Puasa

Keutamaan Hari Tasyrik dan Larangannya

Tahukah kamu keutamaan hari Tasyrik itu apa saja? Banyak banget lho! Salah satunya, untuk berqurban, kamu tidak hanya bisa melakukannya pas di hari idul adha berlangsung. ini karena kamu bisa juga melakukan qurban di hari tasyrik. Penasaran dengan penjelasan lebih lanjut? Yuk, simak pembahasan keutamaan dan larangan hari Tasyrik di artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan Hari Tasyrik?

Walaupun banyak yang menyebutkan atau mengatakan mengenai hari tasyrik, namun tidak sedikit pula yang tidak tahu hari tasyrik. Pengertian hari tasyrik adalah 3 hari setelah idul adha yaitu tanggal 11-13 di bulan Dzulhijjah.

Jika dilihat dari bahasa atau secara harfiah, tasyrik atau tasyriq atau syurub memiliki makna terbit. Namun, ada yang mengatakan jika dinamakan sebagai hari tasyrik disebabkan karena di tanggal 11-13 Dzulhijjah, para muslimin melakukan hal berikut:

  • Menjemur (yusyriqun) daging qurban untuk dibuat menjadi dendeng.
  • Berqurban setelah matahari terbit (syurug).

Saat hari tasyrik berlangsung, menurut QS. Al-Baqarah (2): 203, hari tasyrik Adalah hari untuk ibadah. Terutama untuk kamu yang menjadi Jemaah haji yang kala itu sedang menetap di Mina atau melakukan mabit.

 

Keutamaan Hari Tasyrik

Diriyawatkan dalam HR. Abu Daud 1765 dan Ibnu Khuzaimah 2886 yang dishahihkan oleh Al-albani, jika hari tasyrik adalah hari yang paling mulia di sisi Allah selain Idul Adha. Karena hal tersebut, hari tasyrik dipergunakan untuk ibadah.

Karena keistimewaaannya tersebut, dianjurkan untuk melakukan ibadah hari tasyrik seperti berikut ini:

Perbanyak Dzikir

Diriwayatkan HR. Mulsim, Ahmad, Abu Daud, Nasa’I oleh Nubaisyah al-Hudzali ra, Rasulullah bersabda jika hari tasrik merupakan hari makan, minum serta banyak mengingat Allah. Salah satu cara mengingat Allah adalah dengan melakukan dzikir.

Menurut Lathaiful Ma’arif, 504-505, dzikir bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya adalah:

  • Takbiran setelah selesai shalat wajib. Hal ini pernah dicontohkan oleh para sahabat, yaitu Umar bin Khatab.Beliau takbir setelah shalat subuh di tanggal 9 Dzulhijjah hingga setelah dzuhur 13 Dzulhijjah.

Hal yang sama dilakukan juga oleh Ali bin Abi Thalib seperti yang diriwayatkan dalam HR. Ibn Syaibah dan Al-Baihaqi, beliau takbir di tanggal 9 Dzuhuijah setelah subuh hingga setelah ashar di tanggal 13 Dzulhijah.

  • Saat menyembelih.
  • Sebelum makan dengan membaca basmalah dan setelah makan dengan membaca hamdallah.
  • Melantunkan takbir ketika berhaji tepatnya saat ketika melempar jumrah.
  • Takbiran dimana saja dan kapan saja.

Memperbanyak Doa Kepada Allah

Diriwayatkan oleh Ziyad Al-Jasshas dalam Latahaiful Ma’arif, Hal. 506 dari Abu Kinanah al-Qurasyi. Dari hadist tersebut dijelaskan bahwa beliau mendengar Abu Musa al’Asya’ri berkhutbah saat idul Adha. 

Dalam ceramah tersebut disebutkan setelah hari raya qurban ada 3 hari yang disebut Allah sebagai hari terbilang. Istimewanya, doa di hari tersebut tidak akan ditolak.

Doa ‘sapu jagad’ adalah doa yang dianjurkan. Dalam doa tersebut, terkumpul seluruh kebaikan tidak hanya di dunia namun juga di akhirat. Karena hal tersebut, dianjurkan untuk memperbanyak doa agar kamu memperoleh kemuliaan dari Allah SWT.

 

Larangan Hari Tasyrik: Gak Boleh Puasa!

Puasa memang merupakan salah satu perintah-Nya yang perlu dilakukan. Namun, ada hari dimana kamu tidak bisa melaksanakan puasa. Salah satunya adalah saat hari tasyrik tiba.

Ibnu Rajab dalam Lathaiful Ma’arif, 509 mengatakan bahwa puasa dilarang dilakukan di hari tasyrik. Hal tersebut disebabkan karena hari tasyrik merupakan hari raya bagi kaum Muslimin. Disebutkan juga bahwa sesungguhnya larangan puasa saat tasyrik khusus untuk yang tinggal di Mina.

Larangan puasa hari tasyrik juga disampaikan dalam hadis HR. Muslim, no 11141. Dari hadis tersebut disebutkan bahwa hari tasyrik merupakan hari makan dan minum. Namun,  Jemaah haji yang tidak mempunyai hadyu diperbolehkan untuk berpuasa seperti dalam hadist HR. Bukhari, no. 1998.

Karena hal tersebut, agar kamu mendapatkan amalan yang lebih dari Allah SWT, ada baiknya kamu juga memperbanyak amalan ibadah seperti berqurban. Apalagi berqurban dengan mudah di Kitabisa dapat menjadi solusi tepat untuk kamu saat bingung ingin berkurban di mana. 

Dengan amalan tersebut, baik saat hari idul Adha ataupun saat tasyrik, semoga keutamaan hari tasyrik yang kamu lakukan mendapatkan balasan setimpal dari Allah SWT. Aamiin ya rabbal’alamin.  


Qurban online dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban online

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

2 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago