Sedekah

Macam-Macam Infaq yang Wajib Diketahui Umat Islam

Sudah tahukah kamu macam-macam infaq menurut hukum islam? Infaq merupakan ibadah yang sangat mulia dan bisa membuat orang yang rajin melakukanya mendapatkan pahala dan dijauhkan dari api neraka.

 

4 Macam Infaq

Dalam rumahzakat.org disebutkan bahwa hukum mengeluarkan infaq ada yang wajib dan sunnah tergantung dari infaq yang akan dilakukan. Agar lebih paham mengenai infaq, berikut ini adalah macam-macam infaq berdasarkan hukumnya :

  1. Infaq Wajib

    Hukum infaq yang pertama adalah wajib. Infaq wajib ini merupakan infaq yang wajib dikeluarkan oleh seseorang dan jika tidak dilakukan orang tersebut akan mendapatkan dosa. Salah satu contoh dari infaq wajib adalah membayar mas kawin.

    Dalam islam mas kawin merupakan salah satu syarat sah sebuah perkawinan. Mas kawin juga dimasukkan dalam kategori infaq wajib. Membayar kifarat dan nadzar juga termasuk dalam infaq yang wajib untuk dibayarkan.

    Kifarat atau kafarat adalah denda yang harus dibayarkan oleh seorang muslim karena melanggar hukum Allah. Besaran kifarat ini bergantung dari jenis kesalahan yang dilakukan. Penerima infaq jenis ini bisa siapa saja termasuk keluarga atau kerabat yang membutuhkan.

    Contoh lain dari infaq wajib adalah menafkahi istri dan keluarga. Ini merupakan kewajiban suami dan menafkahi istri juga termasuk infaq yang berpahala besar.

  2. Infaq Sunnah

    Jenis infaq yang selanjutnya adalah infaq sunnah. Infaq sunnah ini merupakan infaq yang dilakukan dengan tujuan bersedekah. Sedekah masuk dalam kategori infaq sunnah jika berbentuk harta.

    Di dalam islam dikenal dua jenis infaq sunnah yaitu infaq untuk jihad dan infaq untuk membantu orang lain. Infaq jihad ini diberikan kepada seseorang atau kelompok orang yang akan berjuang di jalan Allah.

    Manfaat infaq sunnah ini sangat banyak bagi penerimanya. Salah satunya yaitu dapat meringankan beban penderitaan seseorang. Bagi pemberi infaq manfaat dan hikmah yang diperoleh jauh lebih besar karena orang yang berinfaq akan diampuni segala dosanya oleh Allah.

  3. Infaq Mubah

    Jenis infaq mubah merupakan infaq yang boleh dilakukan tapi yang melakukannya tidak akan mendapatkan pahala. Jadi infaq jenis ini merupakan infaq yang dilakukan untuk hal-hal yang hukumnya mubah. Contoh dari infaq mubah adalah memberikan hartanya untuk kepentingan bercocok tanam ataupun berdagang.
    Memberikan infaq untuk kegiatan berdagang atau bisnis ini bukanlah hal yang wajib. Orang yang melakukannya tidak akan berdosa tapi juga tidak akan mendapatkan pahala.

  4. Infaq Haram

    Jenis infaq yang terakhir adalah infaq haram. Infaq haram ini merupakan infaq yang dilarang oleh agama islam.
    Salah satu contoh infaq haram adalah memberikan infaq yang tidak ikhlas atau tidak karena Allah. kamu yang memberikan infaq dengan niat ingin dipuji ataupun ingin mendapatkan balasan dari orang lain hukumnya haram.
    Hal ini tertuang dalam surat Al Maun ayat 4. Di dalam surat Al Maun dijelaskan bahwa salah satu ciri orang munafik atau mendustakan agama adalah orang yang riya. Riya merupakan perbuatan yang tidak terpuji dan bisa menghapus semua pahala infaq yang seharusnya kamu terima.

    Oleh karena itu, berinfaq tidak karena Allah atau riya hukumnya adalah haram. Contoh lainnya dari infaq yang diharamkan adalah berinfaq untuk menghalang-halangi syiar agama islam. Hal ini tertuang dalam surat Al Anfal ayat 36. Di dalam surat ini diberitahukan bahwa orang kafir yang menafkahkan hartanya untuk menghalangi syiar agama islam akan menyesal dan dimasukkan ke dalam neraka jahanam. Mengenai infaq haram ini juga dijelaskan dalam surat An Nisa ayat 38 yang menjelaskan mengenai orang-orang yang riya.

Lebih paham bukan tentang macam-macam infaq yang ada di dalam islam? Infaq juga memberikan banyak manfaat dan hikmah. Hikmah infaq tidak hanya untuk penerimanya saja tapi lebih banyak untuk pemberinya.

Tunggu apalagi segera berinfaq dan bersedekah sebagai ladang pahala dan penyelamat kamu di hari kiamat kelak. Berinfaq dan bersedekah sekarang ini juga semakin mudah dengan adanya Kitabisa yang membuka donafi infaq dan sedekah secara online.


Sempurnakan ibadah  dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Infaq dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Comments are closed.