Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerja Asuransi Jiwa

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kata asuransi jiwa, tapi kamu sudah paham belum konsep asuransi jiwa itu sendiri? Dan bagaimana manfaat asuransi jiwa untuk melindungi keluarga tersayang? Untuk itu, yuk kita cari tahu lebih dalam lagi tentang penjelasan dan maksud dari asuransi jiwa!

Secara istilah, Asuransi jiwa bisa diartikan sebagai kontrak berbayar antara kamu dan perusahaan asuransi. Pada dasarnya, asuransi digunakan sebagai ganti pembayaran atas premi yang kamu bayarkan setiap bulan, perusahaan asuransi akan membayar sejumlah uang yang dikenal sebagai manfaat santunan duka kepada ahli waris atau penerima manfaatmu setelah kamu tutup usia.

Penerima manfaat atau ahli warismu dapat menggunakan uang itu untuk menafkahi keluargamu setelah tulang punggung keluarganya telah tiada dan tidak lagi bisa membantu mereka. Untuk tahu lebih lanjut tentang asuransi jiwa, yuk simak rangkuman penjelasan di bawah!

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

1. Asuransi Berjangka

Selain menjadi jenis asuransi jiwa yang paling terjangkau, asuransi jiwa berjangka merupakan jenis asuransi jiwa yang paling laris terjual (71% pembeli) menurut Insurance Barometer Report

Asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan untuk jangka waktu tertentu dan pembayaran premi tetap dalam jumlah yang sama selama masa polis. Pilihan yang umum adalah panjang polis adalah 10, 15, 20, 25 atau 30 tahun.

Jika kamu meninggal dunia dalam jangka waktu polismu, ahli warismu dapat mengajukan klaim dan menerima uang santunan kematian, bebas pajak.

Setelah masa berlaku polis berakhir, kamu dapat memperbarui pertanggungan secara bertahap selama satu tahun, yang dikenal sebagai jaminan pembaruan. Tetapi setiap tahun pembaruan akan berada pada tingkat yang lebih tinggi.

2. Asuransi permanen

Asuransi jiwa permanen memberikan perlindungan seumur hidup. Asuransi jiwa permanen juga biasanya lebih mahal daripada asuransi jiwa berjangka karena:

  1. Dapat bertahan selama hidupmu.
  2. Biasanya membangun nilai mata uang, sehingga uang yang diberikan dihitung berdasarkan inflasi tahunan.
  3. Komponen nilai tunai terakumulasi berdasarkan pajak tangguhan selama umur polis. 

Sistem asuransi jenis ini adalah sebagai bagian tabungan dari kebijakan. Biasanya, kamu dapat meminjam terhadap nilai tunai polis atau melakukan penarikan. Jika kamu memutuskan untuk mengakhiri polis, kamu bisa mendapatkan nilai tunai dikurangi biaya penyerahan.

3. Asuransi Dwiguna (Endowment Insurance)

Jenis asuransi ini memberikan suatu jumlah manfaat tertentu apakah Tertanggung hidup sampai akhir jangka waktu pertanggungan atau mening­gal selama jangka waktu pertanggungan.

Setiap polis asuransi jiwa dwiguna memiliki tanggal jatuh tempo (maturity date), yaitu tanggal pembayaran uang pertanggungan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis jika Tertanggung masih hidup. Tanggal jatuh tempo akan tercapai pada akhir suatu jangka waktu yang telah ditetapkan, atau ketika Tertanggung menca­pai usia yang telah ditetapkan.

4. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link merupakan asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah yaitu pengelolaan premi dasar untuk kepentingan proteksi dan pengelolaan premi investasi.

Premi Investasi dikelola oleh Manajer Investasi atau ahli investasi perusahaan. Dengan membeli produk unit link, seorang Tertanggung dapat memperoleh manfaat perlindungan asuransi sekaligus imbal hasil atas investasi Produk unit link di Indonesia umumnya diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan asuransi jiwa.

Manfaat penting dari adanya asuransi jiwa

Banyak orang ragu dan belum menganggap asuransi jiwa itu penting, faktanya dengan adanya asuransi jiwa kamu dapat melindungi keluarga tersayang jika sewaktu-waktu kamu meninggalkan mereka. Sehingga mereka tidak akan kesulitan dalam mencari nafkah sendiri karena kamu sebagai tulang punggung keluarga tidak lagi ada di sisi mereka.

Manfaat asuransi jiwa juga bisa digunakan untuk menutupi cicilan KPR kamu dan juga menutup semua pinjaman pribadi kamu, seperti pinjaman mobil, kebutuhan, dll. Manfaat asuransi juga akan menggantikan pendapatan keluarga kamu ketika sumber daya semakin sedikit sehingga dapat mempertahankan kualitas hidup keluarga kamu.

Sekarang kamu sudah paham kan bagaimana pentingnya asuransi jiwa untuk memproteksi keluarga yang kamu sayangi? Sekarang tinggal bagaimana kamu dapat memilih asuransi jiwa yang benar benar terpercaya. Tapi yang terpenting adalah kamu mulai untuk miliki asuransi jiwa untuk lindungi kamu dan keluarga.

Karena saat kamu memutuskan untuk memiliki asuransi jiwa, kamu satu langkah lebih maju untuk menjaga keluarga terkasih. Kamu bisa dapatkan asuransi perlindungan jiwa dengan daftar di Kitajaga dengan kontribusi mulai Rp280 ribu/tahun sesuai usia dan besaran manfaat yang kamu pilih. 

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai Kitajaga dengan klik gamabr berikut!