Pendidikan

Jenis-jenis Perguruan Tinggi yang Ada di Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Perlu diketahui bahwa perguruan tinggi tidak hanya sebatas universitas atau sekolah tinggi. Saat ini, terdapat beberapa macam perguruan tinggi dengan jenis bidang keilmuan yang juga beragam. Di Indonesia sendiri dibagi berdasarkan 2 hal, yaitu sistem pendidikannya dan pengelolanya.

Apa saja jenis-jenis perguruan tinggi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

 

5 Jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Sistem Pendidikannya

  1. Universitas

    universitas di indonesiaKamu pasti sudah tidak asing lagi istilah universitas. Universitas adalah perguruan tinggi yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu mulai dari ilmu pasti (eksakta), ilmu budaya (humaniora), seni, hingga agama. Umumnya, berbagai ilmu disiplin tersebut dikelompokkan menjadi fakultas-fakultas tertentu yang di dalamnya terdapat jurusan atau program kuliah yang lebih khusus. Fakultas menggolongkan program studi atau jurusannya berdasarkan rumpun ilmu yang sama.
    Jenjang pendidikan yang diselenggarakan pada universitas juga beragam, mulai dari diploma, Sarjana atau Strata 1 (S1), Pascasarjana atau Strata 2  (S2), hingga Doktor atau Strata 3 (S3).

     

  2. Institut

    daftar institut di indonesiaJenis ini khusus menyelenggarakan program ilmu sejenis, sehingga tidak bermacam-macam seperti yang ada di universitas. Jurusan yang terdapat dalam institut berasal dari rumpun ilmu tertentu yang kemudian dikelompokkan ke dalam fakultas-fakultas khusus. Contohnya adalah Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang memiliki fakultas serta jurusan yang berhubungan dengan kesenian. Di institut ini, kamu hanya akan menemukan fakultas Seni dan Desain, Fakultas Pertunjukkan, serta Fakultas Film dan Televisi.

     

  3. Sekolah Tinggi

    sekolah tinggi adalahSeperti halnya universitas dan institut, Sekolah Tinggi menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi, dan juga profesi. Perbedaan jenis ini dengan yang lainnya terletak pada satu rumpun ilmu pengetahuan yang dimiliki. Sekolah tinggi hanya menyelenggarakan satu bidang atau program studi. Dengan kata lain, satu kampus sekolah tinggi sama halnya dengan satu fakultas. Contohnya adalah Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang hanya memiliki 3 jurusan yaitu Jurusan Hospitaliti, Jurusan Kepariwisataan dan Jurusan Perjalanan.

     

  4. Akademi

    akademi adalahJenis ini menyelenggarakan pendidikan terapan dalam cabang atau sebagian cabang ilmu tertentu. Meskipun memiliki bidang ilmu yang lebih sedikit dibanding jenis sebelumnya, namun akademi memberikan porsi keterampilan lebih banyak dibandingkan teorinya.

     

  5. Politeknik

    politeknik adalahPerguruan tinggi jenis ini serupa dengan jenis akademi yang mengedepankan sistem pendidikan praktis daripada teoritis. Bedanya, politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dan pendidikan profesi dalam berbagai bidang pengetahuan khusus. Politeknik tidak menyelenggarakan program akademik atau sarjana berkelanjutan karena cenderung bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga yang siap bekerja sesuai dengan keterampilan atau bidang yang diambil. 

bantu kuliah

 

3 Jenis Perguruan Tinggi Berdasarkan Pengelolanya

PTN dan PTS

Selain bidang ilmu, perguruan tinggi juga dibagi berdasarkan pengelolanya. Berikut ini adalah 3 jenis berdasarkan pengelolaannya:

  1. Negeri

    Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah jenis yang dimiliki oleh pemerintah, contohnya adalah UGM, UNY, dsb.

  2. Swasta

    Perguruan Tinggi Swasta (PTS) adalah jenis yang dimiliki oleh yayasan atau lembaga, seperti UII, UMY, dsb.

  3. Kedinasan

    Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) adalah jenis yang dimiliki oleh lembaga pemerintah atau swasta yang ketika mahasiswa telah lulus diwajibkan untuk masuk pada suatu lembaga yang berkaitan.

Demikian jenis-jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pada dasarnya kelima bentuk di atas berbeda atas dasar jumlah program studi yang tersedia, jenjang strata, serta tujuan diselenggarakannya.


Banyak mahasiswa yang terpaksa berhenti kuliah karena kesulitan membayar biaya kuliah Kamu bisa bantu mereka yang kesulitan membayar biaya kuliah dengan cara donasi di Kitabisa. Untuk bantu mereka, klik gambar di bawah ini!

banner_bisakuliah

Comments are closed.