Apakah Kitajaga Diawasi oleh OJK?

Kitabisa kembali menghadirkan program kebaikan bernama Kitajaga setelah Saling Jaga selesai. Lalu, apakah kali ini Kitajaga telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?

Program Saling Jaga yang dikembangkan oleh Kitabisa telah resmi selesai pada bulan Juli 2021. Dalam operasional Saling Jaga, Satgas OJK menemukan kegiatan penghimpunan dana dari anggota yang dianggap merupakan kegiatan perasuransian. Akhirnya, kami sepakat untuk mengikuti arahan regulator dan mengevaluasi kembali bentuk perizinan Saling Jaga.

Kitajaga Bermitra dengan Mitra dan Pialang Asuransi Resmi

Setelah Saling Jaga selesai, semangat dan nilai saling jaga kembali dilanjutkan dalam misi kebaikan Kitajaga. Kitajaga merupakan platform perlindungan jiwa yang membantu mendistribusikan asuransi jiwa milik mitra, yaitu PT Asuransi Takaful Keluarga.

Kitajaga bekerja sama dengan pialang asuransi resmi PT. PasarPolis Insurance Broker (dengan nomor izin No. KEP-19/NB.1/2021) yang terdaftar dan diawasi oleh OJK untuk membantu memasarkan produk asuransi syariah dari Takaful Keluarga.

Kitajaga Memilih Perlindungan Berbasis Syariah

Sebagai langkah awal, Kitajaga menyediakan asuransi jiwa syariah dari Takaful Keluarga. Kitajaga memilih jenis produk perlindungan berbasis syariah yang artinya aman digunakan untuk semua orang, termasuk bagi umat muslim.

Konsep tolong menolong yang mendasari prinsip kerja mitra asuransi kami sejalan dengan nilai yang dibawa Kitajaga, yaitu untuk menjadi wadah peserta saling melindungi dan bersama-sama menanggung risiko keuangan saat musibah menimpa. Nilai-nilai tersebut tentu sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang bebas dari unsur gharar (ketidakjelasan), maisir (perjudian), riba (sistem bunga), dan zhulm (ketidakadilan).

Dengan penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa Kitajaga telah beroperasi sesuai regulasi untuk membantu mendistribusikan asuransi jiwa milik partner asuransi lewat kerja sama dengan pialang asuransi yang berizin dan diawasi OJK. Kitajaga tentu masih memiliki banyak ruang untuk berkembang. Semoga langkah awal ini dapat disambut baik oleh masyarakat.

Jika kamu ingin mempelajari program Kitajaga lebih dalam, kamu bisa cek laman resminya di https://kitajaga.id/ atau klik gambar di bawah. Kami akan sangat senang menyambut apabila kamu tertarik menjadi bagian dari keluarga besar Kitajaga untuk saling melindungi sesama anggota.