Kesehatan

Pentingnya Pengetahuan Tentang Bahaya Kanker Otak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kanker otak merupakan salah satu kanker ganas yang menyerang otak, sayangnya ciri – ciri dari penyakit ini tidak begitu diketahui pada awal pertumbuhannya. Maka dari itu, tentu pengetahuan dini mengenai ciri – ciri yang menjadi tanda terkena kanker otak cukup penting untuk diketahui.

 

Apa itu Kanker Otak ?

Pentingnya Pengetahuan Tentang Bahaya Kanker Otak

Kanker otak adalah sekumpulan atau pertumbuhan sel abnormal bersifat kanker atau non-kanker di otak. Penyakit ini adalah kondisi dimana tumbuhnya tumor ganas di otak. Sel kanker dapat menguasai dan mengambil ruang, darah, serta nutrisi dari sel sehat dalam tubuh.

banner_donasi_biaya_pengobatan

Menurut data WHO pada tahun 2018, penyakit ini menempati urutan ke-17 dengan penderita lebih dari 5000 orang. Kanker otak terdiri dari primer dan sekunder. Kanker otak primer, penyebabnya datang dari otak, sedangkan sekunder, muncul dari bagian tubuh lain dan menyebar sampai ke otak.

 

Tahap Perkembangan Stadium Kanker Otak

Pentingnya Pengetahuan Tentang Bahaya Kanker Otak

Pertumbuhan dan gejala kanker otak bervariasi, tergantung stadium perkembangan kankernya. The National Cancer Institute (NCI) menggunakan sistem stadium penilaian untuk mengklasifikasikan kanker atau tumor ganas tersebut. Berikut stadiumnya:

  • Stadium I: Jaringan kanker di otak masih jinak. Sel terlihat hampir seperti sel otak normal, dan pertumbuhan selnya cenderung lambat.
  • Stadium II: Jaringan kanker sudah mulai ganas. Sel-sel kanker mulai terlihat tidak normal, tidak seperti sel kanker stadium 1.
  • Stadium III: Jaringan kanker yang ganas memiliki sel yang terlihat sangat berbeda dari sel normal. Sel-sel abnormal ini disebut sebagai anaplasik dan mulai tumbuh secara aktif di stadium ini.
  • Stadium IV: Jaringan kanker ganas mulai menunjukkan sel-sel abnormal yang jelas dan tumbuh agresif atau sangat cepat.
Baca juga:
Kanker Payudara Menyerang Segala Usia
Ketahui Ciri-ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat

 

Apa Faktor Penyebab Kanker Otak?

Pentingnya Pengetahuan Tentang Bahaya Kanker Otak

Kanker otak bisa diketahui hanya melalui gejala dan diagnosa yang tepat dari dokter. Menurut para ilmuwan menunjukkan bahwa orang – orang dengan faktor risiko tertentu yang lebih mungkin berisiko terkena kanker otak. Berikut ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, diantaranya :

  • Radiasi, terkena gelombang radiasi yang dipancarkan oleh ponsel, komputer dapat mendorong munculnya sel kanker pada otak.
  • Keturunan, anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker di otak juga dapat memengaruhi munculnya sel kanker pada otak.

banner_donasi_biaya_pengobatan

  • Bahan kimia, timbulnya kanker otak dengan kontak pestisida, pewarna dalam jangka waktu panjang.
  • Radioterapi, kontak dengan paparan sinar radioterapi adalah salah satu faktor penyebab kanker otak.

 

Apa Saja Gejala Kanker Otak?

Pentingnya Pengetahuan Tentang Bahaya Kanker Otak

Sakit kepala adalah gejala umum kanker otak karena tumbuh menekan tengkorak. Gejala – gejala lainnya tergantung pada lokasi tumornya, berikut merupakan gejalanya :

  • Sakit kepala biasanya terjadi di pagi hari. Sakit kepala bisa terasa ringan atau bisa semakin berat
  • Muntah – muntah, cairan muntah tidak normal (berwarna agak hijau) dan terjadi bersamaan dengan sakit kepala
  • Kejang – kejang
  • Kesulitan bergerak, berjalan tidak seimbang atau kehilangan keseimbangan.
  • Parestesi, tubuh seperti ditusuk jarum dan kesemutan
  • Kebutaan, ketika sebagian besar telah menjalar hingga menganggu bagian mata
  • Demensia
  • Gangguan kesadaran, sering terkejut, sering bengong, dan sering lupa apa yang dilakukan.
  • Penurunan berat badan
  • Demam
  • Kehilangan nafsu makan

Beberapa orang, gejala-gejala di atas mungkin diabaikan karena gejala tidak berlangsung signifikan. Gejala penyakit ini bisa tumbuh dan berjalan lama, namun kadang-kadang, gejala – gejala ini juga bisa muncul lebih cepat. Gejala-gejala lain mungkin tidak disebutkan di atas. Jika Anda mempunyai pertanyaan tentang gejala tertentu, segera konsultasi ke dokter.

 

Kasus Penyakit Kanker Otak

Salah satu pasien kanker otak yang saat ini masih berjuang untuk terbebas dari penyakit kankernya adalah NanikNanik diketahui divonis ada kanker otak sejak empat tahun yang lalu. Sudah pernah dioperasi namun tidak tuntas. Sekarang tengkorak kepala atasnya sudah tidak ada. Jika kepala atasnya dipegang, empuk. Hingga kini, Nanik masih berjuang melawan penyakit yang dideritanya. Seluruh pengobatan yang dijalani tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Ditulis Oleh: Samantha Widya


Begitu berbahayanya kanker ini tidak bisa dianggap remeh. Di sekitar kita, banyak sekali penderita penyakit berbahaya yang harus berjuang melawan penyakitnya dengan segala keterbatasan pendanaan. Para pejuang itu dapat dilihat di sini. Mari kita bantu para pejuang-pejuang itu agar dapat terselamatkan dari penyakit yang dideritanya.

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons