliki kedudukan istimewa. Oleh karena itu, seorang muslim yang melakukannya akan memperoleh pahala besar. Bahkan, dalam sebuah riwayat hadits disebutkan, pelaku sedekah subuh akan didoakan secara khusus oleh malaikat yang turun ke bumi. 

Keistimewaan berupa pahala besar dari sedekah, bisa kamu peroleh secara berlipat ganda ketika memilih orang tua sebagai penerima sedekah subuh. Sedekah kepada orang tua tidak hanya membuat kamu memperoleh pahala sedekah, tetapi juga mendapatkan pahala silaturahim. 

Imam Nawawi dalam Al-Majmu’ Syarah Al Muhadzab menyebutkan kalau para ulama telah sepakat bahwa sedekah kepada sanak kerabat punya keutamaan dibandingkan sedekah yang ditujukan untuk orang lain. Apalagi, kalau sedekah itu ditujukan untuk orang tua sendiri. 

Hadits Rasulullah yang berbunyi: 

اَلصَّدَقَةُ عَلَى الْمِسْكِيْنِ صَدَقَةٌ وَ هِيَ عَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ : صَدَقَةٌ وَ صِلَةٌ

Artinya: Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan (sedekah) kepada kerabat ada dua (kebaikan): sedekah dan silaturrahim. (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah, dan Hakim).

Sampai di sini, kamu jadi tahu kalau sedekah subuh untuk orang tua sendiri bisa berhukum sunah dan bahkan wajib. Oleh karena itu, kamu perlu mengutamakannya dan menyisihkan sebagian uang untuk diberikan kepada mereka. 

Meski begitu, jangan sampai aktivitas sedekah subuh untuk orang tua sendiri menghambat kegiatan kamu dalam berbagi dengan orang lain. Apalagi, banyak orang lain yang memerlukan uluran bantuan dan sedekah dari kamu. 

Sedekah beda dengan zakat. Kamu bisa melakukan sedekah dengan nominal berapa saja. Apalagi, saat ini ada solusi melakukan sedekah subuh dengan mudah dan praktis lewat Aplikasi Kitabisa. Kamu tinggal melakukan donasi dan Kitabisa akan menyalurkannya kepada penerima sedekah subuh yang berhak. 

Lebih lanjut, sedekah subuh melalui Aplikasi Kitabisa tidak akan memberatkan kondisi keuangan kamu. Kamu bisa melakukan sedekah dengan jumlah yang kecil sekalipun. Apalagi, Aplikasi Kitabisa menyediakan pilihan bagi para penggunanya untuk bersedekah dengan nominal mulai dari Rp1.000.Yuk, download Aplikasi Kitabisa dan mulai bersedekah subuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *