Mengapa Diwajibkan Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Bulan puasa 2020 sebentar lagi. Bulan ini selalu ditunggu-tunggu. Banyak amalan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan banyak pahala. Segala keistimewaan bulan Ramadan itu hanya berlangsung satu kali setiap tahun. Apa itu bulan Ramadhan atau bulan puasa? Mengapa umat muslim diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan? Apa saja amalan-amalan yang dilakukan saat bulan Ramadhan? Yuk, simak penjelasannya.

 

Apa itu Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan atau bulan puasa adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Umat muslim seluruh dunia merayakan bulan ini dengan berpuasa selama kurang lebih 30 hari. Selain itu, bulan puasa juga dirayakan untuk memperingati wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 

 

Mengapa Umat Muslim Diwajibkan Berpuasa?

wajib puasa

Umat muslim mulai diwajibkan berpuasa pada tanggal 10 Syakban setelah umat Islam hijrah ke Madinah. Kewajiban berpuasa didasarkan pada firman Allah yang terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 183 dan 184. Setelah turun perintah Allah untuk wajib berpuasa, maka umat muslim diwajibkan berpuasa. 

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan, wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah: memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,” (Q.S. Al-Baqarah: 183-184).

 

Amalan-amalan di Bulan Ramadhan

ibadah di ramadhan

Bulan puasa 2020 ini merupakan waktu yang tepat untuk menambah pahala. Berikut ini merupakan  amalan-amalan  yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan.

  • Melakukan salat tarawih

    Melakukan salat tarawih merupakan amalan pertama yang bisa dilakukan. Salat tarawih biasanya dilengkapi dengan zikir, doa, dan membaca Al-Qur’an. Hadis HR Al-Bukhari yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW. bersabda,
    “Barang siapa beribadah di malam Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka ia dihapus dosanya yang telah lampau.”

  • Perbanyak zikir, doa, dan istigfar

    Lakukan zikir, doa, dan istigfar sebanyak mungkin untuk mendapat pahala yang berlimpah dari Allah SAW. Lakukan ketiga hal ini selama bulan Ramadhan, yaitu pada waktu yang mustajab. Waktu-waktu mustajab saat bulan Ramadhan adalah saat berbuka dan di sepertiga malam terakhir. Waktu sahur merupakan waktu mustajab untuk beristigfar.

  • Bertadarus

    Amalan yang lain yang bisa kamu lakukan adalah bertadarus Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an sehabis salat tarawih berguna untuk meraih keberkahan hidup. Semua amalan yang dilakukan di bulan puasa akan dilipatgandakan. Pahala membaca satu huruf dalam Al-Qur’an, Allah akan memberikan sepuluh kebaikan. Bahkan saat membaca Al-Qur’an secara terbata-bata pun Allah masih memberi dua pahala. Jadi, seringlah bertadarus untuk mendapatkan keberkahan dari Allah taala.

  • Bersedekah

    Selain menambah rezeki, bersedekah bisa menjadi amalan yang akan membuat pahala berlipat ganda. Bersedekah sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan. Sedekah yang kamu berikan sangat berguna bagi kaum fakir miskin dan duafa. Salah satu bentuk sedekah yang bisa dilakukan adalah memberikan bantuan berupa santapan untuk berbuka puasa di masjid.

Inilah penjelasan tentang bulan puasa, alasan puasa diwajibkan untuk umat muslim, dan amalan-amalan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Yuk, siapkan diri untuk menyambut bulan puasa 2020 dengan melakukan berbagai amalan tersebut.


Kamu bisa menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah