Kesehatan

Penyakit Katup Jantung: Pengertian, Gejala, dan Penyebabnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Berbagai penyakit jantung dapat muncul dan tidak diketahui oleh penderitanya. Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah katup atau klep jantung. Penyakit ini dapat menyebabkan terganggunya kondisi kesehatan, mulai dari yang minor hingga serius. Penyakit katup jantung merupakan kondisi dimana klep tidak berfungsi dengan normal. Terjadi gangguan atau kelainan pada klep jantung yang menyebabkan darah sulit mengalir ke pembuluh darah selanjutnya, atau sebagian berputar masuk kembali. 

Pada tubuh normal, katup atau klep jantung berperan sebagai pintu yang menjaga aliran darah dari jantung agar mengalir dengan benar. Darah akan mengalir antarruang jantung atau dari jantung keluar ke pembuluh darah. 

Dalam organ jantung, terdapat 4 katup yang masing-masing memiliki letak yang berbeda:

  1. Katup Tricuspid, terletak pada atrium (serambi) kanan dengan ventrikel (bilik) kanan
  2. Klep Mitral, terletak di atrium kiri dengan ventrikel kiri
  3. Katup Aorta, memisahkan ventrikel kiri dengan aorta (pembuluh darah arteri besar)
  4. Klep pulmonal, terletak di antara ventrikel kanan dengan arteri pulmonal (pembuluh darah paru-paru)

 

2 Jenis Penyakit Katup Jantung

jenis penyakit katup jantung

Jika salah satu atau lebih klep jantung tidak berfungsi dengan baik, maka seluruh proses aliran darah yang masuk terutama oksigen dan nutrisi ke semua bagian tubuh akan terganggu. Dalam hal ini, terdapat 2 tipe gangguan pada katup jantung, yaitu:

  1. Stenosis Katup

    Jenis ini terjadi ketika katup jantung tidak terbuka penuh karena lembaran katup yang kaku dan lengket. Kondisi ini membuat darah sulit untuk mengalir ke ruangan selanjutnya atau seluruh tubuh yang kemudian mengakibatkan jantung berusaha lebih keras untuk memompa darah. Keadaan seperti ini disebut dengan gagal jantung.

  2. Regurgitasi Katup

    Pada tipe regurgitasi katup terdapat kondisi dimana klep jantung tidak dapat menutup secara penuh. Muncul lubang yang semakin besar ukurannya maka semakin banyak darah yang keluar atau bocor dan membuat darah mengalir kembali ke ruangan jantung sebelumnya. Akibatnya, jumlah darah yang dialirkan akan berkurang.

bantuan biaya pengobatan

 

 

Penyebab Klep Jantung

penyebab klep jantung

Beberapa faktor dapat mempengaruhi terjadinya penyakit klep jantung. Penyakit ini dapat muncul sejak lahir yang disebut dengan kongenital, ataupun didapat saat dewasa atau di titik tertentu yang disebut akuisita. Jenis penyakit klep jantung akuisita dapat disebabkan oleh:

  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Gagal jantung
  • Faktor usia
  • Serangan jantung yang menyebabkan kerusakan jaringan
  • Radioterapi
  • Penyakit autoimun
Baca juga:
Jantung Bocor pada Bayi Mungil Ikho
Sakit Jantung: Penyebab, Gejala, dan Pencegahan

 

Gejala Penyakit Katup jantung

sesak napas gejala klep jantung

Beberapa tanda yang ditimbulkan oleh penyakit ini antara lain:

  • Sesak napas dan dada
  • Kelemahan atau pusing hingga menyebabkan pingsan
  • Jantung berdetak lebih cepat dan tidak teratur
  • Bengkak pada kaki atau perut
  • Berat badan yang meningkat

Dalam beberapa kasus, gejala penyakit klep jantung tidak muncul pada penderitanya. Setiap gejala yang timbul tidak menentukan tingkat keparahan penderitanya. Bisa saja seseorang merasakan gejala-gejala di atas, namun hasil pemeriksaan menunjukkan kebocoran katup yang tidak signifikan. Segeralah periksa ke dokter jika mengalami tanda-tanda di atas untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang sesuai.


Jika kamu memiliki keluarga/sahabat yang sedang berjuang melawan penyakit hirschsprung atau penyakit lain, kamu bisa bantu biaya pengobatan mereka dengan galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

bantu biaya rumah sakit

 

Comments are closed.