Sedekah

Pahala Shadaqah 2,5 Persen yang Tak Akan Pernah Putus

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

“Jika meninggal Anak Adam, akan terputus semua amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang selalu mendoakannya” (HR Muslim).

Dari hadist itu kita bisa menyimpulkan, ketika meninggal dunia, semua amalan kita di dunia akan terputus, kecuali tiga hal. Pertama sedekah 2,5 persen dari harta yang kita punya, ilmu bermanfaat yang kita berikan kepada orang lain, juga anak-anak yang selalu berdoa kepada kita.

 

Ketentuan Shadaqah 2,5 Persen

Pahala Shadaqah 2,5 Persen yang Tak Akan Pernah Putus

Jangan pusing, cara menghitung sedekah 2,5 persen sejatinya tidak begitu rumit. Misalnya, dalam sebulan kita punya penghasilan Rp2 juta, dan kita ingin mensedekahkan sebagiannya. Niat sedekah sesuai dengan anjuran agama adalah sebesar 2,5 persen dari penghasilan.

Tinggal kita hitung saja:

2,5% X Rp2 juta = Rp50 ribu

Jadi, harta yang bisa kita sedekahkan, dengan ketentuan shadaqah 2,5 persen pastinya, adalah Rp50 ribu. Secara fisik penghasilan kamu akan berkurang Rp50 ribu menjadi Rp1.950.000, tapi secara metafisik uang kita sebenarnya Rp1.950.000 plus Rp500 ribu. Allah berjanji akan mengalikan minimal 10 setiap sedekah yang kita salurkan.

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad: Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah SWT akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah SWT akan mengangkat (derajatnya).

 

Lima Keutamaan Shadaqah 2,5 Persen

Pahala Shadaqah 2,5 Persen yang Tak Akan Pernah Putus

  1. Shadaqah 2,5 persen mendatangkan rahmat Allah

    “Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang Mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya.” (HR Thabrani dan Baihaqi).

  2. Shadaqah 2,5 persen memadamkan murka ilahi

    “Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi.” (HR Thabrani dan Ibnu Asakir).

  3. Shadaqah 2,5 persen menghindarkan dari mati suul khatimah

    “Akhlak buruk adalah kejelekan, kuat ingatan adalah mengembangkan, dan sedekah menolak mati suul khatimah.” (HR al- Baihaqi).

  4. Shadaqah 2,5 persen menyembuhkan penyakit

    “Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, bentengilah hartamu dengan zakat, dan sesungguhnya zakat itu menolak peristiwa mengerikan dan penyakit.” (HR Ad-Dailami dari Ibnu Umar).

  5. Shadaqah 2,5 persen mendatangkan keberkahan dalam hidup dan tambahan rezeki

    “Barang siapa menafkahkan hartanya maka akan diberi keberkahan darinya.”
    Dalam hadist lain disebutkan: “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya.” (HR Muslim).

 

Keutamaan Shadaqah 2,5 Persen di Bulan Ramadhan

Pahala Shadaqah 2,5 Persen yang Tak Akan Pernah Putus

Masih dari sumber yang sama, Nabi Muhammad pernah ditanya, sedekah manakah yang paling utama? Seperti diriwayatkan oleh Anas RA, Nabi kemudian menjawab: “Sedekah di bulan Ramadhan.”

Dalam hadistnya, Nabi pernah bersabda: “Barang siapa menolong keperluan saudaranya Muslim di bulan Ramadhan, Allah ta’ala akan menolong seribu keperluan/hajatnya di hari kiamat.”

Hadist lainnya, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa pada bulan Ramadhan memberi makan berbuka puasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan dia memperoleh pahala seperti yang diperoleh orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikit pun.”

Terkait hadist itu, para Sahabat pun berkata, ya rasulallah, kami tak punya makanan untuk diberikan. Mendengar pernyataan para Sahabat itu, Nabi kemudian bilang, “Allah memberikan pahala kepada orang yang memberi buka puasa meski hanya seteguk air, sebutir kurma atau sehirup susu.”

 

Sedekah 2,5 persen untuk Penghafal Al Quran Yatim Dhuafa

Di bulan yang penuh berkah ini, kita bersedekah 2,5 persen dari harta kita di Rumah Yatim Dhuafa (RYD) untuk membantu para yatim dan dhuafa menjadi hafiz Alquran. RYD beralamat di Sugihwara, Kecamatan  Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. RYD bekerjasama dengan Lembaga Tahfidz Quran (LTQ) AL Fatih) memiliki program  yaitu bidang tahfidz qur’an. Program tersebut merupakan sarana pembibitan santri penghafal Al-Qur’an.

Ditulis Oleh: Ranu Mohamad


Seperti Rumah Yatim Dhuafa, masih banyak lagi pesantren atau masjid yang butuh bantuan kamu. Kamu bisa bersedekah untuk membantu mereka melalui Kitabisa. Yuk, mulai sedekah online tepercaya sekarang dan rasakan keutamaannya!

banner_donasi_sedekah

 

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons