Kisah Sukses

Perawatan Bayi Jacob yang Lahir Prematur di Usia 7 Bulan

Terlahir prematur, bayi Jacob harus menjalani perawatan intensif di NICU. Namun Jacob tidak berjuang sendirian karena ada ratusan #OrangBaik yang ikut membantunya jalani pengobatan. Kini, ia sudah pulang ke rumah dan kondiisinya sudah membaik.


Pada bulan Mei lalu, Jacob terlahir secara prematur di usia 29 minggu. Beberapa organ tubuh Jacob belum tumbuh sempurna. Hal ini membuatnya harus dirawat secara intensif di NICU. Di sana, kondisi bayi Jacob selalu dipantau oleh tim medis setiap waktu.

Kondisi Bayi Lahir Prematur

Kelahiran prematur adalah kondisi dimana bayi lahir lebih awal dari hari perkiraan lahir, yaitu sebelum usai 37 minggu. Dalam kasus Jacob, ia lahir dalam usia 29 minggu atau 7 bulan. Kondisi ini menyebabkan organ tubuh bayi belum terbentu dan berfungsi secara sempurna. 

Penyebab bayi lahir prematur belum diketahui secara pasti. Namun, kemungkinan besar hal ini terjadi karena sang ibu pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya, kelahiran kembar, atau masalah lain yang terjadi pada ibu sehingga mempengaruhi kondisi bayi dalam kandungan.

Perawatan Bayi Jacob di NICU

Karena terlahir prematur, Jacob harus dirawat di inkubator dalam ruang NICU selama 2 bulan. Hal ini karena bayi prematur kondisinya sangat lemah dan organ tubuhnya belum berkembang dengan baik. Sehingga, untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan Jacob harus dirawat secara intensif.

Biaya perawatan yang dibutuhkan Jacob di NICU sangatlah mahal. Sementara, ayah Jacob dirumahkan sejak April karena pandemi. Bahkan, ayah Jacob tidak lagi mendapat gaji. Meski begitu, ayah dan ibu Jacob tidak menyerah dan terus berusaha memenuhi kebutuhan pengobatan sang buah hati. 

Galang Dana untuk Pengobatan Bayi Prematur

Biaya perawatan Jacob di NICU dan rumah sakit mencapai ratusan juta rupiah. Terlebih, ada biaya lain termasuk obat penguat jantung, paru, dan kunjungan dokter yang harus mereka bayarkan. Orang tua Jacob mencoba berbagai cara, salah satunya lewat galang dana di Kitabisa.

Ibunda Jacob menggalang dana untuk penuhi biaya pengobatan putranya. Ratusan #OrangBaik pun tergerak untuk ikut donasi agar Jacob bisa terus menjalani perawatan. Berkat bantuan #OrangBaik yang sudah berdonasi, biaya pengobatan Jacob pun terpenuhi. 

Kini, kondisi Jacob sudah membaik. Ia juga sudah pulang ke rumah dan berkumpul bersama orang tuanya. Berat badannya sudah bertambah dan kesehatannya sudah lebih stabil. Kesembuhan bayi Jacob tidak lepas dari dukungan dan bantuanmu, #OrangBaik.


Seperti Ibunda Jacob, kamu juga bisa galang dana untuk bantu biaya pengobatan keluarga, teman, dan orang tersayang di Kitabisa.

galang dana kitabisa

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago