Ketahui Cara Pencegahan Tumor Ganas Berikut Ini!

Tidak ada seorang pun yang ingin didera penyakit. Pasalnya, tubuh yang sakit akan menjadi penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas. Bukan hanya rugi waktu, diperlukan juga biaya yang besar untuk menyembuhkan tubuh supaya pulih kembali. Oleh karena itu, merawat diri supaya tetap sehat merupakan hal yang sangat penting.

Akan tetapi, penyakit bisa datang begitu saja tanpa diduga dan diharapkan. Salah satu penyebab penyakit mematikan adalah tumor ganas yang tumbuh dan berkembang di dalam tubuh. Tumor ganas adalah pertumbuhan jaringan sel abnormal yang dapat menyebabkan gangguan pada salah satu atau beberapa fungsi tubuh.

 

Penyebab Tumor Ganas

penyebab tumor ganas

Tumor bisa dideteksi dari munculnya benjolan yang terlihat kasatmata. Namun, tumor juga dapat tumbuh di bagian dalam tubuh dan hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan dokter. Gejala yang muncul akibat tumor cukup bervariasi, tergantung pada bagian tubuh yang mengalaminya.

Pada umumnya, perkembangan tumor disertai demam, lemas, tidak bernafsu makan, nyeri pada bagian dada, berkeringat pada malam hari, perubahan warna kulit, serta penurunan berat badan. Jika kamu mengalami hal ini tanpa sebab yang jelas, sebaiknya periksakan diri segera ke dokter.

butuh biaya pengobatan

Penyebab tumor ganas hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu serta memperbesar kemungkinan berkembangnya sel abnormal ini.

  • Kebiasaan merokok

    Asap rokok dapat menyebabkan timbulnya perkembangan sel abnormal pada bagian payudara, prostat, atau serviks. Pasalnya, di asap rokok terkandung banyak zat karsinogenik yang menyebabkan kanker. Akibat paparan zat-zat tersebut, sel tubuh mengalami mutasi gen yang berakhir menjadi tumor ganas.

  • Mengonsumsi minuman beralkohol

    Minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko perkembangan tumor ganas di dalam tubuh. Minuman ini mengandung zat karsinogenik yang dapat memicu tumor ganas di bagian rongga mulut, kerongkongan, hati, dan payudara. Ada beberapa sifat alkohol yang dapat berakibat buruk pada tubuh, yaitu merupakan radikal bebas yang merusak DNA dan protein, bersifat karsinogenik, dan mengganggu kemampuan tubuh menyerap nutrisi.

  • Paparan radiasi dan bahan kimia

    Radiasi yang mengenai bagian tubuh secara terus-menerus dapat menjadi faktor pemicu berkembangnya tumor ganas. Selain itu, bahan kimia seperti arsen atau asbes, juga dapat menyebabkan dampak buruk pada sel tubuh.

Baca juga:
Perbedaan Tumor Ganas dan Tumor Jinak
Mengenal Tumor Otak, Penyebab dan Dampaknya

 

Cara Mencegah Tumor Ganas

pencegahan tumor ganas

Pengobatan tumor ganas terbilang masih sulit. Penyakit ini bahkan memiliki risiko kematian yang tergolong tinggi. Karena itu, mencegah tubuh supaya tidak mengalaminya adalah langkah yang paling bijak. Berdasarkan faktor pemicunya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Memiliki pola hidup yang sehat. Sebenarnya, caranya sederhana dan mudah dipraktikkan. Pertama, aktiflah bergerak sepanjang hari. Memiliki waktu khusus untuk berolahraga amat penting. Kedua, jagalah pola makan, jangan sampai berlebihan atau kekurangan. Ketiga, beristirahat pada waktu yang tepat dengan porsi yang cukup.
  • Hindari kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, atau terpapar zat kimia dan radiasi. Ingatlah bahwa kebiasaan tersebut dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada jaringan sel normal sehingga menjadi tumor ganas.
  • Hindari mengonsumsi obat-obatan imunosupresif, terutama setelah menjalani transplantasi organ.

Nah, inilah beberapa hal yang bisa dilakukan guna mencegah timbulnya tumor ganas pada tubuh. Dengan mengetahui hal ini sejak awal, kamu dapat lebih waspada dan terhindar dari penyakit mematikan. Tumor ganas adalah salah satu penyebab kematian utama saat ini.


Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan tumor ganas dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

banner_donasi_biaya_pengobatan