Keutamaan Puasa Arafah dan Hukumnya

Sebagai umat Islam yang taat, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya puasa arafah. Seperti puasa-puasa lainnya yang dianjurkan dalam Islam, puasa sunnah ini juga memiliki banyak keistimewaan. Lalu, apa itu puasa Arafah? Bagaimana dengan keutamaan Puasa Arafah? Puasa Arafah hukumnya apa?

Jika kamu tertarik untuk mempelajarinya, berikut beberapa ulasan yang bisa kamu jadikan referensi!

Apa Itu Puasa Arafah?

puasa arafah adalah

Puasa Arafah adalah salah satu puasa sunnah dalam Islam yang dikerjakan satu tahun sekali, yaitu setiap tanggal 9 bulan Dzulhijjah. Bulan ini merupakan salah satu bulan dalam kalender Hijriah yang sangat ditunggu oleh umat Islam.  Ya, karena di bulan inilah Hari Raya Idul Adha dirayakan oleh seluruh umat Islam dari berbagai penjuru dunia.

Pada tanggal tersebut juga bertepatan dengan momentum jamaah haji yang tengah menjalankan wukuf di Arafah. Sehingga umat Islam yang tidak sedang melaksanakan rukun ibadah haji, dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa sunnah ini.

Jadi, jika kamu belum mampu menunaikan ibadah haji karena alasan biaya atau lain hal, kamu bisa tetap beribadah dengan berpuasa sunnah. Para ulama sepakat mengkategorikan puasa sunnah ini menjadi salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan, atau biasanya diberi istilah sunnah muakkad.

 

Tata Cara Puasa Sunnah ini

ketentuan puasa arafah

Ketentuan dan tata cara menjalankan puasa sunnah ini tidak berbeda jauh dari puasa-puasa sunnah lainnya. Sebelum menjalankannya, kamu bisa mempelajari tata caranya di bawah ini:

  • Melafalkan Niat

    Pertama, kamu harus membaca niat untuk berpuasa yang ditujukan semata-mata hanya untuk Allah SWT. Sebaiknya kamu melafalkan niat di malam hari sebelum tidur hingga sebelum terbitnya fajar. Namun jika terlanjur lupa, kamu masih diperbolehkan melafalkan niat di keesokan pagi sebelum melakukan hal yang membatalkan puasa.

  • Makan Sahur

    Kedua, kamu dianjurkan bangun pada dini hari untuk makan sahur. Hal ini dikarenakan sahur merupakan salah satu sunnah puasa, yang artinya jika dikerjakan kamu akan mendapatkan pahala yang setimpal. Namun jika lupa, kamu tetap diperbolehkan untuk melanjutkan ibadah puasa sunnah ini.

  • Menahan Diri

    Ketiga, seperti puasa pada umumnya kamu harus bisa menahan diri dari segala hal yang berpotensi membatalkan ibadah puasa. Kamu tidak diperbolehkan untuk makan, minum, melakukan hubungan badan, dan hal lainnya. Hindari hal-hal ini dari waktu mulai terbitnya fajar di timur hingga terbenamnya matahari di barat.

  • Berbuka Puasa Secukupnya

    Keempat, setelah adzan Magrib berkumandang kamu bisa berbuka puasa seperti saat puasa lainnya. Usahakan untuk melakukan ini segera karena termasuk salah satu hal yang disunnahkan dalam berpuasa. Jangan berlebihan dalam makan dan minum, lakukan secukupnya karena segala hal yang berlebihan itu kurang baik.

  • Lakukan Ibadah Lainnya

    Terakhir, selama menjalankan puasa sunnah kamu tidak diperbolehkan untuk bermalas-malasan. Tetaplah beraktivitas dan imbangi dengan menjalankan ibadah lainnya, seperti membaca Al-Quran.

 

Keutamaan Puasa Arafah dalam Islam

Keutamaan puasa arafah sangatlah indah dan membuktikan bahwa Allah SWT merupakan satu-satunya Zat Maha Pengampun.  Tak heran jika banyak orang Islam yang berbondong-bondong untuk menunaikan ibadah sunnah ini. Puasa yang dikerjakan satu hari sebelum Hari Raya Idul Adha ini menjadi sangat istimewa karena keutamaannya.

Bagi kamu yang menjalankannya, salah satu keutamaan dan manfaat puasa arafah adalah menghapuskan dosa yang telah dilakukan. Tak tanggung-tanggung, dosa yang dihapus adalah dosa satu lalu dan juga dosa yang akan terjadi di satu tahun yang akan datang.

Namun jangan disalah artikan dengan menjalankan puasa ini kamu bisa langsung terbebas dari segala dosa. Menurut jumhur ulama, dosa yang dimaksud dalam pernyataan di atas adalah jenis dosa-dosa kecil yang secara sadar maupun tidak sadar kamu lakukan.

Adapun untuk perihal dosa besar, Allah SWT tetap memberikan jalan terbaik melalui taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Keutamaan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari ibadah ini adalah pahala berlipat ganda seperti yang telah dijanjikan.

Pastikan kamu menjalankan puasa arafah semata-mata hanya untuk mendapat ridho dari Allah SWT. Dan untuk menyempurnakan ibadahmu di bulan Dzulhijjah, kamu juga dianjurkan berqurban jika dirasa mampu. 


Lengkapi ibadah puasa sunnah arafah dengan berqurban melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban di kitabisa