Kesehatan

Ketahui Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kanker payudara adalah penyakit yang paling ditakuti, khususnya bagi wanita. Untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut, di bawah ini adalah gejala dari penyakit kanker payudara.

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang mematikan, terutama bagi kaum wanita. Banyak pengidap penyakit kanker payudara abai terhadap ciri-cirinya. Keabaian itu lumrahnya dikarenakan ketidaktahuan akan ciri-ciri kanker payudara. Untuk itulah, pengetahuan akan ciri-ciri kanker payudara sangatlah penting.

Kiranya, setiap wanita perlu mengetahui ciri-ciri kanker payudara agar dapat mendeteksi penyakit ini lebih dini. Selain kaum wanita, pria pun harus tahu ciri-ciri kanker payudara. Sebab, pria juga memiliki kemungkinan terjangkiti penyakit kanker payudara.

 

Penyebab Kanker Payudara

Ketahui Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh tumor ganas di jaringan payudara. Tumor tersebut merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang pesat ke jaringan di sekitarnya atau menyebar ke berbagai bagian tubuh.

Hingga kini, para ahli belum bisa menetapkan secara pasti penyebab utama munculnya sel-sel kanker payudara itu. Meski demikian, para ahli meyakini bahwa penyebab kanker payudara karena  sel‐sel payudara berkembang secara abnormal dan membentuk sebuah benjolan di payudara.

Para dokter ahli kanker pun memperkirakan bahwa sekitar 5‐10 persen penyebab kanker payudara berhubungan dengan mutasi gen 1 (BRCA1) dan gen 2 (BRCA2) yang diturunkan di keluarga. Bagi yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker payudara, baiknya menerapkan pola hidup sehat agar tidak terkena penyakit tersebut. Bila diperlukan, sering-seringlah melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter secara rutin.

Penyakit kanker payudara ini terjadi hampir selalu pada wanita. Kanker tersebut terjadi pada 1 dari 8 wanita di dunia. Artinya, wanita sangat rentan terkena kanker payudara. Namun, tidak menutup kemungkinan pria juga bisa terkena kanker payudara.

Baca juga:
Kurangi Konsumsi 8 Makanan Penyebab Kanker Payudara
5 Gejala Kanker Payudara Stadium 4 yang Wajib Mendapatkan Pertolongan Medis

 

 

Ciri-Ciri Kanker Payudara

Ketahui Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Untuk dapat mengatasi kanker payudara, ada beberapa ciri-ciri yang bisa diperhatikan. Ciri-ciri kanker payudara paling khas ialah munculnya benjolan di payudara. Tanda tersebut tentunya memiliki perbedaan dengan benjolan pada tubuh manusia secara umum.

  1. Benjolan yang merupakan ciri-ciri kanker payudara ialah bertekstur keras dengan batas yang tidak jelas dan permukaan tidak rata. Benjolan itu menetap pada 8 hingga 10 hari usai masa menstruasi.  Bila benjolan ciri-ciri kanker payudara itu muncul dekat dengan puting susu maka akan membuat puting susu terlihat tertarik ke dalam dan agak susah digerakkan.
  2. Ciri-ciri kanker payudara kedua ialah terjadi perubahan pada payudara. Perubahan itu meliputi perubahan ukuran, bentuk, atau tampilan fisik pada payudara.
  3. Lalu, ciri-ciri kanker payudara selanjutnya ialah adanya rasa sakit yang tak kunjung berhenti di bagian payudara. Bagi wanita yang biasa merasakan rasa sakit di payudara saat masa menstruasi, maka rasa sakit yang menunjukkan ciri-ciri kanker payudara tidak akan berhenti seusai masa menstruasi selesai. Rasa sakit itu akan berlanjut yang tentunya sedikit banyaknya mengganggu aktifitas.

  1. Ciri keempat ialah puting susu mengeluarkan cairan bening. Terkadang, cairan itu berwarna cokelat atau kuning.
  2. Ciri-ciri kanker payudara kelima ialah bengkak di sekitar ketiak. Bengkak tersebut disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening di daerah tersebut.
  3. Kemudian, ciri keenam ialah pembuluh vena dapat terlihat pada payudara. Kanker payudara akan membuat urat-urat di bagian payudara terlihat dengan jelas.
  4. Dan, ciri ketujuh, ialah mulai tampak kelainan pada kulit payudara. Ciri ini akan tampak pada penderita kanker payudara stadium lanjut. Kelainan pada kulit payudara itu meliputi bentuknya berubah menjadi seperti kulit jeruk atau menjadi kemerahan, atau terkadang kulit jadi mencekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan.

Apabila mendapati dua atau beberapa ciri-ciri kanker payudara tersebut, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, penyakit kanker payudara ini dapat diatasi secara cepat.

 

Perlu Penangan Cepat dan Tepat Setelah Mengkonsultasikan Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Sudah Tampak

Ketahui Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Ketika sudah berkonsultasi dengan dokter mengenai beberapa ciri-ciri kanker payudara yang telah tampak pada tubuh, maka harus segera bergerak cepat untuk mengobatinya. Sebab, bila sudah pada stadium lanjut, penyakit ini sulit untuk disembuhkan.

Tak hanya itu, bila dibiarkan berlarut-larut, kanker payudara dapat menyebar dengan cepat dan merusak sel-sel di bagian tubuh lainnya. Salah satu kasus kanker payudara yang sudah menyebar dan merusak sel-sel tubuh lainnya dialami oleh tante dari Andreas Bayu Darmawan, Ibu Rita Roselani.

Ibu Rita menderita kanker payudara sejak September 2016. Kini, penyakit tersebut sudah menyebar hingga paru-paru dan tulang belakang. Hal itu menyebabkan Ibu Rita harus menjalani berbagai tindakan medis. Mulai dari tindakan radiasi, kemotherapi untuk kanker payudara, dan terakhir harus kemotherapi untuk paru-paru sebanyak 13 kali.

Hingga kini, Ibu Rita masih berjuang melawan penyakit kanker payudaranya. Sudah jutaan rupiah ia keluarkan untuk melawan penyakit tersebut.

Ditulis Oleh: Muhammad Khairil Haesy


Selain Ibu Rita, masih banyak penderita penyakit berbahaya seperti kanker payudara ini. Kamu bisa membantu para pejuang kanker itu dengan memberikan donasi di sini. Kamu juga bisa berdonasi di Kitabisa untuk bantu mereka yang membutuhkan bantuan biaya perawatan menggunakan Aplikasi Kitabisa. Dengan Aplikasi Kitabisa, kamu bisa berbagi dimanapun dan kapanpun. Yuk, download Aplikasi Kitabisa dan kamu dapat berbagi kebaikan mulai dari Rp 1000!

Atau kamu bisa klik gambar di bawah ini untuk langsung berdonasi di kitabisa.com!

 

 

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons