Sedekah

Manfaat Sedekah untuk Sesama yang Perlu Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Terdapat beberapa manfaat sedekah yang dapat dirasakan baik oleh penerima dan pemberinya. Selain mendapatkan pahala, seseroang yang melakukan sedekah juga mendapatkan manfaat-manfaat lainnya.

Sedekah merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan. Terlebih ketika bulan Ramadhan datang. Rasulullah SAW menyatakan bahwa sedekah yang paling utama adalah pada bulan Ramadhan. Pada bulan ini, amalan-amalan umat muslim dilipat gandakan, begitu juga dengan bersedekah. Para ulama pun menegaskan bahwa bersedekah di bulan Ramadhan sangat dianjurkan, karena kebaikan serta kemuliaan yang dimiliki oleh bulan ini.

Sedekah salah satu ibadah yang diwajibkan, terlebih untuk mereka yang tergolong mampu. Wajib bagi mereka untuk memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan. Berbagai pilihan penyaluran sedekah bisa ditemukan dengan mudah, melihat kemajuan teknologi yang ada. Saat ini, kita dapat berbagi dengan sesama secara online, dimana pun dan kapanpun. Mulai dari membantu anak yatim dan kaum dhuafa berbuka puasa di panti asuhan, membantu pendirian atau renovasi masjid, memberikan beasiswa untuk anak pesantren, hingga membantu biaya pengobatan keluarga yang kurang mampu.

 

Perintah untuk Bersedekah dalam Islam

Manfaat Sedekah untuk Sesama yang Perlu Diketahui

Dalam Islam, perintah sedekah tertulis dalam Al Qur’an, surat An Nissa 114:

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”.

 

5 Manfaat Sedekah yang Perlu Diketahui

Manfaat Sedekah untuk Sesama yang Perlu Diketahui

Islam menganjurkan umat-Nya untuk berbagi dengan sesama. Selain mendapatkan pahala yang berlipat, sedekah dapat memberikan berbagai manfaat lainnya. Manfaat sedekah dapat dirasakan oleh penerima dan pemberi sedekah. Namun, manfaat sedekah lebih luas akan dirasakan oleh orang yang melakukannya, seperti tertulis di bawah ini:

  1. Sebagai Pelindung

    Nabi SAW bersabda bahwa “Sedekah menutup 70 pintu keburukan.” (HR. Thabrani). Berdasarkan hadits tersebut, seseorang yang bersedekah akan mendapatkan perlindungan dari musibah dan keburukan.

  2. Memperkuat Iman

    Ibadah ditujukan untuk mendekatkan hamba kepada Allah, begitu pula dengan sedekah. Bersedekah dengan niat hanya untuk Allah, maka akan memupuk rasa keimanan diri sendiri terhadap Allah. Selain itu, sedekah juga dapat dijadikan bentuk rasa syukur kepada Allah atas segala kenikmatan yang telah diberikan kepada umat-Nya.

  3. Penyembuh dari Penyakit

    Sedekah dapat menjadi obat dan penyembuh dari berbagai penyakit. Dengan bersedekah, seseorang akan merasa bahagia dan tidak ada kekhawatiran baginya. Seseorang akan berpikir bahwa apa yang telah dilakukannya sangat bermanfaat sehingga muncul pemikiran positif.

داووا مرضاكم بالصدقة

“Sembuhkanlah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Al-Dailami).

  1. Memperpanjang Umur

    Selain obat dari segala penyakit, sedekah juga dapat memperpanjang umur seseorang. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sifat dermawan dapat menyehatkan dan memanjangkan umur kita. Dalam Islam, sebuah riwayat juga menyebutkan hal yang sama;

الصدقة ترد البلاء وتزيد في العمر

“Sedekah dapat menghilangkan bala’ dan menambah umur.”

  1. Melunakkan Hati

    Dalam sebuah riwayat, disebutkan bahwa sedekah dapat melunakkan hati seseorang yang keras. Sedekah dapat menjauh pikiran-pikiran negatif seseorang, sehingga hatinya akan selalu bermurah untuk membantu mereka yang membutuhkan bantuan.

من وجد في قلبه قساوة فلينشر الصدقة

“Barang siapa hatinya keras, maka hendaklah dengan mengeluarkan sedekah”

 

Itulah beberapa manfaat dari sedekah yang perlu kamu ketahui. Jika sudah mengetahui manfaatnya, semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih bersemangat untuk berbagi kepada sesama.

Selain mendapatkan pahala yang berlipat, sedekah juga membawa berbagai manfaat. Kamu dapat mulai bersedekah melalui Kitabisa. Dengan Kitabisa, kamu bisa berbagi dengan cepat dan mudah. Yuk mulai bersedekah dari sekarang!

banner_donasi_sedekah

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons